NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )
A.
Aspek/Masalah : Pembinaan Penyusunan Perencanaan
Pembelajaran ( Kalender Mapel, Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM)
B.
Tujuan : Memberikan bimbingan penyusunan Perencanaan
Pembelajaran ( Kalender Mapel, Prota,
Prosem, Silabus, RPP, KKM) melalui MGMP Sekolah.
C.
Indikator : Guru-guru dapat menyusun Perencanaan
Pembelajaran dan memiliki Perangkat Pembelajaran ( Kalender Mapel, Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM) sesuai dengan
rambu-rambu/pedoman.
D.
Waktu : Juli 2012/ Januari 2013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan
kelompok mata pelajaran.
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Bimbingan
Teknis group Focus
Discussioan
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Mengutarakan
tujuan kunjungan
·
Menanyakan
Perangkat Pembelajaran yang dimiliki oleh guru
Kegiatan Inti
·
Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan
adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
·
Mengadakan tukar pendapat tentang adminstrasi
perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM) untuk mencari solusi untuk penanganan
masalah yang terjadi sekolah
·
Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di sekolah yang berkaitan dengan
adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
Penutup
· Refleksi dari kegiatan IHT
· Menyimpulkan
hasil pertemuan
· Memotivasi
guru agar melengkapi adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes,
Silabus, RPP dan KKM
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam pendidikan. pedoman,
panduan juknis tentang SNP
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian : Produk
hasil penyusunan Perencanaan dan Perangkat Pembelajaran Pembelajaran ( Kalender Mapel, Prota, Prosem, Silabus,
RPP, KKM)
·
Instrumen : Instrumen
adminstrasi Perencanaan
, Perangkat Pembelajaran dan Penilaian
silabus danRPP Dengan skala likert 1-4
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
· Implementasi Silabus dan RPP di
sekolah ( dilakukan pemantauan)
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs.
PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )
A.
Aspek/Masalah : Pembinaan Guru dalam pelaksanaan kegiatan proses
pembelajaran (Pandahuluan Kegiatan Inti, Tatap Muka : Eksplorasi , Elaborasi Konfirmasi , PT, KMTT dan Penutup)
B.
Tujuan : Memberikan bimbingan dalam kegiatan proses
pembelajaran (Pandahuluan Kegiatan Inti, Tatap Muka : Eksplorasi , Elaborasi Konfirmasi , PT, KMTT dan Penutup) sesuia dengan RPP yang telah
disusun.
C.
Indikator : Guru-guru dapat mengimplementasikan RPP pada
kegiatan proses pembelajaran (Pandahuluan Kegiatan Inti, Tatap Muka : Eksplorasi , Elaborasi Konfirmasi , PT,
KMTT dan Penutup).
D.
Waktu : Juli s/d Desember 2012
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan
kelompok mata pelajaran
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Bimbingan
Teknis group Focus
Discussioan
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Mengutarakan
tujuan kunjungan
·
Menanyakan
Perangkat Pembelajaran Silabus, RPP yang dimiliki oleh guru
Kegiatan Inti
·
Pengawas dan kepala sekolah mengadakan observasi pelaksanaan pembelajaran
di salah satu kelas
·
Mengadakan tukar pendapat tentang pelaksanaan
pembelajaran untuk mencari solusi untuk
penanganan masalah yang terjadi pada saat pembelajaran
·
Menetapkan cara penanganan
masalah yang terjadi di kelas yang
berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran
Penutup
· Refleksi dari kegiatan IHT
· Menyimpulkan
hasil pertemuan
· Memotivasi
guru agar pelaksanaan pembelajaran
sesuai dengan standar proses.
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam pendidikan. pedoman,
panduan juknis tentang SNP
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian : Hasil
Supervisi Kelas
·
Instrumen : Instrumen
Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran sesuai
dengan standar Proses dengan skala likert 1-4
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
· Implementasi Silabus dan RPP di
sekolah ( dilakukan pemantauan)
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )
A.
Aspek/Masalah : Pembinaan Guru dalam pelaksanaan penilaian
pembelajaran (Teknik Penilaian,
Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/Pengayaan dan Analisis Ulangan Harian)
B.
Tujuan : Memberikan bimbingan dalam pelaksanaan
penilaian pembelajaran (Teknik Penilaian,
Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/Pengayaan dan Analisis Ulangan Harian) yang sesuai
dengan Standar Penilaian dan pedoman penyusunan Instrumen Penilaian.
C.
Indikator : Guru-guru dapat mengimplementasikan pelaksanaan
penilaian pembelajaran (Teknik Penilaian,
Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/Pengayaan dan Analisis Ulangan Harian) yang sesuai
dengan Standar Penilaian dan pedoman penyusunan Instrumen Penilaian.
D.
Waktu : Agustus 2012/Pebruari 2013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan
kelompok mata pelajaran
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Bimbingan
Teknis group Focus
Discussioan
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Mengutarakan
tujuan kunjungan
·
Menanyakan Administrasi
Penilaian , Program Remidial/pengayaan yang dimiliki oleh guru
Kegiatan Inti
- Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
- Mengadakan tukar pendapat tentang teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan untuk mencari solusi untuk penanganan masalah yang terjadi sekolah
- Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di sekolah yang berkaitan berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
Penutup
· Refleksi dari kegiatan IHT
· Menyimpulkan
hasil pertemuan
· Memotivasi
guru agar menyesuaikan teknik penilaian
yang dipilih dengan aspek yang dinilai,
menganalisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan
Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian : Produk
hasil penyusunan penilaian pembelajaran (Teknik
Penilaian, Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program
Remedial/Pengayaan dan Analisis Ulangan
Harian)
·
Instrumen : Instrumen
Administrasi penilaian Pembelajaran sesuai standar penilaian dengan skala likert 1-4
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
· Implementasi Instrumen Penilaian
di sekolah ( dilakukan pemantauan)
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK ( RKA )
A.
Aspek/Masalah : Pembinaan Guru dalam melaksanakan Tugas Tambahan
(Program Bimbingan Siswa, Program
Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel dan Pengembangan diri)
B.
Tujuan : Memberikan bimbingan dalam melaksanakan Tugas
Tambahan (Program Bimbingan Siswa,
Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel dan Pengembangan diri).
C.
Indikator : Guru-guru dapat mengimplementasikan Tugas
Tambahan (Program Bimbingan Siswa,
Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel dan Pengembangan diri).
D.
Waktu : September 2012/Maret 2013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan kelompok mata
pelajaran
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Bimbingan
Teknis group Focus
Discussioan
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Mengutarakan
tujuan kunjungan
·
Menanyakan
Administrasi Penilaian , Program tugas tambahan yang dimiliki oleh guru
Kegiatan Inti
- Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler
- Mengadakan tukar pendapat tentang masalah program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler untuk mencari solusi untuk penanganan masalah yang terjdi di sekolah
- Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di sekolah yang berkaitan program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler
Penutup
· Refleksi dari kegiatan IHT
· Menyimpulkan
hasil pertemuan/Refleksi
· Memotivasi
guru agar melaksankan program
peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan
ekstrakurikuler.
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan
Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian : Produk
hasil penyusunan Program Tugas Tambahan (Program
Bimbingan Siswa, Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel dan Pengembangan
diri)
·
Instrumen : Instrumen
administrasi pelaksanaan kegiatan tambahan pembelajaran
sesuai standar penilaian dengan
skala likert 1-4
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
· Implementasi Program Tugas Tambahan
(ekstra kurikuler) di sekolah.
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )
A.
Aspek/Masalah : Pembinaan Pengelolaan Sekolah tentang
program 1 tahunan dan 4 tahunan/Renstra.
B.
Tujuan : Memberikan bimbingan dalam penyusunan
RKS/Renstra.
C.
Indikator : Memiliki Renstra/ RKS 1 tahunan dan 4 tahunan
dengan benar dan tuntas sesuai dengan Standar Pengelolaan.
D.
Waktu : Juli 2012/Januari 2013
E.
Tempat : Pada Semua Sekolah Binaan
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Mengutarakan
tujuan kunjungan
·
Menanyakan Mengadakan
tanya jawab seputar rencana kerja sekolah/Renstra
·
Mereview
dokumen RKS/renstra
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar pendapat tentang pembuatan
rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8
standar pendidikan
·
Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja
sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Penutup
· Refleksi dari kegiatan IHT
·
Menyimpulkan pemahaman pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek
dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
· Memberi
tugas agar kepala sekolah membuat
rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8
standar pendidikan
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan
Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian : Produk
hasil penyusunan RKS.
·
Instrumen : Instrumen
Standar pengelolaan/observasi dokumen renstra dengan skala likert 1-4
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
· Implementasi dan Tindak Lanjut
Renstra di sekolah.
Mengetahui, Labuhanbatu
Utara, Juli 2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )
A.
Aspek/Masalah : Pembinaan Persiapan Akreditasi Sekolah
B.
Tujuan : Memberikan bimbingan Persiapan Akreditasi
Sekolah.
C.
Indikator : Terdokumentasikannya bukti fisik 8 SNP, dan
peningkatan hasil Akreditasi Sekolah.
D.
Waktu : Agustus 2012
E.
Tempat : Pada Semua Sekolah Binaan
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Mengutarakan
tujuan kunjungan
·
Mengadakan tanya jawab seputar persiapan untuk akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar pendapat tentang persiapan
untuk akreditasi sekolah
·
Memberi contoh-contoh persiapan untuk
akreditasi sekolah
- Sekolah dapat mengisi Instrumen Akreditasi Sekolah dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on line
Penutup
- Refleksi dari kegiatan IHT
·
Menyimpulkan pemahaman tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
- Memberi tugas agar kepala sekolah membuat rencana persiapan untuk akreditasi sekolah
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan
Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian : Produk
Pengisian Instrumen Akreditasi
·
Instrumen : Instrumen
Akreditasi.
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
· Implementasi dan Tindak Lanjut Akreditasi
sekolah.
Mengetahui, Labuhanbatu
Utara, Juli 2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )
A.
Aspek/Masalah : Pembinaan dalam Melaksanakan Evaluasi diri
Sekolah (EDS)
B.
Tujuan : Memberikan bimbingan Evaluasi diri Sekolah
(EDS.
C.
Indikator : Terdokumentasikannya bukti fisik 8 SNP, ,tersusunnya
Skala Prioritas Sekolah, dan peningkatan pencapain SNP.
D.
Waktu : Nopember 2012
E.
Tempat : Pada Semua Sekolah Binaan
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Mengutarakan
tujuan kunjungan
·
Mengadakan tanya jawab seputar Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar pendapat tentang Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
·
Memberi contoh-contoh Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
- Sekolah dapat mengisi Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on line
Penutup
- Refleksi dari kegiatan IHT
·
Menyimpulkan pemahaman tentang Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
- Memberi tugas agar kepala sekolah membuat rencana persiapan untuk Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan
Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP, SPMP.
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian : Produk
Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
·
Instrumen : Instrumen
Evaluasi Diri Sekolah (EDS).
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
· Implementasi dan Tindak Lanjut Evaluasi
Diri Sekolah (EDS), Skala Prioritas.
Mengetahui, Labuhanbatu
Utara, Juli 2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )
A.
Aspek/Masalah : Pemantauan 8 S tandar Nasional Pendidikan (8
SNP)
B.
Tujuan : Pengawas dapat mengetahui dan memperoleh data
ketercapaian serta mengarahkan
pelaksanaan 8 SNP dengan benar.
C.
Indikator : Terkumpulnya data dalam pelaksanaan 8 SNP.
D.
Waktu : Juli 2012 s/d Juni 2013
E.
Tempat : Pada Semua Sekolah Binaan
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Mengutarakan
tujuan kunjungan
·
Mengadakan tanya jawab seputar Pelaksanaan 8 SNP
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar pendapat tentang 8 SNP
·
Memberi contoh-contoh Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
- Sekolah dapat mengisi Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on line
·
Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa
Dokumen 8 SNP
Penutup
- Refleksi dari kegiatan IHT
·
Menyimpulkan pencapaian pelaksanaan 8 SNP.
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Kumpulan Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman penyususan
Instrumen penilaian, panduan juknis tentang SNP, SPMP.
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian : Produk
Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
·
Instrumen : Instrumen
Evaluasi Diri Sekolah (EDS).
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Disinkronkan dengan Kegiatan MGMP/ MKKS/ Kegiatan IHT
· Implementasi dan Tindak Lanjut Pelaksanaan
8 SNP.
· Melaksanakan
MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendiidikan Kabupaten.
Mengetahui, Labuhanbatu
Utara, Juli 2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )
A.
Aspek/Masalah : Pembimbingan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah
dalam pengeloaan dan Analisis Konteks
KTSP (Standar Pengelolaan, Standar Isi)
B.
Tujuan : Meningkatkan Kompetensi guru/Kepala
Sekolah dalam penyusunan KTSP Dok.1
&2 serta analisis kontkes dalam pengembangan KTSP
C.
Indikator : Semua Kepala Sekolah dan guru dapat mengimplementasikan Standar
Pengelolaan dan dapat mengembangkan KTSP Dok I dan 2.
D.
Waktu : Pebruari 2013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan
kelompok mata pelajaran.
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Pelatihan
guru di luar jam efektif mengajar
G.
Skenario
Kegiatan :
Hari Pertama
Pendahuluan
·
Tanya jawab tentang
KTSP Dok. I dan 2
·
Tanya jawab tentang Visi, Misi Sekolah dan
Tujuan.
Kegiatan
Inti
·
Menyajikan Materi dalam Pengelolaan KTSP Dok I dan 2
·
Menyajikan makna dan Muatan dalam KTSP Dok I dan 2
·
Menyajikan
prinsip-prinsip penyusunan KTSP.
·
Memberi contoh-contoh Visi,misi sekolah
·
Mendiskusikan untuk membuat bebera contoh visi
misi sekolah
·
Mempresentasikan salah satu
contoh visi-misi
sekolah
·
Menyajikan makna dan prinsip-prinsip
pengembangan silabus
·
Memberi contoh-contoh pembuatan silabus
·
Mendiskusikan beberapa
temuan di lapangan berkaitan dengan silabus
·
Mempresentasikan salah satu
contoh model silabus ciri khas mata pelajaran
Penutup
·
Menyimpulkan pemahaman KTSP Dok. I.
·
Memberi tugas agar penyusunan silabus
dilanjutkan oleh masing-masing guru.
Hari kedua
·
Skenario : Sama dengan hari pertama
·
Materi : Pengembangan RPP
Hari Ketiga
·
Skenario : Sama dengan hari pertama
·
Materi : Pembuatan KKM
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Panduan KTSP
yang dibuat oleh BSNP, contoh-contoh silabus, RPP dan KKM, buku-buku lain
yang relevan
· Alat/media : laptop,LCD,
alat tulis lainnya
· Dana : Alokasi dana
yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar
/cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Mengadakan
pemantauan untuk memastikan setiap guru telah
memiliki silabus, RPP dan KKM untuk melaksanakan pembelajaran
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )
A.
Aspek/Masalah : Pembimbingan dan Pelatihan
Guru/Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan standar kompetensi lulusan
B.
Tujuan : Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam mengimplentasi Standar
Kompetensi Lulusan
C.
Indikator : Semua Kepala Sekolah dan guru dapat mengembangkan
Pembelajaran siswa agarmemperoleh pengalaman belajar
D.
Waktu : Pebruari/Maret 2013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan
kelompok mata pelajaran.
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Pelatihan
guru di luar jam efektif mengajar
G.
Skenario Kegiatan :
Hari Pertama
Pendahuluan
·
Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab tentang pembelajaran yang
disarankan oleh standar kompetensi lulusan
·
Mengeksplorasi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pengembangan
pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
·
Memberi contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran menurut
standar kompetensi lulusan
·
Mendiskusikan beberapa temuan di lapangan berkaitan dengan pembelajaran menurut standar
kompetensi lulusan
·
Mempresentasikan salah satu contoh model pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan
Penutup
·
Menyimpulkan pemahaman pembelajaran menurut standar
kompetensi lulusan
·
Memberi tugas agar guru menyusun pembelajaran menurut
standar kompetensi lulusan yang akan dipraktekan pada real
teaching
Hari kedua
Pendahuluan
·
Guru model melaksanakan pembelajaran di kelas yang
ditentukan, Pengawas dan observer mengamati dan mencatat kelebihan dan
kelemahan selama proses pembelajaran
Kegiatan Inti
·
Guru dan pengawas mengadakan evaluasi tentang
pembelajaran yang telah dilaksanakan dan kendala-kendala yang ditemui
serta mendikusikan solusi pemecahannya
Penutup
·
Menyimpulkan pemahaman pembelajaran menurut standar
kompetensi lulusan
·
Memberi tugas agar pelaksanaan pembelajaran menurut standar kompetensi
lulusan diterapkan di kelas
masing-masing
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Permendiknas N0 23
tentang Standar Kompetensi Lululasan contoh-contoh silabus, RPP, buku-buku lain
yang relevan
· Alat/media : laptop,LCD,
alat tulis lainnya
· Dana : Alokasi dana
yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan
mengikuti kegiatan untuk melaksanakan
pembelajaran
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Mengadakan pemantauan
untuk memastikan setiap guru telah
men-gembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar
kompetensi lulusan
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )
A.
Aspek/Masalah : Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam analisis Konteks dan mengimplementasikan standar proses
B.
Tujuan : Meningkatkan Kompetensi Guru dalam mengimplentasikan menganalisis Standar Proses
C.
Indikator : Guru melaksanakan
pembelajaran PAIKEM
D.
Waktu : Pebuari/Maret 2013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan
kelompok mata pelajaran.
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Pelatihan
guru di luar jam efektif mengajar
G.
Skenario
Kegiatan :
Hari Pertama
dan kedua
Pendahuluan
·
Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab
tentang pembelajaran PAIKEM
·
Mengeksplorasi pembelajaran
PAIKEM
Kegiatan
Inti
·
Menyajikan makna dan prinsip-prinsip
pengembangan pembelajaran PAIKEM
·
Memberi contoh-contoh pelaksanaan
pembelajaran PAIKEM
·
Mendiskusikan beberapa
temuan di lapangan berkaitan dengan pembelajaran PAIKEM
·
Mempresentasikan salah satu
contoh model pembelajaran PAIKEM
Penutup
·
Menyimpulkan pemahaman
pembelajaran PAIKEM
·
Memberi tugas agar pelaksanaan pembelajaran
PAIKEM diterapkan guru
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Permendiknas
Standar Proses,
contoh-contoh silabus, RPP, buku-buku lain yang
relevan
· Alat/media : laptop,LCD,
alat tulis lainnya
· Dana : Alokasi dana
yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar
/cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Mengadakan
pemantauan untuk meninjau setiap guru melaksanakan pembelajaran Paikem
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803
1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )
A.
Aspek/Masalah : Pembimbingan dan Pelatihan Guru/Kepala Sekolah dalam analisis
konteks dan mengimplementasikan standar penilaian
B.
Tujuan : Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah
dalam menilai Proses dan Hasil Belajar
C.
Indikator : Semua guru
mengembangkan teknik penilaian sesuai dengan aspek yang dinilai dan
mensosialisasikannya pada siswa mengembangan instrumen penilaian berdasarkan kisi-kisi
D.
Waktu : Pebruari/Maret 2013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan
kelompok mata pelajaran.
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Pelatihan
guru di luar jam efektif mengajar
G.
Skenario
Kegiatan :
Hari pertama dan Kedua
Pendahuluan
·
Mengkondisikan guru-guru dengan tanya jawab
tentang teknik penilaian
·
Mengeksplorasi teknik
penilaian
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna dan prinsip-prinsip
pengembangan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
· Memberi
contoh-contoh pengembangan teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
·
Mendiskusikan beberapa
temuan di lapangan berkaitan dengan teknik penilaian, kisi-kisi dan
instrumennya
·
Mempresentasikan salah satu
contoh teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya ciri khas mata pelajaran
Penutup
·
Menyimpulkan pemahaman teknik penilaian, kisi-kisi dan instrumennya
·
Memberi tugas agar teknik penilaian,
kisi-kisi dan instrumennya disesuaikan dengan aspek yang dinilai diterapkan di
kelas masing-masing
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Permendiknas
tentang Standar Penilaian, contoh-contoh kisi-kisi dan instrumen penilaian,
buku-buku lain yang relevan
· Alat/media : laptop,LCD,
alat tulis lainnya
· Dana : Alokasi dana
yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar
/cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Mengadakan
pemantauan untuk memastikan setiap guru melaksanakan penilaian pembelajaran
sesuai dengan aspek yang dinilai dan
mensosialisasikannya pada siswa.
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN AKADEMIK/MANAJERIAL ( RKA/M )
A.
Aspek/Masalah : Pembimbingan dan Pelatihan
Guru/Kepala Sekolah dalam melaksanakan PTK
B.
Tujuan : Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah
dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
C.
Indikator : 1. Guru/kepala sekolah memahami pengertian, tujuan, ciri, kriteria dan PTK
2.
Guru/kepala sekolah
dapat mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran
3. Guru/kepala sekolah dapat membuat judul PTK
4.
Guru/kepala sekolah
dapat melaksanakan PTK dalam bentuk siklus
tiap siklus terdiri dari 4 tahapan (Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi)
5.
Guru/kepala sekolah
dapat menyusun Laporan PTK (terdiri
dari 5 Bab dan lampiran).
D.
Waktu : April 2013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan dan guru binaan
kelompok mata pelajaran.
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Pelatihan
guru di luar jam efektif mengajar
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
· Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya jawab seputar peningkatan
kemampuan guru dalam melaksanakan tugas sebagai guru profesional
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna dan prinsip-prinsip
pelaksanaan PTK
· Memberi
contoh-contoh PTK
·
Mendiskusikan beberapa
temuan di lapangan yang dapat diteliti elalui PTK
Penutup
·
Menyimpulkan pemahaman pelaksanaan PTK
·
Memberi tugas agar guru melaksanakan PTK di kelas masing-masing
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Panduan
peningkatan kemampuan profesional guru
yang dibuat oleh PMPTK, Buku-buku lain yang berkaitan peningkatan
kemampuan profesional guru
· Alat/media : laptop,LCD,
alat tulis lainnya
· Dana : Alokasi dana
yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar
/cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Memotivasi
kepala sekolah dan guru-guru untuk
meningkatkan kemampuan profesionalnya melalui PTK.
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
NARATIF
RENCANA
KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( RKM )
A.
Aspek/Masalah : Pembimbingan dan Pelatihan Kepala Sekolah dalam melaksanakan
supervisi dan pemantauan pembelajaran
B.
Tujuan : Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam melaksanakan Supervisi, Pemantauan dan pembuatan Tindak Lanjut (Kepala Sekolah)
C.
Indikator : a. Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
b. Kepala
sekolah dapat membuat Program Pemantauan
c. Kepala
sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan pemantauan
d. Kepala
sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan pemantauan
e. Kepala sekolah dapat membuat
program tindak lanjut
D.
Waktu : Oktober 2012/April 3013
E.
Tempat : Pada semua sekolah binaan.
F.
Strategi/Metode/Teknik
Supervisi : IHT, Pelatihan
guru di luar jam efektif mengajar
G.
Skenario
Kegiatan :
Pendahuluan
·
Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya jawab seputar peningkatan kemampuan guru
dalam melaksanakan tugas melalui melaksanakan supervisi dan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pelaksanaan
supervisi dan pemantauan pembelajaran
·
Memberi contoh-contoh
program dan pelaksanaan supervisi dan pemantauan pembelajaran
·
Mendiskusikan beberapa temuan hasil supervisi, pemantuan
yang perlu ditindak lanjuti
Penutup
·
Menyimpulkan pemahaman
pelaksanaan supervisi dan pemantauan
pembelajaran
·
Memberi tugas agar kepala sekolah melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran
di sekolah masing-masing
H.
Sumber Daya yang Digunakan
· Panduan peningkatan
kemampuan profesional guru yang dibuat
oleh PMPTK
· Alat/media : laptop,LCD,
alat tulis lainnya
· Dana : Alokasi dana
yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat.
I.
Penilaian
dan Instrumen
·
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar
/cek list keaktifan mengikuti kegiatan
J.
Rencana Tindak Lanjut
· Memotivasi kepala
sekolah untuk membuat program dan
melaksanakan supervisi dan pemantauan
pembelajaran.
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli
2012
Koordinator Pengawas Pengawas
Sekolah,
TALIB ALI, S.Pd Drs. PUSPO, M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar