.

Kamis, 27 Juni 2013

Lamp. Prosem II

PROGRAM SEMESTER  KEPENGAWASAN
SEMESTER II (DUA)
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nama Sekolah                     : Semua Sekolah Binaan
Sasaran                                                 : Semua Kepala Sekolah, Tenaga Kependidikan dan atau Guru yang diberikan Tugas Tambahan
Alamat                                  : Kabupaten Labuhanbatu Utara – Sumatera Utara
Tahun Pelajaran                  : 2012/2013

A.      Visi dan Misi Sekolah
No
Nama Sekolah Binaan
Alamat
Nama Kepala Sekolah
Visi
Misi
1
SMK PP Negeri I Kualuh Selatan
Jl.Lintas Sumatera Medan Rantauprapat Km 228 Gunting Saga
Drs. Dahman Siregar
Berprestasi, Beriptek, Berbudaya berlandaskan Iman dan taqwa
ü Meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai metode dan media
ü Meningkatkan kegiatan MGMP
ü Melaksanakan les tambahan sore
ü Melengkapi sarpras untuk kegiatan teori dan praktik
ü Meningkatkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan cara menyediakan internet
2
SMKS Kualuh 1 Aek Kanopan
Jl. Angkatan 66 Wonosari Aekkanopan
Suri Iwansyah Psb, SP
SMK Sebagai Pusat pendidikan dan Pelatihan Kejuruan terpadu mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang profesional dan mampu bersaing atau menciptakan pasar kerja di era globalisasi
ü  Disiplin belajar dengan memanfaatkan fasilitas semaksimal mungkin baik disekolah maupun di dunia usaha / industri serta mampu mengisi dan bersaing pada pasar kerja
3
SMAS Muhammadiyah 9 Aek Kanopan
Jln. Serma Ghazali Sinaga No. 3 Aek kanopan
Totok Mulyono, SP
Tertatanya manajemen dan jaringan pendidikan yang efektif sebagai gerakan Islam yang maju, professional dan modern serta untuk meletakkan landasan yang kokoh bagi peningkatan kualitas pendidikan Muhammadiya.
ü Menegakkan keyakinan Tauhid yang murni
ü Menyebarluaskan agama Islam yang bersumber kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah
ü Mewujudkan amal Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat
ü Menjadikan lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai puast pendidikan dakwah dan pengkaderan
4
SMAS Sultan Hasanuddin Aekkanopan
Jln. Ghazali Karim No. 48 Aekkanopan
M. Hardin ZH, BSc, S,Pd
Sekolah berbasis teknologi Informasi, mantap dalam Imtak, Unggul dalam Iptek, berprestasi dalam olah raga dan seni serta berkompetisi dalam menghadapi era global.
ü Meningkatkan SDM pendidik dan kependidikan secara optimal
ü Memanfaatkan dan memelihara seluruh fasilitas yang telah ada secara efektif
ü Menambah fasilitas sesuai kebutuhan dan perkembangan dunia pendidikan
ü Menciptakan suasana pembelajaran kondusif, dinamis, rekreatif, inovatif, dialogis, komunikatif dan produktif berdasrkan prinsip kekeluargaan
ü Membangun etos kerja dengan disiplin dan integritas yang tinggi dikalangan pengelola sekolah dan stakeholder
ü Menumbuh kembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
ü Mengembangkan ketrampilan siswa sesuai dengan bakat dan kondisi alam yang dihadapi.

B.      Identifikasi Masalah
1.       Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Penerimaan Siswa baru
2.       Keterlaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan
3.       Keterlaksanaan Administrasi Sekolah
4.       Keterlaksanaan Administrasi Ketenagaan
5.       Keterlaksanaan Evaluasi Diri Sekolah
6.       Keterlaksanaan Akreditasi Sekolah
7.       Peningkatan kualitas Karya Tulis Ilmiah (PTK)

C.      Deskripsi Kegiatan
1.  Program Pembinaan Guru dan/atau Kepala Sekolah
No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metoda Kerja
Jadwal
1
Mengetahui Persiapan awal Semester 2, pembagian Pendidik dan Tendik.
Kepala Sekolah,waka Bidang Kurikulum
Persiapan awal Semester 2 yang terprogram sehingga dapat  terlaksana dengan baik.
ü  Adanya Administrasi dan notulen rapat kerja.
ü  Adanya SK Pembagian Tugas Pendidik dan tendik
ü  Adanya program kerja pendidik dan tendik.
Kunjungan sekolah, studi dokumen, interview.
Jan ‘13
2
Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran
ü  Kalender Mapel 
ü  Program Tahunan
ü  Program Semester
ü  Silabus
ü  RPP
ü  KKM
ü  Agenda Harian Guru
Guru
Perencanaan pembelajaran sesuai dengan standar  isi dan standar proses
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat membuat Kalender Mata Pelajaran
ü   100% guru pada sekolah binaan mempunyai Prota dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat mempunyai Promes dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan  dapat membuat silabus sendiri sesuai  standar proses dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat membuat RPP sesuai standar proses  dengan nilai minimal baik
ü   100% guru pada sekolah binaan dapat menentukan KKM sesuai panduan dengan nilai minimal baik
ü  100% guru pada sekolah binaan dapat membuat dan mengisi agenda harian yang sesuai dengan pembelajaran dalam KTSP dengan nilai minimal baik
Bimbingan Teknis
Jan’13
3
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan Pembelajaran :
ü Pandahuluan
ü Kagiatan Inti,
ü Tatap Muka : Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
ü PT
ü KMTT
ü Penutup
Guru
Pelaksanaan pembelajaran sekolah  binaan sesuai dengan standar proses
ü 100% guru dapat melaksanakan pendahuluan apersepsi, Motivasi
ü 100% guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran : (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
ü 100% Guru dapat melaksanakan PT
ü 100% Guru dapat melaksanakan Kegiatan KMTT
ü 100% guru dapat mengakhiri Pembelajaran  bentuk rangkuman atau simpul­an, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut
Bimbingan Teknis
Jan sd Juli ‘13
No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
4
Meningkatkan kompetensi guru dalam menilai proses dan hasil
Pembelajaran :
ü  Teknik Penilaian
ü  Penyusunan Kisi-Kisi Soal
ü  Analisis Butir Soal
ü  Program Remedial
ü  Program Pengayaan
ü  Analisis Ulangan Harian
Guru
Guru dapat membuat perangkat penilaian sesuai dengan Teknik penyusunan isntrumen penilaian serta dapat menganalisis instrument dan hasil penilaian .
Program remedial dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan
ü 100% guru dapat melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik
ü 100% guru dapat menyusun kisi-kisi soal sesuai panduan
ü 100% guru dapat menganalisis Butir Soal
ü 100% guru dapat melaksanakan program Remidial dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat melaksanakan pengayaan dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat menganalisis Ulangan Harian

Bimbingan Teknis
Peb ’13
5
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas tambahan
ü Program Bimbingan Siswa
ü Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel
ü Program Pengembangan diri

Guru
Kegiatan Tambahan dilaksanakan sesuai dengan yang diprogramkan
ü 100% guru dapat membuat dan memiliki program bimbingan siswa
ü 100% guru dapat membuat program peningkatan mutu
ü  100% guru dapat membuat dan memilki program pengembangan diri
Bimbingan Teknis
Mart ’13


2. Program Pembinaan  Kepala Sekolah
No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
1
Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan Sekolah :
ü Pelaksanaan RKS 1 tahuan dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü Pengawasan (supervise) dan Evaluasi Sekolah
ü Kepemimpinan Sekolah
ü Sistem Informasi Manajemen Sekolahsekolah

Kepala Sekolah dan TPS
ü Pelaksanaan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan 4 Tahun berdasarkan 8 SNP
ü  Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi kepala sekolah  dilaksanakan secara berkelanjutan
ü  Kepemimpinan sekolah
ü Sistim Informasi Manajemen Sekolah
ü  Sekolah melaksanakan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü  Kepala Sekolah memiliki program Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru
ü  Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü  Kepala sekolah memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü  Sekolah memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Jan  s.d  Juni ‘13
2
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam merencanakan keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah
RKAS disusun berdasarkan 8 SNP

Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP

Group Focus Discussion/ Bintek di MKKS
Jan‘13
3. Program Pemantauan
No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
1
Memantau pelaksanaan  Standar Proses
ü Perencanaan Proses Pembelajaran
ü Pelaksanaan Proses Pembelajaran
ü Penilaian Hasil Pembelajaran

Guru
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Proses
ü Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Proses
ü Adanya KTSP Dokumen 2   (Kalender Mapel , Prota, Prosem, Silabus, RPP, KKM)
ü Guru melaksanakan Kagiatan (apersepsi, motivasi, Eksplorasi,  Elaborasi,Konfirmasi , PT, KMTT, Refleksi)
ü  Adanya dokumen Teknik Penilaian, Kisi-Kisi Soal, Analisis Butir Soal, Program Remedial/ Pengayaan Analisis Ulangan Harian
Monitoring  dan Evaluasi
Jan-Juni ‘13
2
Memantau pelaksanaan  Standar Kompetensi Lulusan
ü SKL Satuan Pendidikan
ü SKL Kelompok Mata Pelajaran
ü SKL Mata Pelajaran

Guru
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan :
ü Adanya analisi konteks SKL Satuan Pendidikan
ü Adanya analisi konteks SKL Kelompok Mata Pelajaran (Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Estetika, Jasmani Olahraga dan Kesehatan)
ü Adanya analisi konteks SKL Mata Pelajaran
Monitoring  dan Evaluasi
Mart ‘13
3
Memantau pelaksanaan  Standar Pengelolaan :
ü Pelaksanaan Rencana Kerja
ü Pengawasan Dan Evaluasi
ü Kepemimpinan Sekolah/Madrasah
ü Sistem Informasi Manajemen
ü Penilaian Khusus

Kepala sekolah, pegawai
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Pengelolaan
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pengelolaan :
ü Adanya RKS 1 tahunan dan 4 tahunan yeng berdasarkan SNP
ü Adanya Program Supervisi, Pemantau an, Evaluasi hasil dan tindak lanjut.
ü Adanya dok. EDS & Skala Prioritas.
ü Adanya dokumen Perencanaan Program Kerja Sekolah
ü Adanya dokumen Pelaksanaan Rencana Kerja sekolah sesuai dengan Pedoman Pengelolaan Sekolah (KTSP, kalender akademik, Struktur, Pembagian tugas, Peraturan akademik, tata tertib sekolah dan biaya operasional sekolah)
ü Adanya dokumen Pelaksanaan rencana kerja Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan tendik, Sarpras, Keuangan dan pembiayaan, Budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan.
ü Adanya Administrasi siswa (Buku Induk, Klapper, Buku Mutasi, Catan perkembangan siswa, daftar Kelas, Laporan bulanan)
ü Adanya dokumen Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
Monitoring  dan Evaluasi
Jan & Juni ‘13


No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
4
Memantau pelaksanaan  Standar Pembiayaan :
ü RAPBS
ü Buku kas Umum
ü Buku Catatan Investasi sarana dan Prasaran
ü Laporan Pertanggung Jawaban
Kepala sekolah, pegawai
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Pembiayaan
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pembiayaan :
ü Adanya RAPBS yang disyahkan menjadi APBS.
ü Adanya dokumen investasi sarpras.
ü Adanya dokumen laporan pertanggung jawaban keuangan.
ü Adanya dokumen keuangan.
Monitoring  dan Evaluasi
Juni’13
5
Memantau pelaksanaan  Standar Penilaian :
ü  Prinsip Penilaian
ü  Teknik Dan Instrumen Penilaian
ü  Mekanisme Dan Prosedur Penilaian
ü  Penilaian Oleh Satuan Pendidikan
ü  Penilaian Oleh Pemerintah
Kepala sekolah, guru
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Penilaian
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Penilaian :
ü  Adanya dokumen penilaian sesuai dengan Prinsip Penilaian
ü  Penyusunan instrumen sesuai dengan Teknik Dan Instrumen Penilaian
ü  Penyusunan instrumen sesuai dengan Mekanisme Dan Prosedur Penilaian
ü  Adanya dokumen sekolah (nilai) dalam melaksanakan Ujian Sekolah
ü  Adanya dokumen sekolah (nilai) dalam melaksanakan Ujian Nasional
Monitoring  dan Evaluasi
Jan & Aprl ‘13

4. Program Penilian Kinerja Guru (Tugas Pokok Guru)
No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
1
Menilai kinerja guru dalam merencanakan
pembelajaran
Guru
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam membuat:
ü Program Tahunan
ü Program Semester
ü Silabus
ü RPP
ü KKM
ü Agenda Harian Guru
ü Jadwal Tatap Muka
ü Absensi Siswa
ü Kalender Sekolah
ü Kalender Mapel
ü Buku Nilai
ü Program Remedi & Pengayaan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program Tahunan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program Semester
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Silabus
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan RPP dan Program Remedi & Pengayaan.
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan KKM
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Agenda Harian Guru
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Jadwal Tatap Muka
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Absensi Siswa
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Kalender Sekolah dan Mapel
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Buku Nilai
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumen
Jan ‘13





No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
2
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan
pembelajaran
Guru

Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada kegiatan :
ü Pendahuluan
ü Kegiatan Inti melalui Tatap Muka (TM), Penugasan Terstruktur  (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur  (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
       Eksplorasi
       Elaborasi
       Konfirmasi
ü 3. Penutup
ü  1Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang pendahuluan pembelajaran
ü  Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang  Kegiatan Inti pada pembelajaran melalui Tatap Muka (TM),
ü  Penugasan Terstruktur  (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
ü  Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
         Eksplorasi
         Elaborasi
         Konfirmasi
ü  Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan tentang penutup pembelajaran
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumen
Jan sd Jun ‘13
3
Menilai kinerja guru dalam menilai hasil
pembelajaran

Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam membuat:
ü Daftar Nilai sesuai dengan standar penilaian
ü Melakukan tes dengan UlanganHarian, UTS, UAS/ UKK
ü melakukan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian ( Afektif )
ü Melakukan penilaian Psikomotor
ü  Melakukan Analisis Ulangan Harian
ü  Remedial dan Pengayaan
ü Instrumen tes setiap KD
ü Bank Soal
ü Kartu soal
ü Analisis Penilaian
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan  Daftar Nilai sesuai n standar
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan  UH, UTS, UAS/ UKK
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Psikomotor
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan Analisis Ulangan Harian
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melaksanakan Remedial dan Pengayaan
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat  Instrumen tes setiap KD
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Bank Soal
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Kartu soal
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam membuat Analisis Penilaian
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Mart & Juni  ‘13

No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
4
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan
Guru
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam:
1. Melatih dan membimbing  siswa dalam Remedial dan pengayaan
2. Membimbing siswa dalam Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melatih dan membimbing  siswa dalam Remedial dan pengayaan
ü Terkumpul nilai kinerja guru dalam melatih dan membimbing  siswa dalam Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumen
Aprl ’13

5. Program Penilian Kinerja Kepala Sekolah (Tugas Pokok Kepala Sekolah)
No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
1
Menilai kinerja kepala sekolah pada pengelolaan
sekolah


Kepala Sekolah
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan kepala sekolah dalam :
ü berdasarkan  8 SNP
ü Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
ü Pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi
ü Penerapan Kepemimpinan Sekolah
ü Penyusunan Dokumen I KTSP
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang  pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang  pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Kepemimpinan Sekolah
ü Terkumpul nilai kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Pelaksanaan Dokumen I KTSP
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumen
Peb’ 13

dan

Jan sd Juni ‘13
2
Menilai kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
Kepala Sekolah, Administrasi Keuangan
Rencana Keuangan Anggrana Sekolah (RKAS) tersusun dengan baik sesuai pedoman
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP

Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Peb ’13

3
Menilai hasil pengisian Instrumen  Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
Kepala Sekolah, TPS, TPK, Komite
Intrumen EDS terisi dengan baik sesuai bukti fisik
ü  Sekolah dapat  mengisi Instrumen EDS sesuai dengan kondisi yang sebenarnya baik secara manual atau system on line
ü  Sekolah dapat menentukan Skala Prioritas.
ü  Sekolah dapat membuat rekondasi sekolah
ü  Adanya TPS dan TPK disekolah.
Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Jan ‘13

6. Program Penilaian Pelaksanaan  8 Standar Nasional Pendidikan
No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
1
Menilai Kinerja Sekolah dalam Melaksanakan
ü Standar Isi
ü Standar Proses
ü Standar Kompetensi Lulusan
ü Standar Pendidik dan Tendik
ü Standar Sarpras
ü Srandar Pengelolaan
ü Standar Pembiayaan
ü Standar Penilaian
Kepala Sekolah, Guru, tanaga Kependidikan
Pelaksanaan 8 SNP tercapai
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar isi.
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Proses
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Kompetensi lulusan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pendidik dan Tendik
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Sarpras
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pengelolaan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Pembiayaan
ü Terkumpul nilai keterlaksanaan Standar Penilaian

Visitasi, Klarifikasi, Studi Dokumentasi
Juli s.d Des ‘12

7. Program Pembimbingan  dan  Pelatihan Profesional Guru dan atau Kepala Sekolah
No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
1
Meningkatkan Kompetensi guru/Kepala Sekolah  dalam penyusunan KTSP Dok.1 &2 serta analisis kontkes dalam pengembangan KTSP
Kepala sekolah, guru, DU/DI
ü  Pengembangan KTSP Dokumen 1 dan 2 melalui mekanisme dan muatan sesuai pedoman
ü Semua Kepala Sekolah dapat mengimplementasikan Standar Pengelolaan
ü Semua guru dan Kepala Sekolah dapat mengembangkan KTSP Dok I dan 2.
ü   
In house training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Peb ‘13
2
Meningkatkan Kompetensi Guru dalam  mengimplentasikan menganalisis Standar Proses
Guru
ü  Pegembangan model pembeljaran yang bervariatif
ü  Guru melaksanakan pembelajaran PAIKEM
IHT / Pelatihan guru di luar JEM
Peb - Mart ‘13
3
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  mengimplentasi Standar Kompetensi Lulusan
Kepala sekolah, guru
ü Peningkatan Nilai Siswa
Semua guru mengembangkan Pembelajaran agar siswa memperoleh pengalaman:
ü berpikir logis,  kritis, kreatif, dan inovatif
ü menunjukan rasa keingintahuan
ü menunjukan mengenali gejala alam dan sosial
ü menggunakan informasi lingkungan sekitar
ü menunjukan kegemaran membaca
ü menunjukan kecintaan dan kepedulian lingkungan
ü menunjukan kemampuan melakukan seni budaya
ü mematuhi aturan-aturan sosial
ü menunjukan kecintaan dan menunjukan dan kebanggan terhadap bangsa      dan negara
ü menunjukan kebiasaan hidup sehat dan bersih
ü menjalankan ajaran agama , menghargai keberagaman
In housei training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Peb - Mart ‘13

No
Tujuan
Sasaran
Target Keberhasilan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
Jadwal
4
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  menilai Proses
dan Hasil Belajar
Guru dan Kepala sekolah
ü  Pengembangan instrumen penilaian berdasarkan.
Semua guru mengembangkan teknik penilaian sesuai dengan aspek yang dinilai dan mensosialisasikannya pada siswa

In housei training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Peb - Mart ‘13
5
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  menlaksanakan Penelitian
Tindakan
Kelas (PTK)

Guru dan Kepala sekolah
ü  Tersusunnya Karya Tulis Ilmiah (PTK)
ü Guru/kepala sekolah memahami pengertian,   tujuan, ciri, kriteria dan PTK
ü  Guru/kepala sekolah dapat mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran
ü  Guru/kepala sekolah dapat membuat judul PTK
ü Guru/kepala sekolah dapat melaksanakan PTK dalam bentuk siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan (Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi)
ü Guru/kepala sekolah dapat menyusun Laporan PTK (terdiri dari 5 Bab dan lampiran).
In housei training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Apr.  ‘13
6
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam  menlaksanakan Supervisi, Evaluasi dan Tindak Lanjut (Kepala Sekolah)
Guru dan Kepala Sekolah
ü Program Supervisi
ü Program Pemantauan yang dibuat sesuai dengan standar pengelolaan
ü Evaluasi hasil Supervisi dan pemantauan sesuai dengan standar pengelolaan
ü d. Program tindak lanjut sesuai dengan kebutuhan
ü  Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
ü  Kepala sekolah dapat membuat Program Pemantauan
ü  Kepala sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan pemantauan
ü  Kepala sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan pemantauan
ü   Kepala sekolah dapat membuat program tindak lanjut
In housei training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
Aprl’ 13

Mengetahui,                                                                  Labuhanbatu Utara,    Juli  2012
            Koordinator Pengawas                                                  Pengawas Sekolah,



            THALIB ALI, S.Pd                                                      Drs, P U S P O, M.Pd
            NIP.19621231 198803 1 058                                        NIP. 19681012 199702 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar