Rencana Kepengawasan Akademik dan Manajerial
Semester: II (satu)
Tahun Pelajaran: 2012/2013
Pengawas Sekolah: Drs. PUSPO,M.Pd.
Sekolah: Semua Sekolah Binaan
Sasaran: Kepala Sekolah, Guru &
Tendik
Kab.-Propinsi: Labuhanbatu Utara – Sumatera Utara
1. Program Pembinaan Guru dan/atau Kepala Sekolah
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembinaan Guru dalam menyusun perencanaan Pembelajaran
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran
ü
Kalender
Mapel
ü
Program Tahunan
ü
Program
Semester
ü
Silabus
ü
RPP
ü
KKM
ü
Agenda Harian
Guru
|
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat Kalender Mata Pelajaran
ü
100% guru pada
sekolah binaan mempunyai Prota dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat mempunyai Promes dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat silabus
sendiri sesuai standar proses dengan
nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat RPP sesuai standar proses dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat menentukan KKM sesuai panduan dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat dan mengisi agenda harian yang sesuai dengan
pembelajaran dalam KTSP dengan nilai minimal baik
|
Bimbingan Teknis group Focus
Discussioan
|
Pendahuluan
·
Mengutarakan tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
· Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan adminstrasi
perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
· Mengadakan tukar pendapat tentang adminstrasi
perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM) untuk mencari solusi untuk penanganan
masalah yang terjadi sekolah
· Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di sekolah yang berkaitan
dengan adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan
KKM)
Penutup
· Menyimpulkan hasil pertemuan
· Memotivasi guru agar melengkapi adminstrasi perencanaan
pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
adminstrasi
Perencanaan
Pembelajaran
Dengan skala
likert 1-4
Instrumen
penilaian
silabus
danRPP
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembinaan Guru dalam
pelaksanaan kegiatan proses pembelaran
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan Pembelajaran :
ü
Pandahuluan
ü
Kagiatan Inti,
ü
Tatap Muka :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
ü
PT
ü
KMTT
ü
Penutup
|
ü
100% guru dapat
melaksanakan pendahuluan apersepsi, Motivasi
ü
100% guru dapat
melaksanakan kegiatan pembelajaran :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
ü
100% Guru dapat
melaksanakan PT
ü
100% Guru dapat
melaksanakan Kegiatan KMTT
ü
100% guru dapat
mengakhiri Pembelajaran bentuk rangkuman atau
simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut
|
Bimbingan Teknis group Focus
Discussioan
|
Pendahuluan
·
Mengutarakan tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
· Pengawas dan kepala sekolah mengadakan observasi pelaksanaan
pembelajaran di salah satu kelas
· Mengadakan tukar
pendapat tentang pelaksanaan pembelajaran
untuk mencari solusi untuk penanganan masalah yang terjadi pada saat pembelajaran
· Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di kelas yang berkaitan dengan
pelaksanaan pembelajaran
Penutup
· Menyimpulkan hasil pertemuan
· Memotivasi guru agar
pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan standar proses
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
administrasi
Pelaksanaan
Pembelajaran
sesuai standar
proses
Dengan skala
likert 1-4
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Pembinaan Guru dalam
pelaksanaan penilaian pembelaran
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam menilai proses dan hasil
Pembelajaran :
ü
Teknik
Penilaian
ü
Penyusunan
Kisi-Kisi Soal
ü
Analisis Butir
Soal
ü
Program
Remedial
ü
Program
Pengayaan
ü
Analisis Ulangan Harian
|
ü
100% guru dapat
melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik
ü
100% guru dapat
menyusun kisi-kisi soal sesuai panduan
ü 100% guru dapat menganalisis
Butir Soal
ü 100% guru dapat melaksanakan
program Remidial dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat melaksanakan
pengayaan dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat menganalisis
Ulangan Harian
|
Bimbingan Teknis group Focus
Discussioan
|
Pendahuluan
·
Mengutarakan tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
· Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan teknik
penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau
pengayaan
· Mengadakan tukar pendapat tentang teknik penilaian,
analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan untuk mencari solusi untuk penanganan
masalah yang terjadi sekolah
· Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di sekolah yang berkaitan
berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program
remedial atau pengayaan
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
administrasi
penilaian
Pembelajaran
sesuai standar
penilaian
Dengan skala
likert 1-4
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
|
|
|
|
Penutup
· Menyimpulkan hasil pertemuan
· Memotivasi guru agar
menyesuaikan teknik penilaian yang dipilih dengan aspek yang dinilai, menganalisis hasil
penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
|
|
|
|
2. Program
Pembinaan Kepala Sekolah
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembinaan
Kepala sekolah pada penerapan standar pengelolaan
|
Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan Sekolah :
ü
RKS 1 tahunan
dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü
Pelaksanaan RKS
1 tahuan dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü
Pengawasan
(supervise) dan Evaluasi Sekolah
ü
Kepemimpinan
Sekolah
ü
Sistem
Informasi Manajemen Sekolah
|
ü Sekolah memiliki Rencana Kerja Sekolah Tahunan(1 tahun
) dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Sekolah melaksanakan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan
4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Kepala Sekolah memiliki program Pengawasan (Supervisi)
dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru
ü Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah
memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah
memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar rencana kerja sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka
menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
· Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja sekolah
jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pembuatan rencana kerja
sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar
pendidikan
·
Memberi tugas
agar kepala sekolah membuat rencana
kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar
pendidikan
|
·
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam pendidikan.
·
pedoman, panduan
juknis tentang SNP
|
·
Instrumen
administrasi pengelolaan sekolah
|
·
Disinkronkan bdengan Kegiatan MGMP/
MKKS/Kegiatan IHT
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembina Kepala sekolah pada
penerapan Rencana
Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
|
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
|
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar rencana kerja dan
anggaran sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah
·
Memberi
contoh-contoh pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8
standar pendidikan
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pembuatan rencana kerja dan
anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
· Memberi tugas agar
kepala sekolah membuat rencana kerja dan anggaran sekolah untuk
pemenuhan 8 standar pendidikan
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
3. Program
Pemantauan
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pemantauan Pelaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan
|
Memantau pelaksanaan Standar
Pengelolaan :
ü Pengawasan Dan
Evaluasi
ü Kepemimpinan
Sekolah/Madrasah
|
Terkumpul data sekolah tentang
pelaksanaan Standar Pengelolaan :
ü Adanya dokumen Kepala Sekolah melaksanakan
Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
|
Monitoring , Studi
Dokumntasi, Observasi dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa dokumen program sekolah.
·
Memeriksa dokumen pelaksanaan program.
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 19-2007)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Instrumen Pengelolaan
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
Memantau pelaksanaan Standar
Pembiayaan :
ü
RAPBS
ü
Buku
kas Umum
ü
Buku
Catatan Investasi sarana dan Prasaran
ü
Laporan
Pertanggung Jawaban
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Pembiayaan
:
ü Adanya RAPBS yang disyahkan menjadi APBS.
ü Adanya dokumen investasi sarpras.
ü Adanya dokumen laporan pertanggung jawaban keuangan.
ü Adanya dokumen keuangan.
|
Monitoring Studi dikumen dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa dokumen keuangan.
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 40-2008)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Instrimen Pembiayaan
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
|
Memantau pelaksanaan Standar
Penilaian
:
ü Prinsip Penilaian
ü Teknik Dan Instrumen Penilaian
ü Mekanisme Dan Prosedur Penilaian
ü
Penilaian Oleh
Satuan Pendidikan
ü
Penilaian Oleh
Pemerintah
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Penilaian
:
ü Adanya dokumen penilaian sesuai dengan Prinsip Penilaian
ü Penyusunan instrumen sesuai dengan Teknik Dan Instrumen Penilaian
ü Penyusunan instrumen sesuai dengan Mekanisme Dan Prosedur Penilaian
ü Adanya dokumen sekolah (nilai) dalam melaksanakan Ujian
Sekolah
ü
Adanya dokumen
sekolah (nilai) dalam melaksanakan Ujian Nasional
|
Monitoring Studi dokumentasi , observasi,
interview dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa dokumen penilaian
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 20-2007)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Instrumen Penilaian
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
4 . Program Penilaian Kinerja Guru (Tugas Pokok Guru)
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Penilaian
Kinerja Guru
Perencanaan Pembelajaran
|
Menilai kinerja guru dalam merencanakan
pembelajaran
|
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program
Tahunan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program
Semester
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Silabus
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan RPP
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan KKM
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Agenda
Harian Guru
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Jadwal
Tatap Muka
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Absensi
Siswa
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Kalender
Pendidikan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Buku
Nilai
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
dokumen perencanaan pembelajaran yang
telah dibuat oleh guru
Kegiatan Inti
·
Meneliti dan
menilai hasil kerja guru dalam membuat perencanaan pembelajaran
·
Hasil penilaian dimasukkan
kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian adminstrasi perencanaan pembelajaran
Instrumen
Penilaian pembuatan silabus
Instrumen
Penilaian pembuatan RPP
Instrumen
Penilaian pembuatan KKM
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa
kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat
untuk pembuatan program pengawasan
selanjutnya
|
Penilaian
Kinerja Guru
pelaksanaan pembelajaran
|
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan
pembelajaran
|
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang pendahuluan pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang Kegiatan Inti pada
pembelajaran melalui Tatap Muka (TM),
ü Penugasan Terstruktur
(PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
• Eksplorasi
• Elaborasi
• Konfirmasi
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang penutup pembelajaran
|
Visitasi,
Studi Dokumentasi, Observasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
RPP yang akan digunakan oleh guru
Kegiatan Inti
·
Mengobesrvasi dan
mencatat hasil penilaian kemampuan guru melaksanakan pembelajaran
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Kinerja guru melaksanakan pembelajaran
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Penilaian
Kinerja Guru
penilaian pembelajaran
|
Menilai kinerja guru dalam menilai hasil
pembelajaran
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru tentang pembuatan Daftar Nilai sesuai n standar
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan UH, UTS, UAS/ UKK
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Psikomotor
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan Analisis Ulangan Harian
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan Remedial dan Pengayaan
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Instrumen tes setiap KD
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Bank Soal
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Kartu soal
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Analisis Penilaian
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
dokumen yang digunakan oleh guru dalam
penilaian
Kegiatan Inti
·
Meneliti dan
menilai hasil kerja guru dalam memlaksanakan penilaian
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil penilaian
dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Kinerja guru melaksanakan penilaian
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
Penilaian
Kinerja Guru
tugas tambahan
|
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melatih dan membimbing siswa dalam
Remedial dan pengayaan
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melatih dan membimbing siswa dalam
Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
program yang akan digunakan oleh guru
Kegiatan Inti
·
Mengobesrvasi dan
mencatat hasil penilaian kemampuan guru melatih dan membimbing siswa pada
program remedial atau pengayaan
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Kinerja guru melaksanakan tugas tambahan
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
5. Program Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (Tugas Pokok Kepala Sekolah)
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Penilaian
Kinerja Kepala Sekolah
pengelolaan sekolah
|
Menilai kinerja kepala sekolah pada pengelolaan
sekolah
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pembuatan Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan Rencana Kerja
Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Rencana Kerja
Sekolah
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang
pelaksanaan
Pengawasan dan Evaluasi
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Kepemimpinan Sekolah
|
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
dokumen RKS dan RKJM yang telah dibuat
oleh kepala sekolah
Kegiatan Inti
·
Meneliti dan
menilai RKS dan RKJM yang telah dibuat
oleh kepala sekolah
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Kinerja kepala sekolah melaksanakan pengelolaan sekolah
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
Pembina
Kepala sekolah pada penerapan Rencana Keuangan Anggaran Sekolah
(RKAS)
|
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
|
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar rencana kerja dan
anggaran sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah
· Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja dan
anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pembuatan rencana kerja dan
anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Memberi tugas agar kepala sekolah
membuat rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar
pendidikan
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembina Kepala
sekolah untuk persiapan akreditasi sekolah
|
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti akreditasi sekolah
|
ü Sekolah dapat mengisi Instrumen Akreditasi
Sekolah dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on
line
ü Sekolah melaksanakan 8 SNP secara kontinyu
ü Adanya
Peningkatan Status Akreditasi.
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar persiapan untuk
akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
· Memberi contoh-contoh persiapan untuk akreditasi
sekolah
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman tentang persiapan untuk
akreditasi sekolah
·
Memberi tugas
agar kepala sekolah membuat rencana
persiapan untuk akreditasi sekolah
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Pembina
Kepala sekolah melaksanakan
Evaluasi Diri Sekolah. (EDS)
|
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti melaksanakan
Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
|
ü Sekolah dapat mengisi Instrumen EDS sesuai
dengan kondisi yang sebenarnya baik secara manual atau system on line
ü Sekolah dapat
menentukan Skala Prioritas.
ü Sekolah dapat
membuat rekondasi sekolah
ü Adanya TPS dan
TPK disekolah.
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar persiapan untuk
akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
· Memberi contoh-contoh persiapan untuk Evaluasi Diri sekolah
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman tentang persiapan untuk Evaluasi Diri sekolah
·
Memberi tugas
agar kepala sekolah membuat rencana
persiapan untuk EDS
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP, SPMP.
|
Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
6. Program Penilaian Pelaksanaan 8
Standar Nasional Pendidikan
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Program
Penilaian
Pelaksanaan 8 SNP
|
Menilai Kinerja Sekolah dalam Melaksanakan
ü
Standar Isi
ü
Standar Proses
ü
Standar
Kompetensi Lulusan
ü
Standar
Pendidik dan Tendik
ü
Standar Sarpras
ü
Srandar
Pengelolaan
ü
Standar
Pembiayaan
ü
Standar
Penilaian
|
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar isi.
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Proses
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Kompetensi lulusan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pendidik dan Tendik
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Sarpras
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pengelolaan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pembiayaan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Penilaian
|
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
dokumen yang
berkaitan dengan pelaksanaan 8 SNP
Kegiatan Inti
·
Meneliti dan
menilai dokumen
pelaksanaan 8 SNP
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah,
Pendidik dan Tendik.
|
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Pelaksanaan
8 SNP
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
7.
Program Pembimbingan dan Pelatihan Profesioanal
Guru dan atau Kepala Sekolah.
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembimbingan Pelatihan
Guru/Kepala Sekolah dalam pengeloaan dan
Analisis
Konteks KTSP
ü
Standar Pengelolaan
ü
Standar Isi
|
Meningkatkan
Kompetensi guru/Kepala Sekolah dalam
penyusunan KTSP Dok.1 &2 serta analisis kontkes dalam pengembangan KTSP
|
ü
Semua Kepala
Sekolah dapat mengimplementasikan Standar Pengelolaan
ü
Semua guru dan
Kepala Sekolah dapat mengembangkan KTSP Dok I dan 2.
|
In house training / Pelatihan guru di luar jam
efektif mengajar
|
Hari Pertama
Pendahuluan
·
Tanya jawab
tentang KTSP Dok. I dan 2
·
Tanya jawab tentang
Visi, Misi Sekolah dan Tujuan.
Kegiatan Inti
·
Menyajikan Materi dalam
Pengelolaan KTSP Dok I dan
2
·
Menyajikan makna
dan
Muatan dalam KTSP Dok
I dan 2
·
Menyajikan prinsip-prinsip penyusunan KTSP.
· Memberi contoh-contoh Visi,misi sekolah
·
Mendiskusikan untuk membuat bebera contoh visi misi
sekolah
·
Mempresentasikan salah satu
contoh visi-misi
sekolah
·
Menyajikan makna
dan prinsip-prinsip pengembangan silabus
· Memberi contoh-contoh pembuatan silabus
·
Mendiskusikan beberapa
temuan di lapangan berkaitan dengan silabus
·
Mempresentasikan salah satu
contoh model silabus ciri khas mata pelajaran
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman KTSP
Dok. I.
·
Memberi tugas
agar penyusunan silabus dilanjutkan oleh masing-masing guru.
Hari kedua dan hari ketiga skenario yang dilaksanakan dengan hampir sama, hanya materinya yang berbeda
Materi hari kedua :
Pengembangan RPP
Materi hari keTiga : Pembuatan KKM
|
Sumber belajar :
Panduan KTSP yang
dibuat oleh BSNP, contoh-contoh silabus, RPP dan KKM, buku-buku lain
yang relevan
Alat/media :
laptop,LCD, alat
tulis lainnya
Dana :
Alokasi dana yang
dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
|
Penilaian
dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
|
Mengadakan
pemantauan untuk memastikan setiap guru telah
memiliki silabus, RPP dan KKM untuk melaksanakan pembelajaran
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam
mengimplementasikan standar kompetensi
lulusan
|
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam mengimplentasi Standar Kompetensi Lulusan
|
Semua guru mengembangkan Pembelajaran agar siswa memperoleh pengalaman:
·
berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
·
menunjukan rasa keingintahuan
·
menunjukan mengenali gejala alam dan sosial
·
menggunakan informasi lingkungan sekitar
·
menunjukan kegemaran membaca
·
menunjukan kecintaan dan kepedulian lingkungan
·
menunjukan kemampuan melakukan seni budaya
·
mematuhi aturan-aturan sosial
·
menunjukan kecintaan dan menunjukan dan kebanggan terhadap bangsa dan negara
·
menunjukan kebiasaan hidup sehat dan bersih
·
menjalankan ajaran agama
·
menghargai keberagaman
|
In house training / Pelatihan guru di luar jam
efektif mengajar
|
Hari Pertama
Pendahuluan
·
Mengkondisikan
guru-guru dengan tanya jawab tentang pembelajaran yang disarankan oleh standar kompetensi
lulusan
·
Mengeksplorasi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna
dan prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran menurut standar kompetensi
lulusan
· Memberi contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran menurut
standar kompetensi lulusan
· Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan pembelajaran
menurut standar kompetensi lulusan
· Mempresentasikan salah satu contoh model pembelajaran menurut standar
kompetensi lulusan
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·
Memberi tugas
agar guru menyusun pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan yang akan
dipraktekan pada real teaching
Hari kedua
Pendahuluan
·
Guru model
melaksanakan pembelajaran di kelas yang ditentukan, Pengawas dan observer
mengamati dan mencatat kelebihan dan kelemahan selama proses pembelajaran
Kegiatan Inti
·
Guru dan pengawas
mengadakan evaluasi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan dan
kendala-kendala yang ditemui serta
mendikusikan solusi
pemecahannya
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
· Memberi tugas agar pelaksanaan pembelajaran menurut standar kompetensi
lulusan diterapkan di kelas
masing-masing
|
Sumber belajar :
Permendiknas N0
23 tentang Standar Kompetensi Lululasan contoh-contoh silabus, RPP, buku-buku
lain yang relevan
Alat/media :
laptop,LCD, alat
tulis lainnya
Dana :
Alokasi dana yang
dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
|
Penilaian
dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan untuk melaksanakan pembelajaran
|
Mengadakan
pemantauan untuk memastikan setiap guru telah
men-gembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar
kompetensi lulusan
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah
dalam
analisis Konteks dan mengimplementasikan standar proses
|
Meningkatkan Kompetensi Guru dalam mengimplentasikan menganalisis Standar
Proses
|
Guru melaksanakan pembelajaran PAIKEM
|
In house training / Pelatihan guru di luar jam
efektif mengajar
|
Hari Pertama dan kedua
Pendahuluan
·
Mengkondisikan
guru-guru dengan tanya jawab tentang pembelajaran PAIKEM
·
Mengeksplorasi pembelajaran PAIKEM
·
Kegiatan Inti
· Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan
pembelajaran PAIKEM
· Memberi contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran PAIKEM
·
Mendiskusikan beberapa
temuan di lapangan berkaitan dengan pembelajaran PAIKEM
·
Mempresentasikan salah satu
contoh model pembelajaran PAIKEM
·
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pembelajaran PAIKEM
·
Memberi tugas
agar pelaksanaan pembelajaran PAIKEM diterapkan guru.
|
Sumber belajar :
Panduan KTSP yang
dibuat oleh BSNP, contoh-contoh RPP
Paikem, buku-buku lain yang relevan
Alat/media :
laptop,LCD, alat
tulis lainnya
Dana :
Alokasi dana yang
dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
|
Penilaian
dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
|
Mengadakan pemantauan
untuk meninjau setiap guru melaksanakan pembelajaran Paikem
|
Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam analisis
konteks dan mengimplementasikan standar penilaian
|
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam menilai Proses
dan Hasil Belajar
|
Semua guru mengembangkan teknik penilaian sesuai dengan aspek yang
dinilai dan mensosialisasikannya pada siswa
mengembangan instrumen penilaian berdasarkan kisi-kisi .
|
In house training / Pelatihan guru di luar jam
efektif mengajar
|
Hari pertama
Pendahuluan
·
Mengkondisikan
guru-guru dengan tanya jawab tentang teknik penilaian
·
Mengeksplorasi teknik penilaian
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna
dan prinsip-prinsip pengembangan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
· Memberi contoh-contoh pengembangan teknik penilaian,
kisi-kisi dan instrumennya
·
Mendiskusikan beberapa
temuan di lapangan berkaitan dengan teknik penilaian, kisi-kisi dan
instrumennya
·
Mempresentasikan salah satu
contoh teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya ciri khas mata pelajaran
Penutup
· Menyimpulkan pemahaman
teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
· Memberi tugas agar teknik penilaian, kisi-kisi dan
instrumennya disesuaikan dengan aspek yang dinilai diterapkan di kelas
masing-masing
|
Sumber belajar :
Permendiknas
tentang Standar Penilaian, contoh-contoh kisi-kisi dan instrumen penilaian,
buku-buku lain yang relevan
Alat/media :
laptop,LCD, alat
tulis lainnya
Dana :
Alokasi dana yang
dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
|
Penilaian
dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
|
Mengadakan
pemantauan untuk memastikan setiap guru melaksanakan penilaian pembelajaran
sesuai dengan aspek yang dinilai dan mensosialisasikannya
pada siswa
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembimbingan dan Pelatihan
Guru/Kepala Sekolah dalam melaksanakan PTK
|
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam menlaksanakan Penelitian
Tindakan
Kelas (PTK)
|
ü Guru/kepala sekolah memahami pengertian, tujuan, ciri, kriteria dan PTK
ü Guru/kepala sekolah dapat mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran
ü Guru/kepala sekolah dapat membuat judul
PTK
Guru/kepala sekolah dapat melaksanakan PTK dalam bentuk siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan(Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi)
ü Guru/kepala sekolah dapat menyusun Laporan PTK (terdiri dari 5 Bab dan lampiran).
|
In house training / Pelatihan guru di luar jam
efektif mengajar
|
Hari pertama
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas sebagai
guru profesional
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna
dan prinsip-prinsip pelaksanaan PTK
· Memberi contoh-contoh PTK
·
Mendiskusikan beberapa
temuan di lapangan yang dapat diteliti elalui PTK
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pelaksanaan PTK
·
Memberi tugas
agar guru melaksanakan PTK di kelas
masing-masing
|
Sumber belajar: Panduan peningkatan kemampuan profesional guru yang dibuat oleh PMPTK, Buku-buku lain yang
berkaitan peningkatan kemampuan profesional guru Alat/media : Laptop, LCD,
Alat tulis lainnya
Dana :Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain.
|
Penilaian
dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti
kegiatan
|
Memotivasi
kepala sekolah dan guru-guru untuk
meningkatkan kemampuan profesionalnya melalui PTK
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembimbingan dan
Pelatihan Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran
|
Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam melaksanakan Supervisi, Pemantauan dan pembuatan Tindak Lanjut (Kepala
Sekolah)
|
a. Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
b. Kepala sekolah dapat membuat Program Pemantauan
c. Kepala sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan pemantauan
d. Kepala sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan pemantauan
e. Kepala sekolah dapat membuat program tindak lanjut
|
In house training / Pelatihan guru
di luar jam efektif mengajar
|
Hari pertama
Pendahuluan
·
Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya jawab seputar peningkatan kemampuan
guru dalam melaksanakan tugas melalui melaksanakan supervisi dan
pemantauan pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pelaksanaan
supervisi dan pemantauan pembelajaran
·
Memberi contoh-contoh
program dan pelaksanaan supervisi dan pemantauan pembelajaran
· Mendiskusikan
beberapa temuan hasil supervisi, pemantuan yang perlu ditindak lanjuti
Penutup
·
Menyimpulkan pemahaman
pelaksanaan supervisi dan pemantauan
pembelajaran
·
Memberi tugas agar kepala sekolah melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran di sekolah
masing-masing
|
Sumber belajar: Panduan peningkatan kemampuan profesional guru yang dibuat oleh PMPTK, Alat/media :
Laptop, LCD, Alat tulis lainnya
Dana :Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
|
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan
mengikuti kegiatan
|
Memotivasi kepala sekolah untuk
membuat program dan melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran
|
Mengetahui, Labuhanbatu
Utara, Juli 2012
Koordinator Pengawas Pengawas Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs, PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058 NIP.
19681012 199702 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar