.

Kamis, 27 Juni 2013

Lamp. Narasi RKA/M



NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )


A.       Aspek/Masalah                           :     Pembinaan Penyusunan Perencanaan Pembelajaran  ( Kalender Mapel, Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM)
B.       Tujuan                                           :     Memberikan bimbingan penyusunan Perencanaan Pembelajaran ( Kalender Mapel, Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM) melalui MGMP Sekolah.
C.       Indikator                                       :     Guru-guru dapat menyusun Perencanaan Pembelajaran dan memiliki Perangkat Pembelajaran ( Kalender Mapel, Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM) sesuai dengan rambu-rambu/pedoman.
D.      Waktu                                            :     Juli 2012/ Januari 2013
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran.
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Bimbingan Teknis group Focus Discussioan
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Mengutarakan  tujuan kunjungan
·       Menanyakan Perangkat Pembelajaran yang dimiliki oleh guru
Kegiatan Inti
·       Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
·       Mengadakan tukar pendapat tentang adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi sekolah
·       Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di sekolah yang berkaitan dengan adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
Penutup
·       Refleksi dari kegiatan IHT
·       Menyimpulkan hasil pertemuan
·       Memotivasi guru agar melengkapi adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM
H.        Sumber Daya yang Digunakan 
·       Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam pendidikan. pedoman, panduan juknis tentang SNP
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian        :     Produk hasil penyusunan Perencanaan dan Perangkat Pembelajaran Pembelajaran ( Kalender Mapel, Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM)
·       Instrumen      :     Instrumen adminstrasi Perencanaan , Perangkat Pembelajaran  dan Penilaian silabus danRPP Dengan skala likert 1-4
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
·       Implementasi Silabus dan RPP di sekolah ( dilakukan pemantauan)


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005









NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )


A.         Aspek/Masalah                          :     Pembinaan Guru dalam pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran (Pandahuluan Kegiatan Inti, Tatap Muka : Eksplorasi , Elaborasi Konfirmasi , PT, KMTT   dan Penutup)
B.       Tujuan                                           :     Memberikan bimbingan dalam kegiatan proses pembelajaran (Pandahuluan Kegiatan Inti, Tatap Muka : Eksplorasi , Elaborasi Konfirmasi , PT, KMTT   dan Penutup) sesuia dengan RPP yang telah disusun.
C.       Indikator                                       :     Guru-guru dapat mengimplementasikan RPP pada kegiatan proses pembelajaran (Pandahuluan Kegiatan Inti, Tatap Muka : Eksplorasi , Elaborasi Konfirmasi , PT, KMTT   dan Penutup).
D.      Waktu                                            :     Juli s/d Desember 2012
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Bimbingan Teknis group Focus Discussioan
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Mengutarakan  tujuan kunjungan
·       Menanyakan Perangkat Pembelajaran Silabus, RPP yang dimiliki oleh guru
Kegiatan Inti
·       Pengawas dan kepala sekolah  mengadakan observasi pelaksanaan pembelajaran di salah satu kelas
·        Mengadakan tukar pendapat tentang pelaksanaan pembelajaran  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi  pada saat pembelajaran
·       Menetapkan cara penanganan masalah  yang terjadi di kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran
Penutup
·       Refleksi dari kegiatan IHT
·       Menyimpulkan hasil pertemuan
·       Memotivasi guru agar  pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan standar proses.
H.        Sumber Daya yang Digunakan 
·       Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam pendidikan. pedoman, panduan juknis tentang SNP
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian        :     Hasil Supervisi Kelas
·       Instrumen      :     Instrumen Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran  sesuai dengan standar Proses dengan skala likert 1-4
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
·       Implementasi Silabus dan RPP di sekolah ( dilakukan pemantauan)



Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005











NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )


A.         Aspek/Masalah                          :    Pembinaan Guru dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran (Teknik Penilaian, Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/Pengayaan dan Analisis Ulangan Harian)
B.       Tujuan                                           :     Memberikan bimbingan dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran (Teknik Penilaian, Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/Pengayaan dan Analisis Ulangan Harian) yang sesuai dengan Standar Penilaian dan pedoman penyusunan Instrumen Penilaian.
C.       Indikator                                       :     Guru-guru dapat mengimplementasikan pelaksanaan penilaian pembelajaran (Teknik Penilaian, Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/Pengayaan dan Analisis Ulangan Harian) yang sesuai dengan Standar Penilaian dan pedoman penyusunan Instrumen Penilaian.
D.      Waktu                                            :     Agustus 2012/Pebruari 2013
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Bimbingan Teknis group Focus Discussioan
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Mengutarakan  tujuan kunjungan
·       Menanyakan Administrasi Penilaian , Program Remidial/pengayaan yang dimiliki oleh guru
Kegiatan Inti
  • Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
  • Mengadakan tukar pendapat tentang teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi sekolah
  • Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di sekolah yang berkaitan berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
Penutup
·       Refleksi dari kegiatan IHT
·       Menyimpulkan hasil pertemuan
·       Memotivasi guru agar  menyesuaikan teknik penilaian yang dipilih dengan  aspek yang dinilai, menganalisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
H.        Sumber Daya yang Digunakan 
·       Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian        :     Produk hasil penyusunan penilaian pembelajaran (Teknik Penilaian, Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/Pengayaan dan Analisis Ulangan Harian)
·       Instrumen      :     Instrumen Administrasi penilaian Pembelajaran sesuai standar penilaian dengan skala likert 1-4
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
·       Implementasi Instrumen Penilaian di sekolah ( dilakukan pemantauan)


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005





NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )


A.         Aspek/Masalah                          :    Pembinaan Guru dalam melaksanakan Tugas Tambahan (Program Bimbingan Siswa, Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel dan Pengembangan diri)
B.         Tujuan                                          :    Memberikan bimbingan dalam melaksanakan Tugas Tambahan (Program Bimbingan Siswa, Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel dan Pengembangan diri).
C.         Indikator                                      :    Guru-guru dapat mengimplementasikan Tugas Tambahan (Program Bimbingan Siswa, Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel dan Pengembangan diri).
D.      Waktu                                            :     September 2012/Maret 2013
E.       Tempat                                          :     Pada semua  sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Bimbingan Teknis group Focus Discussioan
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Mengutarakan  tujuan kunjungan
·       Menanyakan Administrasi Penilaian , Program tugas tambahan yang dimiliki oleh guru
Kegiatan Inti
  • Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler
  • Mengadakan tukar pendapat tentang masalah  program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjdi  di sekolah
  • Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di sekolah yang berkaitan program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler
Penutup
·       Refleksi dari kegiatan IHT
·       Menyimpulkan hasil pertemuan/Refleksi
·       Memotivasi guru agar melaksankan  program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler.
H.        Sumber Daya yang Digunakan 
·       Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian        :     Produk hasil penyusunan Program Tugas Tambahan (Program Bimbingan Siswa, Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel dan Pengembangan diri)
·       Instrumen      :     Instrumen administrasi pelaksanaan kegiatan tambahan pembelajaran sesuai standar penilaian dengan skala likert 1-4
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
·       Implementasi Program Tugas Tambahan (ekstra kurikuler) di sekolah.



Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005








NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )


A.         Aspek/Masalah                          :    Pembinaan Pengelolaan Sekolah tentang program 1 tahunan dan 4 tahunan/Renstra.
B.         Tujuan                                          :    Memberikan bimbingan dalam penyusunan RKS/Renstra.
C.         Indikator                                      :    Memiliki Renstra/ RKS 1 tahunan dan 4 tahunan dengan benar dan tuntas sesuai dengan Standar Pengelolaan.
D.      Waktu                                            :     Juli 2012/Januari 2013
E.       Tempat                                          :     Pada Semua Sekolah Binaan
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Mengutarakan  tujuan kunjungan
·       Menanyakan Mengadakan tanya jawab seputar rencana kerja sekolah/Renstra
·       Mereview dokumen RKS/renstra 
Kegiatan Inti
·       Mengadakan tukar pendapat tentang pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·       Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Penutup
·       Refleksi dari kegiatan IHT
·       Menyimpulkan pemahaman  pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·       Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
H.        Sumber Daya yang Digunakan 
·       Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian        :     Produk hasil penyusunan RKS.
·       Instrumen      :     Instrumen Standar pengelolaan/observasi dokumen renstra dengan skala likert 1-4
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
·       Implementasi dan Tindak Lanjut Renstra di sekolah.



Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,



                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005










NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )


A.         Aspek/Masalah                          :    Pembinaan Persiapan Akreditasi Sekolah
B.         Tujuan                                          :    Memberikan bimbingan Persiapan Akreditasi Sekolah.
C.         Indikator                                      :    Terdokumentasikannya bukti fisik 8 SNP, dan peningkatan hasil Akreditasi Sekolah.
D.      Waktu                                            :     Agustus 2012
E.       Tempat                                          :     Pada Semua Sekolah Binaan
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Mengutarakan  tujuan kunjungan
·       Mengadakan tanya jawab seputar  persiapan untuk akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·         Mengadakan tukar pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
·         Memberi contoh-contoh persiapan untuk akreditasi sekolah
  • Sekolah dapat  mengisi Instrumen Akreditasi Sekolah dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on line
Penutup
  • Refleksi dari kegiatan IHT
·         Menyimpulkan pemahaman  tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
  • Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana persiapan untuk akreditasi sekolah
H.        Sumber Daya yang Digunakan 
·       Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian        :     Produk Pengisian Instrumen Akreditasi
·       Instrumen      :     Instrumen Akreditasi.
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
·       Implementasi dan Tindak Lanjut Akreditasi sekolah.


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,



                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005















NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )


A.         Aspek/Masalah                          :    Pembinaan dalam Melaksanakan Evaluasi diri Sekolah (EDS)
B.         Tujuan                                          :    Memberikan bimbingan Evaluasi diri Sekolah (EDS.
C.         Indikator                                      :    Terdokumentasikannya bukti fisik 8 SNP, ,tersusunnya Skala Prioritas Sekolah, dan peningkatan pencapain SNP.
D.      Waktu                                            :     Nopember 2012
E.       Tempat                                          :     Pada Semua Sekolah Binaan
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Mengutarakan  tujuan kunjungan
·       Mengadakan tanya jawab seputar  Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
Kegiatan Inti
·         Mengadakan tukar pendapat tentang Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
·         Memberi contoh-contoh Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
  • Sekolah dapat  mengisi Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on line
Penutup
  • Refleksi dari kegiatan IHT
·         Menyimpulkan pemahaman  tentang Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
  • Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana persiapan untuk Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
H.        Sumber Daya yang Digunakan 
·       Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP, SPMP.
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian        :     Produk Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
·       Instrumen      :     Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS).
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
·       Implementasi dan Tindak Lanjut Evaluasi Diri Sekolah (EDS), Skala Prioritas.



Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,




                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005












NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )



A.         Aspek/Masalah                          :    Pemantauan 8 S tandar Nasional Pendidikan (8 SNP)
B.         Tujuan                                          :    Pengawas dapat mengetahui dan memperoleh data ketercapaian serta  mengarahkan pelaksanaan 8 SNP dengan benar.
C.         Indikator                                      :    Terkumpulnya data dalam pelaksanaan 8 SNP.
D.      Waktu                                            :     Juli 2012 s/d Juni 2013
E.       Tempat                                          :     Pada Semua Sekolah Binaan
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Mengutarakan  tujuan kunjungan
·       Mengadakan tanya jawab seputar  Pelaksanaan 8 SNP
Kegiatan Inti
·         Mengadakan tukar pendapat tentang 8 SNP
·         Memberi contoh-contoh Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
  • Sekolah dapat  mengisi Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on line
·         Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·         Memeriksa Dokumen 8 SNP
Penutup
  • Refleksi dari kegiatan IHT
·         Menyimpulkan pencapaian pelaksanaan 8 SNP.
H.        Sumber Daya yang Digunakan 
·       Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP, SPMP.
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian        :     Produk Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
·       Instrumen      :     Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS).
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
·       Implementasi dan Tindak Lanjut Pelaksanaan 8 SNP.
·       Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendiidikan Kabupaten.



Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,



                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005







NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )


A.       Aspek/Masalah                           :     Pembimbingan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam pengeloaan dan  Analisis Konteks KTSP (Standar Pengelolaan, Standar Isi)
B.       Tujuan                                           :     Meningkatkan Kompetensi guru/Kepala Sekolah  dalam penyusunan KTSP Dok.1 &2 serta analisis kontkes dalam pengembangan KTSP
C.       Indikator                                       :     Semua Kepala Sekolah dan  guru dapat mengimplementasikan Standar Pengelolaan dan dapat mengembangkan KTSP Dok I dan 2.
D.      Waktu                                            :     Pebruari 2013
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran.
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
G.       Skenario Kegiatan                       :
Hari Pertama
Pendahuluan
·         Tanya jawab tentang KTSP Dok. I dan 2
·         Tanya jawab tentang Visi, Misi Sekolah dan Tujuan.
Kegiatan Inti
·         Menyajikan Materi dalam Pengelolaan  KTSP Dok I dan 2
·         Menyajikan makna dan Muatan  dalam KTSP Dok I dan 2
·         Menyajikan prinsip-prinsip penyusunan KTSP.
·         Memberi contoh-contoh Visi,misi sekolah
·         Mendiskusikan untuk membuat bebera contoh visi misi sekolah
·         Mempresentasikan salah satu contoh visi-misi sekolah
·         Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan silabus
·         Memberi contoh-contoh pembuatan silabus
·         Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan silabus
·         Mempresentasikan salah satu contoh model silabus ciri khas mata pelajaran
 Penutup
·         Menyimpulkan pemahaman KTSP Dok. I.
·         Memberi tugas agar penyusunan silabus dilanjutkan oleh masing-masing guru.
Hari kedua
·         Skenario : Sama dengan hari pertama
·         Materi : Pengembangan RPP
Hari Ketiga
·         Skenario : Sama dengan hari pertama
·         Materi : Pembuatan KKM
H.        Sumber Daya yang Digunakan
·       Panduan KTSP yang dibuat oleh BSNP, contoh-contoh silabus, RPP dan KKM, buku-buku lain yang  relevan
·       Alat/media : laptop,LCD, alat tulis lainnya
·       Dana : Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.           Penilaian dan Instrumen
·       Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Mengadakan pemantauan untuk memastikan setiap guru telah  memiliki silabus, RPP dan KKM untuk melaksanakan pembelajaran


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005

NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )


A.       Aspek/Masalah                           :     Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan standar  kompetensi lulusan
B.       Tujuan                                           :     Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  mengimplentasi Standar Kompetensi Lulusan
C.       Indikator                                       :     Semua Kepala Sekolah dan  guru dapat mengembangkan Pembelajaran siswa agarmemperoleh pengalaman belajar
D.      Waktu                                            :     Pebruari/Maret 2013
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran.
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
G.       Skenario Kegiatan                       :
Hari Pertama
Pendahuluan
·      Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab tentang pembelajaran yang disarankan oleh standar kompetensi lulusan
·      Mengeksplorasi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas
Kegiatan Inti
·      Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·      Memberi contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·      Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·      Mempresentasikan salah satu contoh model pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
Penutup
·      Menyimpulkan pemahaman pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·      Memberi tugas agar guru menyusun pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan yang akan dipraktekan  pada real  teaching
Hari kedua
Pendahuluan
·      Guru model melaksanakan pembelajaran di kelas yang ditentukan, Pengawas dan observer mengamati dan mencatat kelebihan dan kelemahan selama proses pembelajaran
Kegiatan Inti
·      Guru dan pengawas mengadakan evaluasi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan dan kendala-kendala yang ditemui serta  mendikusikan  solusi pemecahannya
Penutup
·      Menyimpulkan pemahaman pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·      Memberi tugas agar pelaksanaan  pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan  diterapkan di kelas masing-masing
H.        Sumber Daya yang Digunakan
·       Permendiknas N0 23 tentang Standar Kompetensi Lululasan contoh-contoh silabus, RPP, buku-buku lain yang  relevan
·       Alat/media : laptop,LCD, alat tulis lainnya
·       Dana : Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.           Penilaian dan Instrumen
·      Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan untuk melaksanakan pembelajaran
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Mengadakan pemantauan untuk memastikan setiap guru telah  men-gembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi lulusan


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005



NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )


A.       Aspek/Masalah                           :     Pembimbingan dan  Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam analisis Konteks dan  mengimplementasikan standar  proses
B.       Tujuan                                           :     Meningkatkan Kompetensi Guru dalam  mengimplentasikan menganalisis Standar Proses
C.       Indikator                                       :     Guru melaksanakan pembelajaran PAIKEM
D.      Waktu                                            :     Pebuari/Maret 2013
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran.
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
G.       Skenario Kegiatan                       :
Hari Pertama dan kedua
Pendahuluan
·      Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab tentang pembelajaran PAIKEM
·      Mengeksplorasi pembelajaran PAIKEM
Kegiatan Inti
·      Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran PAIKEM
·      Memberi contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran PAIKEM
·      Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan pembelajaran PAIKEM
·      Mempresentasikan salah satu contoh model pembelajaran PAIKEM
Penutup
·      Menyimpulkan pemahaman pembelajaran PAIKEM
·      Memberi tugas agar pelaksanaan pembelajaran PAIKEM diterapkan  guru
H.        Sumber Daya yang Digunakan
·       Permendiknas Standar Proses, contoh-contoh silabus, RPP, buku-buku lain yang  relevan
·       Alat/media : laptop,LCD, alat tulis lainnya
·       Dana : Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.           Penilaian dan Instrumen
·      Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Mengadakan pemantauan untuk meninjau setiap guru melaksanakan pembelajaran Paikem


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
                NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005














NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )


A.       Aspek/Masalah                           :     Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam  analisis  konteks dan mengimplementasikan standar  penilaian
B.       Tujuan                                           :     Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  menilai Proses dan Hasil Belajar
C.       Indikator                                       :     Semua guru mengembangkan teknik penilaian sesuai dengan aspek yang dinilai dan mensosialisasikannya pada siswa mengembangan instrumen penilaian berdasarkan kisi-kisi
D.      Waktu                                            :     Pebruari/Maret 2013
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran.
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
G.       Skenario Kegiatan                       :
Hari  pertama dan Kedua
Pendahuluan
·       Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab tentang teknik penilaian
·       Mengeksplorasi teknik penilaian
Kegiatan Inti
·       Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
·       Memberi contoh-contoh pengembangan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya 
·       Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
·       Mempresentasikan salah satu contoh teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya ciri khas mata pelajaran
Penutup
·       Menyimpulkan pemahaman  teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
·       Memberi tugas agar teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya disesuaikan dengan aspek yang dinilai diterapkan di kelas masing-masing
H.        Sumber Daya yang Digunakan
·       Permendiknas tentang Standar Penilaian, contoh-contoh kisi-kisi dan instrumen penilaian, buku-buku lain yang  relevan
·       Alat/media : laptop,LCD, alat tulis lainnya
·       Dana : Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.           Penilaian dan Instrumen
·      Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Mengadakan pemantauan untuk memastikan setiap guru melaksanakan penilaian pembelajaran sesuai dengan aspek yang dinilai dan mensosialisasikannya pada siswa.


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005










NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )


A.       Aspek/Masalah                           :    Pembimbingan  dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam melaksanakan PTK
B.       Tujuan                                           :     Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
C.       Indikator                                       :     1.  Guru/kepala sekolah memahami pengertian,   tujuan, ciri, kriteria dan PTK
2.     Guru/kepala sekolah dapat mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran
3.     Guru/kepala sekolah dapat membuat judul PTK
4.     Guru/kepala sekolah dapat melaksanakan PTK dalam bentuk siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan (Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi)
5.     Guru/kepala sekolah dapat menyusun Laporan PTK (terdiri dari 5 Bab dan lampiran).
D.      Waktu                                            :    April 2013
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata pelajaran.
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·       Mengadakan tanya jawab seputar peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas sebagai guru profesional
Kegiatan Inti
·       Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pelaksanaan PTK
·       Memberi contoh-contoh PTK 
·       Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan yang dapat diteliti elalui PTK
Penutup
·       Menyimpulkan pemahaman  pelaksanaan PTK
·       Memberi tugas agar guru melaksanakan PTK  di kelas masing-masing
H.        Sumber Daya yang Digunakan
·       Panduan peningkatan kemampuan profesional guru  yang dibuat oleh PMPTK, Buku-buku lain yang berkaitan peningkatan kemampuan profesional guru
·       Alat/media : laptop,LCD, alat tulis lainnya
·       Dana : Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.           Penilaian dan Instrumen
·      Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Memotivasi kepala sekolah dan guru-guru  untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya melalui PTK.


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005










NARATIF
RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )


A.       Aspek/Masalah                           :    Pembimbingan dan Pelatihan Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran
B.       Tujuan                                           :    Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam  melaksanakan Supervisi, Pemantauan  dan pembuatan Tindak Lanjut (Kepala Sekolah)
C.       Indikator                                       :     a. Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
 b. Kepala sekolah dapat membuat Program Pemantauan
 c. Kepala sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan pemantauan
 d. Kepala sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan pemantauan
 e. Kepala sekolah dapat membuat program tindak lanjut
D.      Waktu                                            :     Oktober 2012/April 3013
E.       Tempat                                          :     Pada semua sekolah binaan.
F.       Strategi/Metode/Teknik Supervisi         : IHT, Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
G.       Skenario Kegiatan                       :
Pendahuluan
·       Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·       Mengadakan tanya jawab seputar peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas melalui melaksanakan supervisi dan pemantauan  pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Inti
·       Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran
·       Memberi contoh-contoh  program dan pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran  
·       Mendiskusikan beberapa temuan hasil supervisi, pemantuan yang perlu ditindak lanjuti
Penutup
·       Menyimpulkan pemahaman  pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran
·       Memberi tugas agar kepala sekolah  melaksanakan supervisi dan pemantauan  pembelajaran  di sekolah  masing-masing
H.        Sumber Daya yang Digunakan
·       Panduan peningkatan kemampuan profesional guru  yang dibuat oleh PMPTK
·       Alat/media : laptop,LCD, alat tulis lainnya
·       Dana : Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.           Penilaian dan Instrumen
·      Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.         Rencana Tindak Lanjut
·       Memotivasi kepala sekolah  untuk membuat program dan melaksanakan supervisi dan pemantauan  pembelajaran.


Mengetahui,                                                                                                                       Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
                Koordinator Pengawas                                                                                                                Pengawas Sekolah,


                TALIB ALI, S.Pd                                                                                                               Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058                                                                                    NIP. 19681012 199702 1 005










Tidak ada komentar:

Posting Komentar