.

Kamis, 27 Juni 2013

Lamp. RKA/M Sem II



Rencana Kepengawasan Akademik dan Manajerial
Semester: II (satu)
Tahun Pelajaran: 2012/2013
Pengawas Sekolah: Drs. PUSPO,M.Pd.
Sekolah: Semua Sekolah Binaan                                                                    
Sasaran: Kepala Sekolah, Guru & Tendik                                                     
Kab.-Propinsi: Labuhanbatu Utara – Sumatera Utara                                               
1. Program Pembinaan Guru dan/atau Kepala Sekolah
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembinaan Guru dalam menyusun perencanaan Pembelajaran
Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran
ü  Kalender Mapel 
ü  Program Tahunan
ü  Program Semester
ü  Silabus
ü  RPP
ü  KKM
ü  Agenda Harian Guru
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat membuat Kalender Mata Pelajaran
ü   100% guru pada sekolah binaan mempunyai Prota dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat mempunyai Promes dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan  dapat membuat silabus sendiri sesuai  standar proses dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat membuat RPP sesuai standar proses  dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat menentukan KKM sesuai panduan dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat membuat dan mengisi agenda harian yang sesuai dengan pembelajaran dalam KTSP dengan nilai minimal baik
Bimbingan Teknis group Focus Discussioan

Pendahuluan
·   Mengutarakan  tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
·  Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
·  Mengadakan tukar pendapat tentang adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi sekolah
·  Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di sekolah yang berkaitan dengan adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)

Penutup
·   Menyimpulkan hasil pertemuan
·   Memotivasi guru agar melengkapi adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)   
 Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP

Instrumen
adminstrasi
Perencanaan
Pembelajaran
Dengan skala
likert 1-4
Instrumen
penilaian
silabus
danRPP

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT



Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembinaan  Guru dalam pelaksanaan kegiatan proses pembelaran
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan Pembelajaran :
ü Pandahuluan
ü Kagiatan Inti,
ü Tatap Muka :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
ü PT
ü KMTT
ü Penutup

ü 100% guru dapat melaksanakan pendahuluan apersepsi, Motivasi
ü 100% guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
ü 100% Guru dapat melaksanakan PT
ü 100% Guru dapat melaksanakan Kegiatan KMTT
ü 100% guru dapat mengakhiri Pembelajaran  bentuk rangkuman atau simpul­an, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut

Bimbingan Teknis group Focus Discussioan

Pendahuluan
·   Mengutarakan  tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
·  Pengawas dan kepala sekolah  mengadakan observasi pelaksanaan pembelajaran di salah satu kelas
·   Mengadakan tukar pendapat tentang pelaksanaan pembelajaran  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi  pada saat pembelajaran
·  Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran

Penutup
·   Menyimpulkan hasil pertemuan
·   Memotivasi guru agar  pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan standar proses   
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
Instrumen
administrasi
Pelaksanaan
Pembelajaran
sesuai standar
proses
Dengan skala
likert 1-4

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT

Pembinaan  Guru dalam pelaksanaan penilaian pembelaran
Meningkatkan kompetensi guru dalam menilai proses dan hasil
Pembelajaran :
ü  Teknik Penilaian
ü  Penyusunan Kisi-Kisi Soal
ü  Analisis Butir Soal
ü  Program Remedial
ü  Program Pengayaan
ü  Analisis Ulangan Harian
ü 100% guru dapat melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik
ü 100% guru dapat menyusun kisi-kisi soal sesuai panduan
ü 100% guru dapat menganalisis Butir Soal
ü 100% guru dapat melaksanakan program Remidial dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat melaksanakan pengayaan dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat menganalisis Ulangan Harian

Bimbingan Teknis group Focus Discussioan

Pendahuluan
·   Mengutarakan  tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
·  Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
·  Mengadakan tukar pendapat tentang teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi sekolah
·  Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di sekolah yang berkaitan berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
Instrumen
administrasi
penilaian
Pembelajaran
sesuai standar
penilaian
Dengan skala
likert 1-4

 Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT


Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL





Penutup
·   Menyimpulkan hasil pertemuan
·   Memotivasi guru agar  menyesuaikan teknik penilaian yang dipilih dengan  aspek yang dinilai, menganalisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan




2. Program Pembinaan  Kepala Sekolah

Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembinaan Kepala sekolah pada penerapan standar  pengelolaan
Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan Sekolah :
ü RKS 1 tahunan dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü Pelaksanaan RKS 1 tahuan dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü Pengawasan (supervise) dan Evaluasi Sekolah
ü Kepemimpinan Sekolah
ü Sistem Informasi Manajemen Sekolah
ü  Sekolah memiliki Rencana Kerja Sekolah Tahunan(1 tahun ) dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü  Sekolah melaksanakan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü  Kepala Sekolah memiliki program Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru
ü  Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü  Kepala sekolah memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü  Sekolah memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar rencana kerja sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·  Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan 
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·   Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·    Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam pendidikan.
·    pedoman, panduan juknis tentang SNP


·    Instrumen
administrasi pengelolaan sekolah

·    Disinkronkan bdengan Kegiatan MGMP/
MKKS/Kegiatan IHT


Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembina Kepala sekolah pada penerapan Rencana Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP

Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar  rencana kerja dan anggaran sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah
·  Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
 Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·  Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP

Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT




















3. Program Pemantauan

Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pemantauan  Pelaksanaan 8 Standar  Nasional Pendidikan
Memantau pelaksanaan  Standar Pengelolaan :
ü Pengawasan Dan Evaluasi
ü Kepemimpinan Sekolah/Madrasah

Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pengelolaan :
ü Adanya dokumen Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
Monitoring , Studi Dokumntasi, Observasi dan Evaluasi

·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Memeriksa dokumen program sekolah.
·      Memeriksa dokumen pelaksanaan program.
·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 19-2007) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Instrumen Pengelolaan

·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
Memantau pelaksanaan  Standar Pembiayaan :
ü RAPBS
ü Buku kas Umum
ü Buku Catatan Investasi sarana dan Prasaran
ü Laporan Pertanggung Jawaban
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pembiayaan :
ü Adanya RAPBS yang disyahkan menjadi APBS.
ü Adanya dokumen investasi sarpras.
ü Adanya dokumen laporan pertanggung jawaban keuangan.
ü Adanya dokumen keuangan.
Monitoring  Studi dikumen dan Evaluasi
·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Memeriksa dokumen keuangan.

·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 40-2008) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Instrimen Pembiayaan

·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
Memantau pelaksanaan  Standar Penilaian
:
ü  Prinsip Penilaian
ü  Teknik Dan Instrumen Penilaian
ü  Mekanisme Dan Prosedur Penilaian
ü  Penilaian Oleh Satuan Pendidikan
ü  Penilaian Oleh Pemerintah
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Penilaian :
ü  Adanya dokumen penilaian sesuai dengan Prinsip Penilaian
ü  Penyusunan instrumen sesuai dengan Teknik Dan Instrumen Penilaian
ü  Penyusunan instrumen sesuai dengan Mekanisme Dan Prosedur Penilaian
ü  Adanya dokumen sekolah (nilai) dalam melaksanakan Ujian Sekolah
ü  Adanya dokumen sekolah (nilai) dalam melaksanakan Ujian Nasional
Monitoring  Studi dokumentasi , observasi, interview dan Evaluasi
·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Memeriksa dokumen penilaian

·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 20-2007) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Instrumen Penilaian

·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan


4 . Program Penilaian Kinerja Guru  (Tugas Pokok Guru)

Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Penilaian Kinerja Guru Perencanaan Pembelajaran
Menilai kinerja guru dalam merencanakan
pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program Tahunan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program Semester
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Silabus
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan RPP
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan KKM
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Agenda Harian Guru
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Jadwal Tatap Muka
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Absensi Siswa
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Kalender Pendidikan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Buku Nilai
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta dokumen perencanaan pembelajaran yang  telah dibuat oleh guru
Kegiatan Inti
·  Meneliti dan menilai hasil kerja guru dalam membuat perencanaan pembelajaran
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan

Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian adminstrasi perencanaan pembelajaran
Instrumen Penilaian pembuatan silabus
Instrumen Penilaian pembuatan RPP
Instrumen Penilaian pembuatan KKM
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya
Penilaian Kinerja Guru pelaksanaan pembelajaran
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan
pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang pendahuluan pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang  Kegiatan Inti pada pembelajaran melalui Tatap Muka (TM),
ü Penugasan Terstruktur  (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
    Eksplorasi
    Elaborasi
    Konfirmasi
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang penutup pembelajaran
Visitasi, Studi Dokumentasi, Observasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta RPP  yang akan digunakan oleh guru
Kegiatan Inti
·  Mengobesrvasi dan mencatat hasil penilaian kemampuan guru melaksanakan pembelajaran
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan

Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Kinerja guru melaksanakan pembelajaran
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Penilaian Kinerja Guru penilaian pembelajaran
Menilai kinerja guru dalam menilai hasil
pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan  Daftar Nilai sesuai n standar
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan  UH, UTS, UAS/ UKK
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Psikomotor
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan Analisis Ulangan Harian
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan Remedial dan Pengayaan
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat  Instrumen tes setiap KD
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Bank Soal
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Kartu soal
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Analisis Penilaian
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta dokumen  yang digunakan oleh guru dalam penilaian 
Kegiatan Inti
·  Meneliti dan menilai hasil kerja guru dalam memlaksanakan penilaian
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan

Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Kinerja guru melaksanakan penilaian
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya
Penilaian Kinerja Guru tugas tambahan
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melatih dan membimbing  siswa dalam Remedial dan pengayaan
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melatih dan membimbing  siswa dalam Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta program  yang akan digunakan oleh guru
Kegiatan Inti
·  Mengobesrvasi dan mencatat hasil penilaian kemampuan guru melatih dan membimbing siswa pada program remedial atau pengayaan
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan
Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Kinerja guru melaksanakan tugas tambahan
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya


5. Program Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (Tugas Pokok Kepala Sekolah)
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah pengelolaan sekolah
Menilai kinerja kepala sekolah pada pengelolaan
sekolah


ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang pembuatan Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang  pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang  pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Kepemimpinan Sekolah
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta dokumen RKS dan RKJM yang  telah dibuat oleh kepala sekolah
Kegiatan Inti
·  Meneliti dan menilai RKS dan RKJM yang  telah dibuat oleh kepala sekolah
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan
Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Kinerja kepala sekolah melaksanakan pengelolaan sekolah
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya
Pembina Kepala sekolah pada penerapan Rencana Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP

Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar  rencana kerja dan anggaran sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah
·  Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan 
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP

Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT



Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembina Kepala sekolah untuk persiapan akreditasi sekolah
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti akreditasi sekolah
ü  Sekolah dapat  mengisi Instrumen Akreditasi Sekolah dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on line
ü  Sekolah melaksanakan 8 SNP  secara kontinyu
ü  Adanya Peningkatan Status Akreditasi.


Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar  persiapan untuk akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
·  Memberi contoh-contoh persiapan untuk akreditasi sekolah 
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
·   Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana persiapan untuk akreditasi sekolah
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP

Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT

Pembina Kepala sekolah melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah. (EDS)
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
ü  Sekolah dapat  mengisi Instrumen EDS sesuai dengan kondisi yang sebenarnya baik secara manual atau system on line
ü  Sekolah dapat menentukan Skala Prioritas.
ü  Sekolah dapat membuat rekondasi sekolah
ü  Adanya TPS dan TPK disekolah.
Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar  persiapan untuk akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
·  Memberi contoh-contoh persiapan untuk Evaluasi Diri sekolah 
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  tentang persiapan untuk Evaluasi Diri sekolah
·   Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana persiapan untuk EDS
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP, SPMP.

Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT






6. Program Penilaian Pelaksanaan  8 Standar Nasional Pendidikan
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Program Penilaian Pelaksanaan  8 SNP
Menilai Kinerja Sekolah dalam Melaksanakan
ü Standar Isi
ü Standar Proses
ü Standar Kompetensi Lulusan
ü Standar Pendidik dan Tendik
ü Standar Sarpras
ü Srandar Pengelolaan
ü Standar Pembiayaan
ü Standar Penilaian



ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar isi.
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Proses
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Kompetensi lulusan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pendidik dan Tendik
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Sarpras
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pengelolaan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pembiayaan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Penilaian

Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan  8 SNP
Kegiatan Inti
·  Meneliti dan menilai dokumen pelaksanaan 8 SNP
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah, Pendidik dan Tendik.
Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Pelaksanaan 8 SNP
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya














7. Program Pembimbingan  dan  Pelatihan Profesioanal Guru dan atau Kepala Sekolah.
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembimbingan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam pengeloaan dan
Analisis Konteks KTSP
ü Standar Pengelolaan
ü Standar Isi
Meningkatkan Kompetensi guru/Kepala Sekolah  dalam penyusunan KTSP Dok.1 &2 serta analisis kontkes dalam pengembangan KTSP
ü Semua Kepala Sekolah dapat mengimplementasikan Standar Pengelolaan
ü Semua guru dan Kepala Sekolah dapat mengembangkan KTSP Dok I dan 2.

In house  training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Hari Pertama
Pendahuluan
·   Tanya jawab tentang KTSP Dok. I dan 2
·   Tanya jawab tentang Visi, Misi Sekolah dan Tujuan.
Kegiatan Inti
·  Menyajikan Materi dalam Pengelolaan  KTSP Dok I dan 2
·  Menyajikan makna dan Muatan  dalam KTSP Dok I dan 2
·  Menyajikan prinsip-prinsip penyusunan KTSP.
·  Memberi contoh-contoh Visi,misi sekolah
·  Mendiskusikan untuk membuat bebera contoh visi misi sekolah
·  Mempresentasikan salah satu contoh visi-misi sekolah
·  Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan silabus
·  Memberi contoh-contoh pembuatan silabus
·  Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan silabus
·  Mempresentasikan salah satu contoh model silabus ciri khas mata pelajaran
 Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman KTSP Dok. I.
·   Memberi tugas agar penyusunan silabus dilanjutkan oleh masing-masing guru.

Hari kedua dan hari ketiga skenario yang dilaksanakan dengan hampir  sama, hanya materinya yang berbeda
Materi hari kedua : Pengembangan RPP
Materi hari keTiga : Pembuatan KKM
Sumber belajar :
Panduan KTSP yang dibuat oleh BSNP, contoh-contoh silabus, RPP dan KKM, buku-buku lain yang  relevan
Alat/media :
laptop,LCD, alat tulis lainnya
Dana :
Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
Mengadakan pemantauan untuk memastikan setiap guru telah  memiliki silabus, RPP dan KKM untuk melaksanakan pembelajaran





Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan standar  kompetensi lulusan
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  mengimplentasi Standar Kompetensi Lulusan
Semua guru mengembangkan Pembelajaran agar siswa memperoleh pengalaman:
·     berpikir logis,  kritis, kreatif, dan inovatif
·     menunjukan rasa keingintahuan
·     menunjukan mengenali gejala alam dan sosial
·     menggunakan informasi lingkungan sekitar
·     menunjukan kegemaran membaca
·     menunjukan kecintaan dan kepedulian lingkungan
·     menunjukan kemampuan melakukan seni budaya
·     mematuhi aturan-aturan sosial
·     menunjukan kecintaan dan menunjukan dan kebanggan terhadap bangsa      dan negara
·     menunjukan kebiasaan hidup sehat dan bersih
·     menjalankan ajaran agama
·     menghargai keberagaman
In house  training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Hari Pertama
Pendahuluan
·   Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab tentang pembelajaran yang disarankan oleh standar kompetensi lulusan
·   Mengeksplorasi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas
Kegiatan Inti
·  Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·  Memberi contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·   Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·   Mempresentasikan salah satu contoh model pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·   Memberi tugas agar guru menyusun pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan yang akan dipraktekan  pada real  teaching
Hari kedua
Pendahuluan
·   Guru model melaksanakan pembelajaran di kelas yang ditentukan, Pengawas dan observer mengamati dan mencatat kelebihan dan kelemahan selama proses pembelajaran
Kegiatan Inti
·   Guru dan pengawas mengadakan evaluasi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan dan kendala-kendala yang ditemui serta  mendikusikan  solusi pemecahannya
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·  Memberi tugas agar pelaksanaan  pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan  diterapkan di kelas masing-masing
Sumber belajar :
Permendiknas N0 23 tentang Standar Kompetensi Lululasan contoh-contoh silabus, RPP, buku-buku lain yang  relevan
Alat/media :
laptop,LCD, alat tulis lainnya
Dana :
Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat

Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan untuk melaksanakan pembelajaran




Mengadakan pemantauan untuk memastikan setiap guru telah  men-gembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi lulusan





Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembimbingan dan  Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam analisis Konteks dan  mengimplementasikan standar  proses
Meningkatkan Kompetensi Guru dalam  mengimplentasikan menganalisis Standar Proses
Guru melaksanakan pembelajaran PAIKEM
In house  training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Hari Pertama dan kedua
Pendahuluan
·   Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab tentang pembelajaran PAIKEM
·   Mengeksplorasi pembelajaran PAIKEM
·   Kegiatan Inti
·  Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran PAIKEM
·  Memberi contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran PAIKEM
·  Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan pembelajaran PAIKEM
·  Mempresentasikan salah satu contoh model pembelajaran PAIKEM
·  Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman pembelajaran PAIKEM
·   Memberi tugas agar pelaksanaan pembelajaran PAIKEM diterapkan  guru.
Sumber belajar :
Panduan KTSP yang dibuat oleh BSNP, contoh-contoh  RPP Paikem, buku-buku lain yang  relevan
Alat/media :
laptop,LCD, alat tulis lainnya
Dana :
Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
Mengadakan pemantauan untuk meninjau setiap guru melaksanakan pembelajaran Paikem
Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam  analisis  konteks dan mengimplementasikan standar  penilaian
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  menilai Proses
dan Hasil Belajar
Semua guru mengembangkan teknik penilaian sesuai dengan aspek yang dinilai dan mensosialisasikannya pada siswa
mengembangan instrumen penilaian berdasarkan kisi-kisi .
In house  training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Hari  pertama
Pendahuluan
·   Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab tentang teknik penilaian
·   Mengeksplorasi teknik penilaian
Kegiatan Inti
·  Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
·  Memberi contoh-contoh pengembangan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya 
·  Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
·   Mempresentasikan salah satu contoh teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya ciri khas mata pelajaran
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
·   Memberi tugas agar teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya disesuaikan dengan aspek yang dinilai diterapkan di kelas masing-masing
Sumber belajar :
Permendiknas tentang Standar Penilaian, contoh-contoh kisi-kisi dan instrumen penilaian, buku-buku lain yang  relevan
Alat/media :
laptop,LCD, alat tulis lainnya
Dana :
Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
Mengadakan pemantauan untuk memastikan setiap guru melaksanakan penilaian pembelajaran sesuai dengan aspek yang dinilai dan mensosialisasikannya pada siswa





Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembimbingan  dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam melaksanakan PTK
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  menlaksanakan Penelitian
Tindakan
Kelas (PTK)

ü  Guru/kepala sekolah memahami pengertian,   tujuan, ciri, kriteria dan PTK
ü  Guru/kepala sekolah dapat mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran
ü  Guru/kepala sekolah dapat membuat judul PTK
Guru/kepala sekolah dapat melaksanakan PTK dalam bentuk siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan(Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi)
ü Guru/kepala sekolah dapat menyusun Laporan PTK (terdiri dari 5 Bab dan lampiran).
In house  training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Hari  pertama
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas sebagai guru profesional
Kegiatan Inti
·  Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pelaksanaan PTK
·  Memberi contoh-contoh PTK 
·  Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan yang dapat diteliti elalui PTK
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  pelaksanaan PTK
·   Memberi tugas agar guru melaksanakan PTK  di kelas masing-masing
Sumber belajar: Panduan peningkatan kemampuan profesional guru  yang dibuat oleh PMPTK, Buku-buku lain yang berkaitan peningkatan kemampuan profesional guru Alat/media : Laptop, LCD, Alat tulis lainnya
Dana :Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain.
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan 
Memotivasi kepala sekolah dan guru-guru  untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya melalui PTK











Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembimbingan dan Pelatihan Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran
Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam  melaksanakan Supervisi, Pemantauan  dan pembuatan Tindak Lanjut (Kepala Sekolah)
a. Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
b. Kepala sekolah dapat membuat Program Pemantauan
c. Kepala sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan pemantauan
d. Kepala sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan pemantauan
e. Kepala sekolah dapat membuat program tindak lanjut
In house  training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Hari  pertama
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas melalui melaksanakan supervisi dan pemantauan  pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Inti
·  Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran
·  Memberi contoh-contoh  program dan pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran  
·  Mendiskusikan beberapa temuan hasil supervisi, pemantuan yang perlu ditindak lanjuti
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran
·   Memberi tugas agar kepala sekolah  melaksanakan supervisi dan pemantauan  pembelajaran  di sekolah  masing-masing
Sumber belajar: Panduan peningkatan kemampuan profesional guru  yang dibuat oleh PMPTK, Alat/media : Laptop, LCD, Alat tulis lainnya
Dana :Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan 
Memotivasi kepala sekolah  untuk membuat program dan melaksanakan supervisi dan pemantauan  pembelajaran

Mengetahui,                                                                Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
            Koordinator Pengawas                                               Pengawas Sekolah,



            TALIB ALI, S.Pd                                                      Drs, PUSPO, M.Pd
            NIP.19621231 198803 1 058                                     NIP. 19681012 199702 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar