Rencana Kepengawasan Akademik dan Manajerial
Semester : I (satu)
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Pengawas Sekolah : Drs. PUSPO,M.Pd.
Sekolah : Semua Sekolah
Binaan
Sasaran :
Kepala Sekolah, Guru &
Tendik
Kab.-Propinsi :
Labuhanbatu Utara – Sumatera Utara
1. Program Pembinaan Guru dan/atau Kepala Sekolah
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembinaan Guru dalam menyusun perencanaan Pembelajaran
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran
ü
Kalender
Mapel
ü
Program Tahunan
ü
Program
Semester
ü
Silabus
ü
RPP
ü
KKM
ü
Agenda Harian
Guru
|
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat Kalender Mata Pelajaran
ü
100% guru pada
sekolah binaan mempunyai Prota dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat mempunyai Promes dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat silabus
sendiri sesuai standar proses dengan
nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat RPP sesuai standar proses dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat menentukan KKM sesuai panduan dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat dan mengisi agenda harian yang sesuai dengan
pembelajaran dalam KTSP dengan nilai minimal baik
|
Bimbingan Teknis group Focus
Discussioan
|
Pendahuluan
·
Mengutarakan tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
· Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan adminstrasi
perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
· Mengadakan tukar pendapat tentang adminstrasi
perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM) untuk mencari solusi untuk penanganan
masalah yang terjadi sekolah
· Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di sekolah yang berkaitan dengan
adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
Penutup
· Menyimpulkan hasil pertemuan
· Memotivasi guru agar melengkapi adminstrasi perencanaan
pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
adminstrasi
Perencanaan
Pembelajaran
Dengan skala
likert 1-4
Instrumen
penilaian
silabus
danRPP
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembinaan Guru dalam
pelaksanaan kegiatan proses pembelaran
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan Pembelajaran :
ü
Pandahuluan
ü
Kagiatan Inti,
ü
Tatap Muka :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
ü
PT
ü
KMTT
ü
Penutup
|
ü
100% guru dapat
melaksanakan pendahuluan apersepsi, Motivasi
ü
100% guru dapat
melaksanakan kegiatan pembelajaran :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
ü
100% Guru dapat
melaksanakan PT
ü
100% Guru dapat
melaksanakan Kegiatan KMTT
ü
100% guru dapat
mengakhiri Pembelajaran bentuk rangkuman atau
simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut
|
Bimbingan Teknis group Focus
Discussioan
|
Pendahuluan
·
Mengutarakan tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
· Pengawas dan kepala sekolah mengadakan observasi pelaksanaan
pembelajaran di salah satu kelas
· Mengadakan tukar
pendapat tentang pelaksanaan pembelajaran
untuk mencari solusi untuk penanganan masalah yang terjadi pada saat pembelajaran
· Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di kelas yang berkaitan dengan
pelaksanaan pembelajaran
Penutup
· Menyimpulkan hasil pertemuan
· Memotivasi guru agar
pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan standar proses
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
administrasi
Pelaksanaan
Pembelajaran
sesuai standar
proses
Dengan skala
likert 1-4
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Pembinaan Guru dalam pelaksanaan
penilaian pembelaran
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam menilai proses dan hasil
Pembelajaran :
ü
Teknik
Penilaian
ü
Penyusunan
Kisi-Kisi Soal
ü
Analisis Butir
Soal
ü
Program
Remedial
ü
Program
Pengayaan
ü
Analisis Ulangan Harian
|
ü
100% guru dapat
melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik
ü
100% guru dapat
menyusun kisi-kisi soal sesuai panduan
ü 100% guru dapat menganalisis
Butir Soal
ü 100% guru dapat melaksanakan
program Remidial dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat melaksanakan
pengayaan dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat menganalisis
Ulangan Harian
|
Bimbingan Teknis group Focus
Discussioan
|
Pendahuluan
·
Mengutarakan tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
· Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan teknik
penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau
pengayaan
· Mengadakan tukar pendapat tentang teknik penilaian,
analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan untuk mencari solusi untuk penanganan
masalah yang terjadi sekolah
· Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di sekolah yang berkaitan
berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program
remedial atau pengayaan
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
administrasi
penilaian
Pembelajaran
sesuai standar
penilaian
Dengan skala
likert 1-4
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
|
|
|
|
Penutup
· Menyimpulkan hasil pertemuan
· Memotivasi guru agar
menyesuaikan teknik penilaian yang dipilih dengan aspek yang dinilai, menganalisis hasil
penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
|
|
|
|
Pembinaan Guru dalam melaksanakan Tugas Tambahan
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam
melksanakan tugas tambahan
ü
Program
Bimbingan Siswa
ü
Program
Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel
ü Program Pengembangan diri
|
ü
100% guru dapat
membuat dan memiliki program bimbingan siswa
ü
100% guru dapat
membuat program peningkatan mutu
ü 100% guru dapat membuat dan memilki program
pengembangan diri
|
Bimbingan Teknis group Focus
Discussioan
|
Pendahuluan
·
Mengutarakan tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
· Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan program peningkatan
mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler
· Mengadakan tukar pendapat tentang masalah program peningkatan mutu mapel UN dan
pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler untuk mencari solusi untuk penanganan
masalah yang terjdi di sekolah
· Menetapkan cara penangan masalah yang terjadi di sekolah yang berkaitan program
peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan
ekstrakurikuler
Penutup
· Menyimpulkan hasil pertemuan
· Memotivasi guru agar melaksankan program peningkatan mutu mapel UN dan
pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang
SNP
|
Instrumen
administrasi
pelaksanaan kegiatan tambahan
pembelajaran
sesuai standar
penilaian
Dengan skala
likert
1-4
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
2. Program
Pembinaan Kepala Sekolah
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembinaan
Kepala sekolah pada penerapan standar pengelolaan
|
Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan Sekolah :
ü
RKS 1 tahunan
dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü
Pelaksanaan RKS
1 tahuan dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü
Pengawasan
(supervise) dan Evaluasi Sekolah
ü
Kepemimpinan
Sekolah
ü
Sistem
Informasi Manajemen Sekolah
|
ü Sekolah memiliki Rencana Kerja Sekolah Tahunan(1 tahun
) dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Sekolah melaksanakan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan
4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Kepala Sekolah memiliki program Pengawasan (Supervisi)
dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru
ü Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah
memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah
memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar rencana kerja sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka
menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
· Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja sekolah
jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pembuatan rencana kerja
sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar
pendidikan
·
Memberi tugas
agar kepala sekolah membuat rencana
kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar
pendidikan
|
·
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam pendidikan.
·
pedoman, panduan
juknis tentang SNP
|
·
Instrumen
administrasi pengelolaan sekolah
|
·
Disinkronkan bdengan Kegiatan MGMP/
MKKS/Kegiatan IHT
|
Pembina Kepala sekolah pada
penerapan Rencana
Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
|
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
|
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar rencana kerja dan
anggaran sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah
· Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja dan
anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
|
|
|
|
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pembuatan rencana kerja dan
anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·
Memberi tugas
agar kepala sekolah membuat rencana
kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
|
|
|
|
Pembina Kepala
sekolah untuk persiapan akreditasi sekolah
|
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti akreditasi sekolah
|
ü Sekolah dapat mengisi Instrumen Akreditasi
Sekolah dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on
line
ü Sekolah melaksanakan 8 SNP secara kontinyu
ü Adanya
Peningkatan Status Akreditasi.
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas mengutarakan
tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar persiapan untuk
akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
· Memberi contoh-contoh persiapan untuk akreditasi
sekolah
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman tentang persiapan untuk
akreditasi sekolah
·
Memberi tugas
agar kepala sekolah membuat rencana
persiapan untuk akreditasi sekolah
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
Pembina
Kepala sekolah melaksanakan
Evaluasi Diri Sekolah. (EDS)
|
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti melaksanakan
Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
|
ü Sekolah dapat mengisi Instrumen EDS sesuai
dengan kondisi yang sebenarnya baik secara manual atau system on line
ü Sekolah dapat
menentukan Skala Prioritas.
ü Sekolah dapat
membuat rekondasi sekolah
ü Adanya TPS dan
TPK disekolah.
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar persiapan untuk
akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
· Memberi contoh-contoh persiapan untuk Evaluasi Diri sekolah
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman tentang persiapan untuk Evaluasi Diri sekolah
·
Memberi tugas
agar kepala sekolah membuat rencana
persiapan untuk EDS
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP, SPMP.
|
Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
3. Program
Pemantauan
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pemantauan Pelaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan
|
Memantau
pelaksanaan Standar Isi
ü
Kerangka Dasar
Kurikulum
ü
Struktur
Kurikulum
ü
Beban Belajar
ü
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
ü Kalender
Pendidikan
|
ü Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Isi
ü Adanya
Kerangka dasar Kurikulum pada KTSP
ü Adanya
Struktur Kurikulum pada KTSP
ü Adanya Beban
Mengajar pada KTSP
ü Adanya
Kurikulum Satuan pendidikan pada KTSP
ü Adanya
Kalender Pendidkan/Akademik pada KTSP
|
Monitoring dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Pemeriksaan KTSP
·
Penelaahan KTSP
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 22-2006)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan Instrumen EDS,
·
Instrumen Pemeriksaan dan Penelaahan KTSP
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
Memantau pelaksanaan Standar
Proses
ü
Perencanaan
Proses Pembelajaran
ü Pelaksanaan Proses Pembelajaran
ü
Penilaian Hasil Pembelajaran
|
ü Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Proses
ü Adanya KTSP
Dokumen 2 (Kalender Mapel , Prota,
Prosem, Silabus, RPP, KKM)
ü
Guru
melaksanakan Kagiatan (apersepsi, motivasi, Eksplorasi, Elaborasi,Konfirmasi , PT, KMTT, Refleksi)
ü
Adanya dokumen
Teknik Penilaian, Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/
Pengayaan Analisis Ulangan Harian
|
Monitoring, Kunjungan
Kelas, Studi Dokumen dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 41-2007)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan Instrumen EDS
· Intrumen
Supervisi Pelaksanaan Proses pembelajaran
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
|
Memantau pelaksanaan Standar
Kompetensi Lulusan
ü
SKL Satuan Pendidikan
ü SKL Kelompok Mata
Pelajaran
ü
SKL Mata Pelajaran
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Kompetensi Lulusan
:
ü
Adanya analisi konteks SKL Satuan Pendidikan
ü Adanya analisi konteks SKL
Kelompok Mata Pelajaran (Agama dan
Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi, Estetika, Jasmani Olahraga dan Kesehatan)
ü
Adanya analisi konteks SKL Mata Pelajaran
|
Monitoring , Studi Dokumen dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa Dokumen analisis kontkes
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 23-2006)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Instrumen SKL
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
|
Memantau pelaksanaan Standar
Pendidik dan Tendik :
ü
Standar Kualifikasi Kepala Sekolah
ü
Standar Kompetensi Kepala Sekolah
ü
Standar Kualifikasi Akademik Guru
ü
Standar Kompetensi Guru
ü
Standar
Kualifikasi Tenaga Administrasi Sekolah
ü
Standar
Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah (Kepribadian, Sosial, Teknis)
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Pendidik dan Tendik
:
ü Adannya Dokumen administrasi Pendidik dan tenaga
kependidikan
ü Adanya data pendidik dan Tendik.
ü Adanya dokumen kualifikasi Kepala sekolah, akademik
guru, Tenaga Administrasi sekolah (Kepala Tenaga administrsi, Administrasi
Kepegawaian, Keuangan, Sarpras, Humas, Persuratan/pengarsipan, kurikulum,
kesiswaan, putakawan, laboran dan Layanan Khusus)
ü Adanya dokumen Kompetensi Kepala sekolah, guru,
Tenaga Administrasi sekolah (Kepala Tenaga administrsi, Administrasi
Kepegawaian, Keuangan, Sarpras, Humas, Persuratan/pengarsipan, kurikulum,
kesiswaan, putakawan, laboran dan Layanan Khusus)
|
Monitoring, Studi
Dokumentasi dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa dokumen sekolah.
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 13 2007, 16-2007, 24-2008, 39,2008) pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Intrumen pendidik dan Tendik
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
Memantau pelaksanaan
Standar Sarpras :
ü Lahan/bangunan
ü Kelompok RPU
ü Kelompok RP
ü Kelompok RPK
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Sarana dan Prasarana :
ü Adanya RIPS jangka pendek, menengah dan panjang.
ü Adanya dokumen
inventarisasi Sarpras
ü Adanya dokumen SHM tanah/lahan
ü Adanya dokumen kelomook RPU, RP dan RPK
|
Monitoring, Observasi,
Studi dokumen dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Observasi
·
Memeriksa dokumen inventarisasi sarpras
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 24-2007)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Instrumen Sarpras
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
|
Memantau pelaksanaan Standar
Pengelolaan :
ü
Perencanaan Program
ü
Pelaksanaan Rencana Kerja
ü Pengawasan Dan
Evaluasi
ü Kepemimpinan
Sekolah/Madrasah
ü Sistem
Informasi Manajemen
ü Penilaian
Khusus
ü
Penerimaan
Siswa baru (PSB)
|
Terkumpul data sekolah tentang
pelaksanaan Standar Pengelolaan :
ü Adanya RKS 1 tahunan dan 4 tahunan yeng berdasarkan
SNP
ü Adanya Program Supervisi, Pemantau an, Evaluasi
hasil dan tindak lanjut.
ü Adanya dok. EDS & Skala Prioritas.
ü Adanya dokumen Perencanaan Program Kerja Sekolah
ü Adanya dokumen Pelaksanaan Rencana Kerja sekolah
sesuai dengan Pedoman Pengelolaan Sekolah (KTSP, kalender akademik, Struktur, Pembagian tugas, Peraturan
akademik, tata tertib sekolah dan biaya operasional sekolah)
ü Adanya dokumen Pelaksanaan rencana kerja Bidang Kurikulum,
Kesiswaan, Pendidik dan tendik, Sarpras, Keuangan dan pembiayaan, Budaya dan
lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan.
ü Adanya Administrasi siswa (Buku Induk, Klapper, Buku Mutasi, Catan perkembangan siswa, daftar
Kelas, Laporan bulanan)
ü Adanya dokumen Kepala Sekolah melaksanakan
Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah memiliki Sistim Informasi Manajemen
Sekolah
ü Adanya Administras PSB dengan lengkap dan benar.
ü Jumlah siswa yang diterima sesuai dengan kuota/Daya
tanpung yang ditetapkan.
ü Pelaksanaan & Lap. PSB sesuai dengan Jadwal.
|
Monitoring , Studi
Dokumntasi, Observasi dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa dokumen program sekolah.
·
Memeriksa dokumen pelaksanaan program.
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 19-2007)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Instrumen Pengelolaan
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
|
Memantau pelaksanaan Standar
Pembiayaan :
ü
RAPBS
ü
Buku
kas Umum
ü
Buku
Catatan Investasi sarana dan Prasaran
ü
Laporan
Pertanggung Jawaban
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Pembiayaan
:
ü Adanya RAPBS yang disyahkan menjadi APBS.
ü Adanya dokumen investasi sarpras.
ü Adanya dokumen laporan pertanggung jawaban keuangan.
ü Adanya dokumen keuangan.
|
Monitoring Studi dikumen dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa dokumen keuangan.
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 40-2008)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Instrimen Pembiayaan
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
Memantau pelaksanaan Standar Penilaian
:
ü Penilaian Oleh Pendidik
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Penilaian
:
ü Adanya dokumen pendidik (nilai) dalam melaksanakan Ulangan
Harian
ü Adanya dokumen pendidik (nilai) dalam melaksanakan
Ulangan Tengah Semester
ü Adanya dokumen pendidik (nilai) dalam melaksanakan Ulangan
Semester
ü
|
Monitoring Studi dokumentasi , observasi,
interview dan Evaluasi
|
·
Sosilaisasi
Pengisian Instrumen EDS
·
Sekolah mengisi
Instrumen EDS
·
Analisis hasil
EDS dan mencek kebenaran data
·
Memeriksa dokumen penilaian
|
·
Kumpulan dasar
hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 20-2007)
pelaksanaan 8 SNP
|
·
Rekapitulasi 4 tahap pengembangan
·
Instrumen EDS
·
Instrumen Penilaian
|
·
Melaksanakan MSPD
dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
|
4 . Program Penilaian Kinerja Guru (Tugas Pokok Guru)
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Penilaian
Kinerja Guru
Perencanaan Pembelajaran
|
Menilai kinerja guru dalam merencanakan
pembelajaran
|
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program
Tahunan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program
Semester
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Silabus
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan RPP
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan KKM
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Agenda
Harian Guru
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Jadwal
Tatap Muka
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Absensi
Siswa
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Kalender
Pendidikan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Buku
Nilai
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
dokumen perencanaan pembelajaran yang
telah dibuat oleh guru
Kegiatan Inti
·
Meneliti dan
menilai hasil kerja guru dalam membuat perencanaan pembelajaran
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian adminstrasi perencanaan pembelajaran
Instrumen
Penilaian pembuatan silabus
Instrumen
Penilaian pembuatan RPP
Instrumen
Penilaian pembuatan KKM
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa
kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat
untuk pembuatan program
pengawasan selanjutnya
|
Penilaian
Kinerja Guru
pelaksanaan pembelajaran
|
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan
pembelajaran
|
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang pendahuluan pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang Kegiatan Inti pada
pembelajaran melalui Tatap Muka (TM),
ü Penugasan Terstruktur
(PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
• Eksplorasi
• Elaborasi
• Konfirmasi
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang penutup pembelajaran
|
Visitasi,
Studi Dokumentasi, Observasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
RPP yang akan digunakan oleh guru
Kegiatan Inti
·
Mengobesrvasi dan
mencatat hasil penilaian kemampuan guru melaksanakan pembelajaran
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Kinerja guru melaksanakan pembelajaran
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Penilaian
Kinerja Guru
penilaian pembelajaran
|
Menilai kinerja guru dalam menilai hasil
pembelajaran
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru tentang pembuatan Daftar Nilai sesuai n standar
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan UH, UTS, UAS/ UKK
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Psikomotor
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan Analisis Ulangan Harian
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan Remedial dan Pengayaan
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Instrumen tes setiap KD
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Bank Soal
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Kartu soal
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Analisis Penilaian
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
dokumen yang digunakan oleh guru dalam
penilaian
Kegiatan Inti
·
Meneliti dan
menilai hasil kerja guru dalam memlaksanakan penilaian
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Kinerja guru melaksanakan penilaian
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
Penilaian
Kinerja Guru
tugas tambahan
|
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melatih dan membimbing siswa dalam
Remedial dan pengayaan
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melatih dan membimbing siswa dalam
Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
program yang akan digunakan oleh guru
Kegiatan Inti
·
Mengobesrvasi dan
mencatat hasil penilaian kemampuan guru melatih dan membimbing siswa pada
program remedial atau pengayaan
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Kinerja guru melaksanakan tugas tambahan
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
5. Program Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (Tugas Pokok Kepala Sekolah)
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Penilaian
Kinerja Kepala Sekolah
pengelolaan sekolah
|
Menilai kinerja kepala sekolah pada pengelolaan
sekolah
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pembuatan Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan Rencana Kerja
Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Rencana Kerja
Sekolah
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang
pelaksanaan
Pengawasan dan Evaluasi
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Kepemimpinan Sekolah
|
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
dokumen RKS dan RKJM yang telah dibuat
oleh kepala sekolah
Kegiatan Inti
·
Meneliti dan
menilai RKS dan RKJM yang telah dibuat
oleh kepala sekolah
·
Hasil penilaian dimasukkan
kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah dan guru bersangkutan
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Kinerja kepala sekolah melaksanakan pengelolaan sekolah
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
Pembina Kepala sekolah pada
penerapan Rencana
Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
|
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
|
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar rencana kerja dan
anggaran sekolah
Kegiatan Inti
·
Mengadakan tukar
pendapat tentang pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah
· Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja dan
anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
|
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman
dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
|
Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah
|
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT
|
6. Program Penilaian Pelaksanaan 8
Standar Nasional Pendidikan
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Program
Penilaian
Pelaksanaan 8 SNP
|
Menilai Kinerja Sekolah dalam Melaksanakan
ü
Standar Isi
ü
Standar Proses
ü
Standar
Kompetensi Lulusan
ü
Standar
Pendidik dan Tendik
ü
Standar Sarpras
ü
Srandar
Pengelolaan
ü
Standar
Pembiayaan
ü
Standar
Penilaian
|
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar isi.
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Proses
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Kompetensi lulusan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pendidik dan Tendik
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Sarpras
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pengelolaan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pembiayaan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Penilaian
|
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Pengawas meminta
dokumen yang
berkaitan dengan pelaksanaan 8 SNP
Kegiatan Inti
·
Meneliti dan
menilai dokumen
pelaksanaan 8 SNP
·
Hasil penilaian
dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·
Menyimpulkan hasil
penilaian dan memberitahukan hasil penilaian
kepala sekolah,
Pendidik dan Tendik.
|
Kumpulan
dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
|
Instrumen
Penilaian Pelaksanaan
8 SNP
|
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan
dan kelemahan yang bermanfaat untuk pembuatan program pengawasan selanjutnya
|
7.
Program Pembimbingan dan Pelatihan Profesioanal
Guru dan atau Kepala Sekolah.
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
Pembimbingan & Pelatihan Kasek
melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran
|
Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam melaksanakan Supervisi, Pemantauan dan pembuatan Tindak Lanjut (Kepala
Sekolah)
|
a. Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
b. Kepala sekolah dapat membuat Program Pemantauan
c. Kepala sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan
pemantauan
|
In house training / Pelatihan guru di luar jam
efektif mengajar
|
Hari pertama
Pendahuluan
·
Pengawas
mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·
Mengadakan tanya
jawab seputar peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas melalui
melaksanakan supervisi dan pemantauan pelaksanaan pembelajaran
|
Sumber belajar: Panduan peningkatan kemampuan profesional guru yang dibuat oleh PMPTK,
|
Penilaian
dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti
kegiatan
|
Memotivasi
kepala sekolah untuk membuat program
dan melaksanakan
supervisi
|
Aspek
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Teknik Supervisi
|
Skenario Kegiatan
|
Sumber Daya yang Digunakan
|
Penilaian dan Instrumen
|
RTL
|
|
|
d. Kepala sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan
pemantauan
d. Kepala sekolah dapat membuat program tindak lanjut
|
In house training / Pelatihan guru di luar jam
efektif mengajar
|
Kegiatan Inti
·
Menyajikan makna
dan prinsip-prinsip pelaksanaan supervisi dan pemantauan
pembelajaran
· Memberi contoh-contoh
program dan pelaksanaan supervisi dan pemantauan
pembelajaran
·
Mendiskusikan beberapa
temuan hasil supervisi, pemantuan yang perlu ditindak lanjuti
Penutup
·
Menyimpulkan
pemahaman pelaksanaan supervisi dan pemantauan pembelajaran
·
Memberi tugas
agar kepala sekolah melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran di sekolah masing-masing
|
Alat/media : Laptop, LCD, Alat tulis lainnya
Dana :Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
|
Penilaian
dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti
kegiatan
|
pemantauan pembelajaran
|
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli 2012
Koordinator Pengawas Pengawas Sekolah,
THALIB ALI, S.Pd Drs, P U S P O,
M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar