.

Kamis, 27 Juni 2013

Lamp. RKA/M sem 1

Rencana Kepengawasan Akademik dan Manajerial
Semester : I (satu)
 Tahun Pelajaran : 2012/2013 

Pengawas Sekolah             : Drs. PUSPO,M.Pd.
Sekolah                            : Semua Sekolah Binaan                                                                
Sasaran                            : Kepala Sekolah, Guru & Tendik                                                 
Kab.-Propinsi                  : Labuhanbatu Utara – Sumatera Utara 

1. Program Pembinaan Guru dan/atau Kepala Sekolah
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembinaan Guru dalam menyusun perencanaan Pembelajaran
Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran
ü  Kalender Mapel 
ü  Program Tahunan
ü  Program Semester
ü  Silabus
ü  RPP
ü  KKM
ü  Agenda Harian Guru
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat membuat Kalender Mata Pelajaran
ü   100% guru pada sekolah binaan mempunyai Prota dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat mempunyai Promes dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan  dapat membuat silabus sendiri sesuai  standar proses dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat membuat RPP sesuai standar proses  dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat menentukan KKM sesuai panduan dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat membuat dan mengisi agenda harian yang sesuai dengan pembelajaran dalam KTSP dengan nilai minimal baik
Bimbingan Teknis group Focus Discussioan

Pendahuluan
·   Mengutarakan  tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
·  Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)
·  Mengadakan tukar pendapat tentang adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi sekolah
·  Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di sekolah yang berkaitan dengan adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)

Penutup
·   Menyimpulkan hasil pertemuan
·   Memotivasi guru agar melengkapi adminstrasi perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP dan KKM)   
 Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP

Instrumen
adminstrasi
Perencanaan
Pembelajaran
Dengan skala
likert 1-4
Instrumen
penilaian
silabus
danRPP

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT




Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembinaan  Guru dalam pelaksanaan kegiatan proses pembelaran
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan Pembelajaran :
ü Pandahuluan
ü Kagiatan Inti,
ü Tatap Muka :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
ü PT
ü KMTT
ü Penutup

ü 100% guru dapat melaksanakan pendahuluan apersepsi, Motivasi
ü 100% guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
ü 100% Guru dapat melaksanakan PT
ü 100% Guru dapat melaksanakan Kegiatan KMTT
ü 100% guru dapat mengakhiri Pembelajaran  bentuk rangkuman atau simpul­an, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut

Bimbingan Teknis group Focus Discussioan

Pendahuluan
·   Mengutarakan  tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
·  Pengawas dan kepala sekolah  mengadakan observasi pelaksanaan pembelajaran di salah satu kelas
·   Mengadakan tukar pendapat tentang pelaksanaan pembelajaran  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi  pada saat pembelajaran
·  Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran

Penutup
·   Menyimpulkan hasil pertemuan
·   Memotivasi guru agar  pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan standar proses   
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
Instrumen
administrasi
Pelaksanaan
Pembelajaran
sesuai standar
proses
Dengan skala
likert 1-4

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT

Pembinaan  Guru dalam pelaksanaan penilaian pembelaran
Meningkatkan kompetensi guru dalam menilai proses dan hasil
Pembelajaran :
ü  Teknik Penilaian
ü  Penyusunan Kisi-Kisi Soal
ü  Analisis Butir Soal
ü  Program Remedial
ü  Program Pengayaan
ü  Analisis Ulangan Harian
ü 100% guru dapat melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik
ü 100% guru dapat menyusun kisi-kisi soal sesuai panduan
ü 100% guru dapat menganalisis Butir Soal
ü 100% guru dapat melaksanakan program Remidial dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat melaksanakan pengayaan dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat menganalisis Ulangan Harian

Bimbingan Teknis group Focus Discussioan

Pendahuluan
·   Mengutarakan  tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
·  Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
·  Mengadakan tukar pendapat tentang teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjadi sekolah
·  Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di sekolah yang berkaitan berkaitan teknik penilaian, analisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
Instrumen
administrasi
penilaian
Pembelajaran
sesuai standar
penilaian
Dengan skala
likert 1-4

 Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT



Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL





Penutup
·   Menyimpulkan hasil pertemuan
·   Memotivasi guru agar  menyesuaikan teknik penilaian yang dipilih dengan  aspek yang dinilai, menganalisis hasil penilaian dan pelaksanaan program remedial atau pengayaan



Pembinaan Guru dalam melaksanakan Tugas Tambahan
Meningkatkan kompetensi guru dalam melksanakan tugas tambahan
ü Program Bimbingan Siswa
ü Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel
ü Program Pengembangan diri

ü 100% guru dapat membuat dan memiliki program bimbingan siswa
ü 100% guru dapat membuat program peningkatan mutu
ü 100% guru dapat membuat dan memilki program pengembangan diri
Bimbingan Teknis group Focus Discussioan

Pendahuluan
·   Mengutarakan  tujuan kunjungan
Kegiatan Inti
·  Pengawas mengadakan pembicaraan berkaitan program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler
·  Mengadakan tukar pendapat tentang masalah  program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler  untuk mencari solusi untuk penanganan masalah  yang terjdi  di sekolah
·  Menetapkan cara penangan masalah  yang terjadi di sekolah yang berkaitan program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler

Penutup
·   Menyimpulkan hasil pertemuan
·   Memotivasi guru agar melaksankan  program peningkatan mutu mapel UN dan pengembangan diri melalui BK atau kegiatan ekstrakurikuler
   
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP
Instrumen
administrasi
pelaksanaan kegiatan tambahan
pembelajaran
sesuai standar
penilaian
Dengan skala
likert 1-4
Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT


2. Program Pembinaan  Kepala Sekolah
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembinaan Kepala sekolah pada penerapan standar  pengelolaan
Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan Sekolah :
ü RKS 1 tahunan dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü Pelaksanaan RKS 1 tahuan dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü Pengawasan (supervise) dan Evaluasi Sekolah
ü Kepemimpinan Sekolah
ü Sistem Informasi Manajemen Sekolah
ü  Sekolah memiliki Rencana Kerja Sekolah Tahunan(1 tahun ) dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü  Sekolah melaksanakan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü  Kepala Sekolah memiliki program Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru
ü  Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü  Kepala sekolah memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü  Sekolah memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar rencana kerja sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·  Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan 
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  pembuatan rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·   Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana kerja sekolah jangka pendek dan jangka menengah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·    Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam pendidikan.
·    pedoman, panduan juknis tentang SNP


·    Instrumen
administrasi pengelolaan sekolah

·    Disinkronkan bdengan Kegiatan MGMP/
MKKS/Kegiatan IHT

Pembina Kepala sekolah pada penerapan Rencana Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP

Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar  rencana kerja dan anggaran sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah
·  Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan 
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP

Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT


Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL




Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan
·   Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan



Pembina Kepala sekolah untuk persiapan akreditasi sekolah
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti akreditasi sekolah
ü  Sekolah dapat  mengisi Instrumen Akreditasi Sekolah dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on line
ü  Sekolah melaksanakan 8 SNP  secara kontinyu
ü  Adanya Peningkatan Status Akreditasi.


Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar  persiapan untuk akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
·  Memberi contoh-contoh persiapan untuk akreditasi sekolah 
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
·   Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana persiapan untuk akreditasi sekolah
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP

Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT

Pembina Kepala sekolah melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah. (EDS)
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
ü  Sekolah dapat  mengisi Instrumen EDS sesuai dengan kondisi yang sebenarnya baik secara manual atau system on line
ü  Sekolah dapat menentukan Skala Prioritas.
ü  Sekolah dapat membuat rekondasi sekolah
ü  Adanya TPS dan TPK disekolah.
Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar  persiapan untuk akreditasi sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang persiapan untuk akreditasi sekolah
·  Memberi contoh-contoh persiapan untuk Evaluasi Diri sekolah 
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  tentang persiapan untuk Evaluasi Diri sekolah
·   Memberi tugas agar  kepala sekolah membuat rencana persiapan untuk EDS
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP, SPMP.

Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT

3. Program Pemantauan
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pemantauan  Pelaksanaan 8 Standar  Nasional Pendidikan
Memantau pelaksanaan  Standar Isi
ü Kerangka Dasar Kurikulum
ü Struktur Kurikulum
ü Beban Belajar
ü Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
ü Kalender Pendidikan
ü  Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Isi
ü  Adanya Kerangka dasar Kurikulum pada KTSP
ü  Adanya Struktur  Kurikulum pada KTSP
ü  Adanya Beban Mengajar  pada KTSP
ü  Adanya Kurikulum Satuan pendidikan pada KTSP
ü  Adanya Kalender Pendidkan/Akademik  pada KTSP
Monitoring  dan Evaluasi
·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Pemeriksaan KTSP
·      Penelaahan KTSP


·    Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 22-2006) pelaksanaan 8 SNP
·    Rekapitulasi  4 tahap pengembangan Instrumen EDS,
·    Instrumen Pemeriksaan dan Penelaahan KTSP

·    Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
Memantau pelaksanaan  Standar Proses
ü Perencanaan Proses Pembelajaran
ü Pelaksanaan Proses Pembelajaran
ü Penilaian Hasil Pembelajaran

ü Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Proses
ü Adanya KTSP Dokumen 2   (Kalender Mapel , Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM)
ü Guru melaksanakan Kagiatan (apersepsi, motivasi, Eksplorasi,  Elaborasi,Konfirmasi , PT, KMTT, Refleksi)
ü  Adanya dokumen Teknik Penilaian, Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/ Pengayaan Analisis Ulangan Harian
Monitoring, Kunjungan Kelas, Studi Dokumen  dan Evaluasi
·     Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·     Sekolah mengisi Instrumen EDS
·     Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data

·     Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 41-2007) pelaksanaan 8 SNP
·     Rekapitulasi  4 tahap pengembangan Instrumen EDS
·     Intrumen Supervisi Pelaksanaan Proses pembelajaran

·     Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
Memantau pelaksanaan  Standar Kompetensi Lulusan
ü SKL Satuan Pendidikan
ü SKL Kelompok Mata Pelajaran
ü SKL Mata Pelajaran

Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan :
ü Adanya analisi konteks SKL Satuan Pendidikan
ü Adanya analisi konteks SKL Kelompok Mata Pelajaran (Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Estetika, Jasmani Olahraga dan Kesehatan)
ü Adanya analisi konteks SKL Mata Pelajaran
Monitoring , Studi Dokumen dan Evaluasi
·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Memeriksa Dokumen analisis kontkes

·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 23-2006) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Instrumen SKL

·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan

Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL

Memantau pelaksanaan  Standar Pendidik dan Tendik :
ü Standar Kualifikasi Kepala Sekolah
ü Standar Kompetensi Kepala Sekolah
ü Standar Kualifikasi Akademik Guru
ü Standar Kompetensi Guru
ü Standar Kualifikasi Tenaga Administrasi Sekolah
ü Standar Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah (Kepribadian, Sosial, Teknis)
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pendidik dan Tendik :
ü  Adannya Dokumen administrasi Pendidik dan tenaga kependidikan
ü Adanya data pendidik dan Tendik.
ü Adanya dokumen kualifikasi Kepala sekolah, akademik guru, Tenaga Administrasi sekolah (Kepala Tenaga administrsi, Administrasi Kepegawaian, Keuangan, Sarpras, Humas, Persuratan/pengarsipan, kurikulum, kesiswaan, putakawan, laboran dan Layanan Khusus)
ü Adanya dokumen Kompetensi Kepala sekolah, guru, Tenaga Administrasi sekolah (Kepala Tenaga administrsi, Administrasi Kepegawaian, Keuangan, Sarpras, Humas, Persuratan/pengarsipan, kurikulum, kesiswaan, putakawan, laboran dan Layanan Khusus)
Monitoring, Studi Dokumentasi  dan Evaluasi
·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Memeriksa dokumen sekolah.

·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 13 2007, 16-2007, 24-2008, 39,2008) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Intrumen pendidik dan Tendik

·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
Memantau pelaksanaan  Standar  Sarpras :
ü Lahan/bangunan
ü Kelompok RPU
ü Kelompok RP
ü Kelompok RPK

Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar  Sarana dan Prasarana :
ü  Adanya RIPS jangka pendek, menengah dan panjang.
ü  Adanya dokumen  inventarisasi  Sarpras
ü  Adanya dokumen SHM tanah/lahan
ü  Adanya dokumen kelomook RPU, RP dan RPK
Monitoring, Observasi, Studi dokumen dan Evaluasi
·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Observasi
·      Memeriksa dokumen inventarisasi sarpras

·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 24-2007) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Instrumen Sarpras
·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan


Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL

Memantau pelaksanaan  Standar Pengelolaan :
ü Perencanaan Program
ü Pelaksanaan Rencana Kerja
ü Pengawasan Dan Evaluasi
ü Kepemimpinan Sekolah/Madrasah
ü Sistem Informasi Manajemen
ü Penilaian Khusus
ü Penerimaan Siswa baru (PSB)

Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pengelolaan :
ü Adanya RKS 1 tahunan dan 4 tahunan yeng berdasarkan SNP
ü Adanya Program Supervisi, Pemantau an, Evaluasi hasil dan tindak lanjut.
ü Adanya dok. EDS & Skala Prioritas.
ü Adanya dokumen Perencanaan Program Kerja Sekolah
ü Adanya dokumen Pelaksanaan Rencana Kerja sekolah sesuai dengan Pedoman Pengelolaan Sekolah (KTSP, kalender akademik, Struktur, Pembagian tugas, Peraturan akademik, tata tertib sekolah dan biaya operasional sekolah)
ü Adanya dokumen Pelaksanaan rencana kerja Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan tendik, Sarpras, Keuangan dan pembiayaan, Budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan.
ü Adanya Administrasi siswa (Buku Induk, Klapper, Buku Mutasi, Catan perkembangan siswa, daftar Kelas, Laporan bulanan)
ü Adanya dokumen Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
ü Adanya Administras PSB dengan lengkap dan benar.
ü Jumlah siswa yang diterima sesuai dengan kuota/Daya tanpung yang ditetapkan.
ü Pelaksanaan & Lap.  PSB sesuai dengan Jadwal.
Monitoring , Studi Dokumntasi, Observasi dan Evaluasi

·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Memeriksa dokumen program sekolah.
·      Memeriksa dokumen pelaksanaan program.

·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 19-2007) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Instrumen Pengelolaan

·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan

Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL

Memantau pelaksanaan  Standar Pembiayaan :
ü RAPBS
ü Buku kas Umum
ü Buku Catatan Investasi sarana dan Prasaran
ü Laporan Pertanggung Jawaban
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pembiayaan :
ü Adanya RAPBS yang disyahkan menjadi APBS.
ü Adanya dokumen investasi sarpras.
ü Adanya dokumen laporan pertanggung jawaban keuangan.
ü Adanya dokumen keuangan.
Monitoring  Studi dikumen dan Evaluasi
·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Memeriksa dokumen keuangan.

·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 40-2008) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Instrimen Pembiayaan

·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan
Memantau pelaksanaan  Standar Penilaian
:
ü  Penilaian Oleh Pendidik

Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Penilaian :
ü  Adanya dokumen pendidik (nilai) dalam melaksanakan Ulangan Harian
ü  Adanya dokumen pendidik (nilai) dalam melaksanakan Ulangan Tengah Semester
ü  Adanya dokumen pendidik (nilai) dalam melaksanakan Ulangan Semester
ü   
Monitoring  Studi dokumentasi , observasi, interview dan Evaluasi
·      Sosilaisasi Pengisian Instrumen EDS
·      Sekolah mengisi Instrumen EDS
·      Analisis hasil EDS dan mencek kebenaran data
·      Memeriksa dokumen penilaian

·      Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas no. 20-2007) pelaksanaan 8 SNP
·      Rekapitulasi  4 tahap pengembangan
·      Instrumen EDS
·      Instrumen Penilaian

·      Melaksanakan MSPD dan membuat laporan kepada Dinas Pendidikan















4 . Program Penilaian Kinerja Guru  (Tugas Pokok Guru)
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Penilaian Kinerja Guru Perencanaan Pembelajaran
Menilai kinerja guru dalam merencanakan
pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program Tahunan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program Semester
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Silabus
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan RPP
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan KKM
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Agenda Harian Guru
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Jadwal Tatap Muka
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Absensi Siswa
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Kalender Pendidikan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Buku Nilai
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta dokumen perencanaan pembelajaran yang  telah dibuat oleh guru
Kegiatan Inti
·  Meneliti dan menilai hasil kerja guru dalam membuat perencanaan pembelajaran
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan

Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian adminstrasi perencanaan pembelajaran
Instrumen Penilaian pembuatan silabus
Instrumen Penilaian pembuatan RPP
Instrumen Penilaian pembuatan KKM
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya
Penilaian Kinerja Guru pelaksanaan pembelajaran
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan
pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang pendahuluan pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang  Kegiatan Inti pada pembelajaran melalui Tatap Muka (TM),
ü Penugasan Terstruktur  (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
    Eksplorasi
    Elaborasi
    Konfirmasi
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang penutup pembelajaran
Visitasi, Studi Dokumentasi, Observasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta RPP  yang akan digunakan oleh guru
Kegiatan Inti
·  Mengobesrvasi dan mencatat hasil penilaian kemampuan guru melaksanakan pembelajaran
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan
Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Kinerja guru melaksanakan pembelajaran
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya

Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Penilaian Kinerja Guru penilaian pembelajaran
Menilai kinerja guru dalam menilai hasil
pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan  Daftar Nilai sesuai n standar
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan  UH, UTS, UAS/ UKK
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Psikomotor
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan Analisis Ulangan Harian
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan Remedial dan Pengayaan
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat  Instrumen tes setiap KD
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Bank Soal
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Kartu soal
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Analisis Penilaian
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta dokumen  yang digunakan oleh guru dalam penilaian 
Kegiatan Inti
·  Meneliti dan menilai hasil kerja guru dalam memlaksanakan penilaian
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan

Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Kinerja guru melaksanakan penilaian
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya
Penilaian Kinerja Guru tugas tambahan
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melatih dan membimbing  siswa dalam Remedial dan pengayaan
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melatih dan membimbing  siswa dalam Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta program  yang akan digunakan oleh guru
Kegiatan Inti
·  Mengobesrvasi dan mencatat hasil penilaian kemampuan guru melatih dan membimbing siswa pada program remedial atau pengayaan
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan
Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Kinerja guru melaksanakan tugas tambahan
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya

5. Program Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (Tugas Pokok Kepala Sekolah)
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah pengelolaan sekolah
Menilai kinerja kepala sekolah pada pengelolaan
sekolah


ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang pembuatan Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang  pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang  pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Kepemimpinan Sekolah
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta dokumen RKS dan RKJM yang  telah dibuat oleh kepala sekolah
Kegiatan Inti
·  Meneliti dan menilai RKS dan RKJM yang  telah dibuat oleh kepala sekolah
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah dan guru bersangkutan
Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Kinerja kepala sekolah melaksanakan pengelolaan sekolah
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya
Pembina Kepala sekolah pada penerapan Rencana Keuangan Anggaran Sekolah (RKAS)
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP

Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar  rencana kerja dan anggaran sekolah
Kegiatan Inti
·  Mengadakan tukar pendapat tentang pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah
·  Memberi contoh-contoh pembuatan rencana kerja dan anggaran sekolah untuk pemenuhan 8 standar pendidikan 
Kumpulan
Undang -undang. PP, Permendiknas, Pedoman dalam
pendidikan.
pedoman, panduan juknis
tentang SNP

Instrumen
adminstarsi pengelolaan sekolah

Disinkronkan
dengan Kegiatan
MGMP/
MKKS/
Kegiatan IHT







6. Program Penilaian Pelaksanaan  8 Standar Nasional Pendidikan
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Program Penilaian Pelaksanaan  8 SNP
Menilai Kinerja Sekolah dalam Melaksanakan
ü Standar Isi
ü Standar Proses
ü Standar Kompetensi Lulusan
ü Standar Pendidik dan Tendik
ü Standar Sarpras
ü Srandar Pengelolaan
ü Standar Pembiayaan
ü Standar Penilaian



ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar isi.
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Proses
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Kompetensi lulusan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pendidik dan Tendik
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Sarpras
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pengelolaan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pembiayaan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Penilaian

Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Pengawas meminta dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan  8 SNP
Kegiatan Inti
·  Meneliti dan menilai dokumen pelaksanaan 8 SNP
·  Hasil penilaian dimasukkan kedalam instrumen penilaian yang digunakan
Penutup
·   Menyimpulkan hasil penilaian dan memberitahukan hasil penilaian  kepala sekolah, Pendidik dan Tendik.
Kumpulan dasar hukum (UU, PP, Permen Diknas) pelaksanaan 8 SNP
Instrumen Penilaian Pelaksanaan 8 SNP
Hasil penilaian dianalisis untuk mendiagnosa kelebihan dan kelemahan yang bermanfaat  untuk  pembuatan program pengawasan selanjutnya

7. Program Pembimbingan  dan  Pelatihan Profesioanal Guru dan atau Kepala Sekolah.
Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL
Pembimbingan  & Pelatihan Kasek melaksanakan supervisi dan pemantauan pembelajaran
Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam  melaksanakan Supervisi, Pemantauan  dan pembuatan Tindak Lanjut (Kepala Sekolah)
a. Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
b. Kepala sekolah dapat membuat Program Pemantauan
c. Kepala sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan pemantauan


In house  training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Hari  pertama
Pendahuluan
·   Pengawas mengutarakan tujuan dari pertemuan ini
·   Mengadakan tanya jawab seputar peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas melalui melaksanakan supervisi dan pemantauan  pelaksanaan pembelajaran
Sumber belajar: Panduan peningkatan kemampuan profesional guru  yang dibuat oleh PMPTK,
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan 
Memotivasi kepala sekolah  untuk membuat program dan melaksanakan supervisi

Aspek
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya yang Digunakan
Penilaian dan Instrumen
RTL


d. Kepala sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan pemantauan
d. Kepala sekolah dapat membuat program tindak lanjut
In house  training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Kegiatan Inti
·  Menyajikan makna dan prinsip-prinsip pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran
·  Memberi contoh-contoh  program dan pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran  
·  Mendiskusikan beberapa temuan hasil supervisi, pemantuan yang perlu ditindak lanjuti
Penutup
·   Menyimpulkan pemahaman  pelaksanaan supervisi dan pemantauan  pembelajaran
·   Memberi tugas agar kepala sekolah  melaksanakan supervisi dan pemantauan  pembelajaran  di sekolah  masing-masing
Alat/media : Laptop, LCD, Alat tulis lainnya
Dana :Alokasi dana yang dianggarkan dan sumber lain yang tidak mengikat
Penilaian dilakukan dengan mengunakan daftar /cek list keaktifan mengikuti kegiatan 
pemantauan  pembelajaran

Mengetahui,                                                           Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
            Koordinator Pengawas                                           Pengawas Sekolah,



            THALIB ALI, S.Pd                                                Drs, P U S P O, M.Pd
            NIP.19621231 198803 1 058                                  NIP. 19681012 199702 1 005
 



    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar