PROGRAM
SEMESTER KEPENGAWASAN
SEMESTER II (DUA)
TAHUN PELAJARAN
2012/2013
Nama Sekolah : Semua Sekolah Binaan
Sasaran : Semua Kepala Sekolah, Tenaga
Kependidikan dan atau Guru yang diberikan Tugas Tambahan
Alamat :
Kabupaten Labuhanbatu Utara – Sumatera Utara
Tahun Pelajaran : 2012/2013
A.
Visi
dan Misi Sekolah
No
|
Nama Sekolah
Binaan
|
Alamat
|
Nama Kepala
Sekolah
|
Visi
|
Misi
|
1
|
SMK PP Negeri I Kualuh Selatan
|
Jl.Lintas Sumatera Medan Rantauprapat
Km 228 Gunting Saga
|
Drs.
Dahman Siregar
|
Berprestasi, Beriptek, Berbudaya
berlandaskan Iman dan taqwa
|
ü Meningkatkan
kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai metode dan media
ü Meningkatkan
kegiatan MGMP
ü Melaksanakan
les tambahan sore
ü Melengkapi
sarpras untuk kegiatan teori dan praktik
ü Meningkatkan
penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan cara menyediakan
internet
|
2
|
SMKS Kualuh 1 Aek Kanopan
|
Jl. Angkatan 66 Wonosari Aekkanopan
|
Suri
Iwansyah Psb, SP
|
SMK Sebagai Pusat pendidikan dan Pelatihan Kejuruan
terpadu mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang profesional dan
mampu bersaing atau menciptakan pasar kerja di era globalisasi
|
ü Disiplin belajar dengan memanfaatkan fasilitas
semaksimal mungkin baik disekolah maupun di dunia usaha / industri serta
mampu mengisi dan bersaing pada pasar kerja
|
3
|
SMAS Muhammadiyah 9 Aek Kanopan
|
Jln. Serma Ghazali Sinaga No. 3 Aek
kanopan
|
Totok
Mulyono, SP
|
Tertatanya manajemen dan jaringan
pendidikan yang efektif sebagai gerakan Islam yang maju, professional dan
modern serta untuk meletakkan landasan yang kokoh bagi peningkatan kualitas
pendidikan Muhammadiya.
|
ü Menegakkan
keyakinan Tauhid yang murni
ü Menyebarluaskan
agama Islam yang bersumber kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah
ü Mewujudkan
amal Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat
ü Menjadikan
lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai puast pendidikan dakwah dan
pengkaderan
|
4
|
SMAS Sultan Hasanuddin Aekkanopan
|
Jln. Ghazali Karim No. 48 Aekkanopan
|
M.
Hardin ZH, BSc, S,Pd
|
Sekolah berbasis teknologi Informasi,
mantap dalam Imtak, Unggul dalam Iptek, berprestasi dalam olah raga dan seni
serta berkompetisi dalam menghadapi era global.
|
ü Meningkatkan SDM
pendidik dan kependidikan secara optimal
ü Memanfaatkan
dan memelihara seluruh fasilitas yang telah ada secara efektif
ü Menambah
fasilitas sesuai kebutuhan dan perkembangan dunia pendidikan
ü Menciptakan
suasana pembelajaran kondusif, dinamis, rekreatif, inovatif, dialogis,
komunikatif dan produktif berdasrkan prinsip kekeluargaan
ü Membangun etos
kerja dengan disiplin dan integritas yang tinggi dikalangan pengelola sekolah
dan stakeholder
ü Menumbuh
kembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
ü Mengembangkan
ketrampilan siswa sesuai dengan bakat dan kondisi alam yang dihadapi.
|
B.
Identifikasi
Masalah
1.
Peningkatan
Kualitas dan Kuantitas Penerimaan Siswa baru
2.
Keterlaksanaan
8 Standar Nasional Pendidikan
3.
Keterlaksanaan
Administrasi Sekolah
4.
Keterlaksanaan
Administrasi Ketenagaan
5.
Keterlaksanaan
Evaluasi Diri Sekolah
6.
Keterlaksanaan
Akreditasi Sekolah
7.
Peningkatan
kualitas Karya Tulis Ilmiah (PTK)
C.
Deskripsi
Kegiatan
1. Program Pembinaan Guru dan/atau
Kepala Sekolah
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target
Keberhasilan
|
Indikator
Keberhasilan
|
Metoda Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Mengetahui Persiapan awal Semester 2,
pembagian Pendidik dan Tendik.
|
Kepala Sekolah,waka Bidang Kurikulum
|
Persiapan awal Semester 2 yang
terprogram sehingga dapat terlaksana
dengan baik.
|
ü Adanya
Administrasi dan notulen rapat kerja.
ü Adanya SK
Pembagian Tugas Pendidik dan tendik
ü Adanya program
kerja pendidik dan tendik.
|
Kunjungan sekolah, studi dokumen,
interview.
|
Jan ‘13
|
2
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan
pembelajaran
ü
Kalender Mapel
ü
Program Tahunan
ü
Program Semester
ü
Silabus
ü
RPP
ü
KKM
ü
Agenda Harian Guru
|
Guru
|
Perencanaan pembelajaran sesuai dengan standar isi dan standar proses
|
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat membuat
Kalender Mata Pelajaran
ü
100% guru pada sekolah binaan mempunyai Prota
dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat mempunyai
Promes dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat membuat silabus sendiri sesuai standar proses dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat membuat RPP
sesuai standar proses dengan nilai
minimal baik
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat menentukan KKM
sesuai panduan dengan nilai minimal baik
ü 100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat dan mengisi agenda harian yang sesuai dengan
pembelajaran dalam KTSP dengan nilai minimal baik
|
Bimbingan Teknis
|
Jan’13
|
3
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan
Pembelajaran
:
ü
Pandahuluan
ü
Kagiatan Inti,
ü
Tatap Muka : Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
ü
PT
ü
KMTT
ü
Penutup
|
Guru
|
Pelaksanaan pembelajaran sekolah binaan sesuai dengan standar proses
|
ü
100% guru dapat melaksanakan pendahuluan
apersepsi, Motivasi
ü
100% guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran
: (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
ü
100% Guru dapat melaksanakan PT
ü
100% Guru dapat melaksanakan Kegiatan KMTT
ü
100% guru dapat mengakhiri Pembelajaran bentuk rangkuman atau simpulan,
penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut
|
Bimbingan Teknis
|
Jan
sd Juli ‘13
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
4
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam menilai proses dan
hasil
Pembelajaran :
ü
Teknik Penilaian
ü
Penyusunan Kisi-Kisi Soal
ü
Analisis Butir Soal
ü
Program Remedial
ü
Program Pengayaan
ü
Analisis Ulangan Harian
|
Guru
|
Guru
dapat membuat perangkat penilaian sesuai dengan Teknik penyusunan
isntrumen penilaian serta dapat menganalisis instrument
dan hasil penilaian .
Program remedial dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan
|
ü
100% guru dapat melaksanakan penilaian dengan
berbagai teknik
ü
100% guru dapat menyusun kisi-kisi soal sesuai
panduan
ü 100% guru dapat menganalisis Butir Soal
ü 100% guru dapat melaksanakan program Remidial dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat melaksanakan pengayaan dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat menganalisis Ulangan Harian
|
Bimbingan Teknis
|
Peb
’13
|
5
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan
tugas tambahan
ü
Program Bimbingan Siswa
ü
Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel
ü Program
Pengembangan diri
|
Guru
|
Kegiatan Tambahan dilaksanakan sesuai dengan yang
diprogramkan
|
ü
100% guru dapat membuat dan memiliki program
bimbingan siswa
ü
100% guru dapat membuat program peningkatan mutu
ü 100% guru
dapat membuat dan memilki program pengembangan diri
|
Bimbingan Teknis
|
Mart
’13
|
2. Program Pembinaan
Kepala Sekolah
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan Sekolah :
ü
Pelaksanaan RKS 1 tahuan dan 4 tahunan berdasarkan
8 SNP
ü
Pengawasan (supervise) dan Evaluasi Sekolah
ü
Kepemimpinan Sekolah
ü
Sistem Informasi Manajemen Sekolahsekolah
|
Kepala Sekolah dan TPS
|
ü Pelaksanaan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan 4 Tahun
berdasarkan 8 SNP
ü Pengawasan
(Supervisi) dan Evaluasi kepala sekolah
dilaksanakan secara berkelanjutan
ü Kepemimpinan
sekolah
ü Sistim Informasi Manajemen Sekolah
|
ü Sekolah melaksanakan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan
4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Kepala Sekolah memiliki program Pengawasan (Supervisi)
dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru
ü Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah
memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah
memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
|
Group Focus Discussion/
Bintek di MKKS
|
Jan s.d Juni ‘13
|
2
|
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam merencanakan
keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
|
Kepala Sekolah
dan Bendahara Sekolah
|
RKAS disusun berdasarkan 8 SNP
|
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Jan‘13
|
3. Program Pemantauan
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Memantau pelaksanaan
Standar Proses
ü
Perencanaan Proses Pembelajaran
ü Pelaksanaan
Proses Pembelajaran
ü
Penilaian Hasil
Pembelajaran
|
Guru
|
Mendeskripsikan
pelaksanaan Standar Proses
|
ü Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Proses
ü Adanya KTSP
Dokumen 2 (Kalender Mapel , Prota,
Prosem, Silabus, RPP, KKM)
ü
Guru melaksanakan Kagiatan (apersepsi, motivasi,
Eksplorasi, Elaborasi,Konfirmasi , PT,
KMTT, Refleksi)
ü
Adanya dokumen Teknik Penilaian, Kisi-Kisi Soal,
Analisis Butir Soal, Program Remedial/ Pengayaan Analisis Ulangan Harian
|
Monitoring dan
Evaluasi
|
Jan-Juni ‘13
|
2
|
Memantau pelaksanaan
Standar Kompetensi Lulusan
ü
SKL Satuan Pendidikan
ü SKL Kelompok Mata Pelajaran
ü
SKL Mata Pelajaran
|
Guru
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Kompetensi Lulusan
:
ü
Adanya analisi konteks
SKL Satuan Pendidikan
ü Adanya analisi konteks SKL Kelompok Mata Pelajaran (Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi, Estetika, Jasmani
Olahraga dan Kesehatan)
ü
Adanya analisi konteks
SKL Mata Pelajaran
|
Monitoring dan
Evaluasi
|
Mart ‘13
|
3
|
Memantau pelaksanaan
Standar Pengelolaan :
ü
Pelaksanaan
Rencana Kerja
ü Pengawasan Dan Evaluasi
ü Kepemimpinan Sekolah/Madrasah
ü Sistem Informasi Manajemen
ü Penilaian Khusus
|
Kepala sekolah, pegawai
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Pengelolaan
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pengelolaan :
ü Adanya RKS 1
tahunan dan 4 tahunan yeng berdasarkan SNP
ü Adanya Program
Supervisi, Pemantau an, Evaluasi hasil dan tindak lanjut.
ü Adanya dok.
EDS & Skala Prioritas.
ü Adanya dokumen
Perencanaan Program Kerja Sekolah
ü Adanya dokumen
Pelaksanaan Rencana Kerja sekolah sesuai dengan Pedoman Pengelolaan Sekolah (KTSP, kalender akademik, Struktur,
Pembagian tugas, Peraturan akademik, tata tertib sekolah dan biaya
operasional sekolah)
ü Adanya dokumen
Pelaksanaan rencana kerja Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan tendik,
Sarpras, Keuangan dan pembiayaan, Budaya dan lingkungan sekolah, peran serta
masyarakat dan kemitraan.
ü Adanya
Administrasi siswa (Buku Induk,
Klapper, Buku Mutasi, Catan perkembangan siswa, daftar Kelas, Laporan
bulanan)
ü Adanya dokumen
Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah
memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah
memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Jan & Juni ‘13
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
4
|
Memantau pelaksanaan
Standar Pembiayaan :
ü
RAPBS
ü
Buku kas Umum
ü
Buku Catatan Investasi sarana dan
Prasaran
ü
Laporan Pertanggung Jawaban
|
Kepala sekolah, pegawai
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Pembiayaan
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Pembiayaan
:
ü Adanya RAPBS
yang disyahkan menjadi APBS.
ü Adanya dokumen
investasi sarpras.
ü Adanya dokumen
laporan pertanggung jawaban keuangan.
ü Adanya dokumen
keuangan.
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Juni’13
|
5
|
Memantau pelaksanaan
Standar Penilaian :
ü Prinsip Penilaian
ü Teknik Dan Instrumen Penilaian
ü Mekanisme Dan Prosedur Penilaian
ü
Penilaian Oleh Satuan Pendidikan
ü
Penilaian Oleh Pemerintah
|
Kepala sekolah, guru
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Penilaian
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Penilaian
:
ü Adanya dokumen penilaian sesuai dengan Prinsip
Penilaian
ü Penyusunan instrumen sesuai dengan Teknik Dan
Instrumen Penilaian
ü Penyusunan instrumen sesuai dengan Mekanisme Dan
Prosedur Penilaian
ü Adanya dokumen
sekolah (nilai) dalam melaksanakan Ujian Sekolah
ü
Adanya dokumen sekolah (nilai) dalam melaksanakan
Ujian Nasional
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Jan & Aprl ‘13
|
4. Program Penilian Kinerja Guru (Tugas Pokok Guru)
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Menilai kinerja guru dalam merencanakan
pembelajaran
|
Guru
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam membuat:
ü Program Tahunan
ü Program Semester
ü Silabus
ü RPP
ü KKM
ü Agenda Harian Guru
ü Jadwal Tatap Muka
ü Absensi Siswa
ü Kalender Sekolah
ü Kalender Mapel
ü Buku Nilai
ü Program Remedi & Pengayaan
|
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program
Tahunan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program
Semester
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Silabus
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan RPP dan
Program Remedi & Pengayaan.
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan KKM
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Agenda
Harian Guru
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Jadwal
Tatap Muka
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Absensi
Siswa
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Kalender
Sekolah dan Mapel
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Buku
Nilai
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumen
|
Jan ‘13
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
2
|
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan
pembelajaran
|
Guru
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam
melaksanakan pembelajaran pada kegiatan :
ü Pendahuluan
ü Kegiatan Inti melalui Tatap Muka (TM), Penugasan
Terstruktur (PT) dan Kegiatan Mandiri
Tidak Terstruktur (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
•
Eksplorasi
•
Elaborasi
•
Konfirmasi
ü 3. Penutup
|
ü 1Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang pendahuluan pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang Kegiatan Inti pada
pembelajaran melalui Tatap Muka (TM),
ü Penugasan Terstruktur
(PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
•
Eksplorasi
•
Elaborasi
•
Konfirmasi
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang penutup pembelajaran
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumen
|
Jan sd Jun ‘13
|
3
|
Menilai kinerja guru dalam menilai hasil
pembelajaran
|
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam membuat:
ü
Daftar Nilai sesuai dengan standar penilaian
ü
Melakukan tes dengan UlanganHarian, UTS, UAS/ UKK
ü
melakukan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian ( Afektif )
ü
Melakukan penilaian Psikomotor
ü
Melakukan Analisis Ulangan Harian
ü
Remedial dan Pengayaan
ü
Instrumen tes setiap KD
ü
Bank Soal
ü
Kartu soal
ü
Analisis Penilaian
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru tentang pembuatan Daftar Nilai sesuai n standar
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan UH, UTS, UAS/ UKK
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Psikomotor
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan Analisis Ulangan Harian
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan Remedial dan Pengayaan
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Instrumen tes setiap KD
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Bank Soal
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Kartu soal
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Analisis Penilaian
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Mart &
Juni ‘13
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
4
|
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan
|
Guru
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam:
1. Melatih dan membimbing siswa dalam Remedial dan pengayaan
2. Membimbing siswa dalam
Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melatih dan membimbing siswa dalam
Remedial dan pengayaan
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melatih dan membimbing siswa dalam
Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumen
|
Aprl ’13
|
5. Program Penilian Kinerja Kepala Sekolah (Tugas Pokok
Kepala Sekolah)
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Menilai kinerja kepala sekolah pada pengelolaan
sekolah
|
Kepala Sekolah
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan kepala sekolah
dalam :
ü
berdasarkan 8 SNP
ü
Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
ü
Pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi
ü
Penerapan Kepemimpinan Sekolah
ü
Penyusunan Dokumen I KTSP
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Kepemimpinan Sekolah
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Pelaksanaan Dokumen I KTSP
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumen
|
Peb’ 13
dan
Jan sd Juni ‘13
|
2
|
Menilai kompetensi
kepala sekolah dalam menyusun
rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
|
Kepala Sekolah, Administrasi Keuangan
|
Rencana
Keuangan Anggrana Sekolah (RKAS) tersusun dengan baik sesuai pedoman
|
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Peb ’13
|
3
|
Menilai hasil pengisian Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
|
Kepala Sekolah, TPS, TPK, Komite
|
Intrumen EDS
terisi dengan baik sesuai bukti fisik
|
ü Sekolah dapat mengisi Instrumen EDS sesuai
dengan kondisi yang sebenarnya baik secara manual atau system on line
ü Sekolah dapat
menentukan Skala Prioritas.
ü Sekolah dapat
membuat rekondasi sekolah
ü Adanya TPS dan
TPK disekolah.
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Jan ‘13
|
6. Program Penilaian Pelaksanaan 8
Standar Nasional Pendidikan
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Menilai Kinerja Sekolah dalam Melaksanakan
ü
Standar Isi
ü
Standar Proses
ü
Standar Kompetensi Lulusan
ü
Standar Pendidik dan Tendik
ü
Standar Sarpras
ü
Srandar Pengelolaan
ü
Standar Pembiayaan
ü
Standar Penilaian
|
Kepala Sekolah, Guru, tanaga Kependidikan
|
Pelaksanaan 8 SNP tercapai
|
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar isi.
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Proses
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Kompetensi lulusan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pendidik dan Tendik
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Sarpras
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pengelolaan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pembiayaan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Penilaian
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Juli s.d Des ‘12
|
7.
Program Pembimbingan dan Pelatihan Profesional
Guru dan atau Kepala Sekolah
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Meningkatkan
Kompetensi guru/Kepala Sekolah dalam
penyusunan KTSP Dok.1 &2 serta analisis kontkes dalam pengembangan KTSP
|
Kepala sekolah, guru, DU/DI
|
ü
Pengembangan KTSP Dokumen 1 dan 2 melalui
mekanisme dan muatan sesuai pedoman
|
ü
Semua Kepala
Sekolah dapat mengimplementasikan Standar Pengelolaan
ü
Semua guru dan
Kepala Sekolah dapat mengembangkan KTSP Dok I dan 2.
ü
|
In house training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
|
Peb ‘13
|
2
|
Meningkatkan Kompetensi Guru dalam mengimplentasikan menganalisis Standar
Proses
|
Guru
|
ü
Pegembangan model pembeljaran yang
bervariatif
|
ü
Guru melaksanakan pembelajaran PAIKEM
|
IHT / Pelatihan guru di luar JEM
|
Peb - Mart ‘13
|
3
|
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam mengimplentasi Standar Kompetensi Lulusan
|
Kepala sekolah, guru
|
ü
Peningkatan Nilai Siswa
|
Semua guru mengembangkan Pembelajaran agar siswa memperoleh pengalaman:
ü
berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
ü
menunjukan rasa keingintahuan
ü
menunjukan mengenali gejala alam dan sosial
ü
menggunakan informasi lingkungan sekitar
ü
menunjukan kegemaran membaca
ü
menunjukan kecintaan dan kepedulian lingkungan
ü
menunjukan kemampuan melakukan seni budaya
ü
mematuhi aturan-aturan sosial
ü
menunjukan kecintaan dan menunjukan dan kebanggan terhadap bangsa dan negara
ü
menunjukan kebiasaan hidup sehat dan bersih
ü
menjalankan ajaran agama , menghargai keberagaman
|
In housei
training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
|
Peb - Mart ‘13
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
4
|
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam menilai Proses
dan Hasil Belajar
|
Guru dan Kepala sekolah
|
ü
Pengembangan
instrumen penilaian
berdasarkan.
|
Semua
guru mengembangkan teknik penilaian sesuai dengan aspek yang dinilai dan mensosialisasikannya
pada siswa
|
In housei
training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
|
Peb - Mart ‘13
|
5
|
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam menlaksanakan Penelitian
Tindakan
Kelas (PTK)
|
Guru dan Kepala sekolah
|
ü
Tersusunnya Karya Tulis Ilmiah (PTK)
|
ü Guru/kepala sekolah memahami pengertian, tujuan, ciri, kriteria dan PTK
ü Guru/kepala sekolah dapat mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran
ü Guru/kepala sekolah dapat membuat judul
PTK
ü Guru/kepala sekolah dapat melaksanakan PTK dalam bentuk siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan (Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi)
ü Guru/kepala sekolah dapat menyusun Laporan PTK (terdiri dari 5 Bab dan lampiran).
|
In housei
training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
|
Apr.
‘13
|
6
|
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam menlaksanakan Supervisi, Evaluasi dan Tindak Lanjut (Kepala
Sekolah)
|
Guru dan Kepala Sekolah
|
ü
Program Supervisi
ü
Program Pemantauan yang dibuat sesuai dengan standar pengelolaan
ü
Evaluasi hasil Supervisi dan pemantauan sesuai dengan standar pengelolaan
ü
d. Program tindak lanjut sesuai dengan kebutuhan
|
ü
Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
ü
Kepala sekolah dapat membuat Program Pemantauan
ü
Kepala sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan
pemantauan
ü
Kepala sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan pemantauan
ü
Kepala sekolah dapat membuat
program tindak lanjut
|
In housei
training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
|
Aprl’ 13
|
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli 2012
Koordinator Pengawas Pengawas Sekolah,
THALIB ALI, S.Pd Drs, P U S P O,
M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar