PROGRAM
SEMESTER KEPENGAWASAN
SEMESTER 1
(SATU)
TAHUN PELAJARAN
2012/2013
Nama Sekolah : Semua Sekolah Binaan
Sasaran : Semua Kepala Sekolah, Tenaga
Kependidikan dan Guru yang diberikan Tugas Tambahan
Alamat :
Kabupaten Labuhanbatu Utara – Sumatera Utara
Tahun Pelajaran : 2012/2013
A.
Visi
dan Misi Sekolah
No
|
Nama Sekolah
Binaan
|
Alamat
|
Nama Kepala
Sekolah
|
Visi
|
Misi
|
1
|
SMK PP Negeri I Kualuh Selatan
|
Jl.Lintas Sumatera Medan Rantauprapat
Km 228 Gunting Saga
|
Drs.
Dahman Siregar
|
Berprestasi, Beriptek, Berbudaya
berlandaskan Iman dan taqwa
|
ü Meningkatkan
kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai metode dan media
ü Meningkatkan
kegiatan MGMP
ü Melaksanakan
les tambahan sore
ü Melengkapi
sarpras untuk kegiatan teori dan praktik
ü Meningkatkan
penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan cara menyediakan
internet
|
2
|
SMKS Kualuh 1 Aek Kanopan
|
Jl. Angkatan 66 Wonosari Aekkanopan
|
Suri
Iwansyah Psb, SP
|
SMK Sebagai Pusat pendidikan dan Pelatihan Kejuruan
terpadu mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang profesional dan
mampu bersaing atau menciptakan pasar kerja di era globalisasi
|
ü Disiplin belajar dengan memanfaatkan fasilitas
semaksimal mungkin baik disekolah maupun di dunia usaha / industri serta
mampu mengisi dan bersaing pada pasar kerja
|
3
|
SMAS Muhammadiyah 9 Aek Kanopan
|
Jln. Serma Ghazali Sinaga No. 3 Aek
kanopan
|
Totok
Mulyono, SP
|
Tertatanya manajemen dan jaringan
pendidikan yang efektif sebagai gerakan Islam yang maju, professional dan
modern serta untuk meletakkan landasan yang kokoh bagi peningkatan kualitas
pendidikan Muhammadiya.
|
ü Menegakkan
keyakinan Tauhid yang murni
ü Menyebarluaskan
agama Islam yang bersumber kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah
ü Mewujudkan
amal Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat
ü Menjadikan
lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai puast pendidikan dakwah dan
pengkaderan
|
4
|
SMAS Sultan Hasanuddin Aekkanopan
|
Jln. Ghazali Karim No. 48 Aekkanopan
|
M.
Hardin ZH, BSc, S,Pd
|
Sekolah berbasis teknologi Informasi,
mantap dalam Imtak, Unggul dalam Iptek, berprestasi dalam olah raga dan seni
serta berkompetisi dalam menghadapi era global.
|
ü Meningkatkan
SDM pendidik dan kependidikan secara optimal
ü Memanfaatkan
dan memelihara seluruh fasilitas yang telah ada secara efektif
ü Menambah
fasilitas sesuai kebutuhan dan perkembangan dunia pendidikan
ü Menciptakan
suasana pembelajaran kondusif, dinamis, rekreatif, inovatif, dialogis,
komunikatif dan produktif berdasrkan prinsip kekeluargaan
ü Membangun etos
kerja dengan disiplin dan integritas yang tinggi dikalangan pengelola sekolah
dan stakeholder
ü Menumbuh
kembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
ü Mengembangkan
ketrampilan siswa sesuai dengan bakat dan kondisi alam yang dihadapi.
|
B.
Identifikasi
Masalah
1.
Peningkatan
Kualitas dan Kuantitas Penerimaan Siswa baru
2.
Keterlaksanaan
8 Standar Nasional Pendidikan
3.
Keterlaksanaan
Administrasi Sekolah
4.
Keterlaksanaan
Administrasi Ketenagaan
5.
Keterlaksanaan
Evaluasi Diri Sekolah
6.
Keterlaksanaan
Akreditasi Sekolah
7.
Peningkatan
kualitas Karya Tulis Ilmiah (PTK)
C.
Deskripsi
Kegiatan
1. Program Pembinaan Guru dan/atau
Kepala Sekolah
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target
Keberhasilan
|
Indikator
Keberhasilan
|
Metoda Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Mengendalikan Pelaksanaan Penerimaan
Siswa baru sesuai dengan Ketentuan
|
Kepala Sekolah, Panitia PSB
|
Pelaksanaan PSB sesuai dengan
ketentuan yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan
|
ü Adanya
Administras PSB dengan lengkap dan benar.
ü Jumlah siswa
yang diterima sesuai dengan kuota/Daya tanpung yang ditetapkan.
ü Pelaksanaan
PSB sesuai dengan Jadwal.
ü Adanya Laporan
PSB
|
Kunjungan sekolah, Interview, observasi
dan studi dokumen
|
Juni & Juli ’12
|
2
|
Mengetahui Persiapan awal tahun
pelajaran, pembagian Pendidik dan Tendik.
|
Kepala Sekolah,waka Bidang Kurikulum
|
Persiapan awal tahun pelajaran yang
terprogram sehingga dapat terlaksana
dengan baik.
|
ü Adanya
Administrasi dan notulen rapat kerja.
ü Adanya SK
Pembagian Tugas Pendidik dan tendik
ü Adanya program
kerja pendidik dan tendik.
|
Kunjungan sekolah, studi dokumen, interview
|
Juli 2012
|
3
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan
pembelajaran
ü
Kalender Mapel
ü
Program Tahunan
ü
Program Semester
ü
Silabus
ü
RPP
ü
KKM
ü
Agenda Harian Guru
|
Guru
|
Perencanaan pembelajaran sesuai dengan standar isi dan standar proses
|
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat membuat
Kalender Mata Pelajaran
ü
100% guru pada sekolah binaan mempunyai Prota
dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat mempunyai
Promes dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat membuat silabus sendiri sesuai standar proses dengan nilai minimal baik
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat membuat RPP
sesuai standar proses dengan nilai
minimal baik
ü
100% guru pada sekolah binaan dapat menentukan KKM
sesuai panduan dengan nilai minimal baik
ü 100% guru pada
sekolah binaan dapat membuat dan mengisi agenda harian yang sesuai dengan
pembelajaran dalam KTSP dengan nilai minimal baik
|
Bimbingan Teknis
|
Juli’12
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target
Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metoda Kerja
|
Jadwal
|
4
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan
Pembelajaran
:
ü
Pandahuluan
ü
Kagiatan Inti,
ü
Tatap Muka : Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
ü
PT
ü
KMTT
ü
Penutup
|
Guru
|
Pelaksanaan pembelajaran sekolah binaan sesuai dengan standar proses
|
ü
100% guru dapat melaksanakan pendahuluan
apersepsi, Motivasi
ü
100% guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran
: (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
ü
100% Guru dapat melaksanakan PT
ü
100% Guru dapat melaksanakan Kegiatan KMTT
ü
100% guru dapat mengakhiri Pembelajaran bentuk rangkuman atau simpulan,
penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut
|
Bimbingan Teknis
|
Juli
sd Des ‘12
|
5
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam menilai proses dan
hasil
Pembelajaran :
ü
Teknik Penilaian
ü
Penyusunan Kisi-Kisi Soal
ü
Analisis Butir Soal
ü
Program Remedial
ü
Program Pengayaan
ü
Analisis Ulangan Harian
|
Guru
|
Guru
dapat membuat perangkat penilaian sesuai dengan Teknik penyusunan
isntrumen penilaian serta dapat menganalisis instrument
dan hasil penilaian .
Program remedial dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan
|
ü
100% guru dapat melaksanakan penilaian dengan
berbagai teknik
ü
100% guru dapat menyusun kisi-kisi soal sesuai
panduan
ü 100% guru dapat menganalisis Butir Soal
ü 100% guru dapat melaksanakan program Remidial dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat melaksanakan pengayaan dengan baik dan benar
ü 100% guru dapat menganalisis Ulangan Harian
|
Bimbingan Teknis
|
Ags
’12
|
6
|
Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan
tugas tambahan
ü
Program Bimbingan Siswa
ü
Program Peningkatan Mutu Lulusan 5 Kel.Mapel
ü Program
Pengembangan diri
|
Guru
|
Kegiatan Tambahan dilaksanakan sesuai dengan yang
diprogramkan
|
ü
100% guru dapat membuat dan memiliki program
bimbingan siswa
ü
100% guru dapat membuat program peningkatan mutu
ü 100% guru
dapat membuat dan memilki program pengembangan diri
|
Bimbingan Teknis
|
Sep’12
|
2. Program Pembinaan
Kepala Sekolah
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan Sekolah :
ü
RKS 1 tahunan dan 4 tahunan berdasarkan 8 SNP
ü
Pelaksanaan RKS 1 tahuan dan 4 tahunan berdasarkan
8 SNP
|
Kepala Sekolah dan TPS
|
ü Rencana Kerja Sekolah Tahunan(1 tahun ) dan Rencana
Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Pelaksanaan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan 4 Tahun
berdasarkan 8 SNP
|
ü Sekolah memiliki Rencana Kerja Sekolah Tahunan(1 tahun
) dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Sekolah melaksanakan Rencana kerja Sekolah 1 tahun dan
4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü Kepala Sekolah memiliki program Pengawasan (Supervisi)
dan Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru
ü Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
juli
s.d Des ‘12
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
|
|
|
ü Pengawasan (Supervisi) dan Evaluasi kepala sekolah dilaksanakan secara berkelanjutan
ü Kepemimpinan sekolah
ü Sistim Informasi Manajemen Sekolah
|
ü Kepala sekolah
memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah
memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
|
|
|
2
|
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam merencanakan
keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
|
Kepsekdan Bendahara Sekolah
|
RKAS disusun berdasarkan 8 SNP
|
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Juli ‘12
|
3
|
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti akreditasi sekolah
|
Kepsekolah ,
pendidik, dan tendik
|
ü Sekolah siap mengikuti Akreditasi Sekolah
ü 8 SNP dipenuhi sekolah
|
ü Sekolah dapat mengisi Instrumen Akreditasi
Sekolah dan melengkapi bukti fisiknya baik secara manual atau system on
line
ü Sekolah melaksanakan 8 SNP secara kontinyu
ü Adanya
Peningkatan Status Akreditasi.
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Agus’12
|
4
|
Menyiapkan sekolah untuk mengikuti melaksanakan
Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
|
Kepsek,pendidik, dan tendik
|
ü Sekolah siap mengikuti Akreditasi Sekolah
ü 8 SNP dipenuhi sekolah
|
ü Sekolah dapat mengisi Instrumen EDS sesuai
dengan kondisi yang sebenarnya baik secara manual atau system on line
ü Sekolah dapat
menentukan Skala Prioritas.
ü Sekolah dapat
membuat rekondasi sekolah
ü Adanya TPS dan
TPK disekolah.
|
Group Focus
Discussion/ Bintek di MKKS
|
Nop ’12
|
3. Program Pemantauan
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Memantau
pelaksanaan Standar Isi
ü
Kerangka Dasar Kurikulum
ü
Struktur Kurikulum
ü
Beban Belajar
ü
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
ü
Kalender Pendidikan
|
Guru
|
Mendeskripsikan
pelaksanaan Standar Isi
|
ü Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Isi
ü Adanya
Kerangka dasar Kurikulum pada KTSP
ü Adanya
Struktur Kurikulum pada KTSP
ü Adanya Beban
Mengajar pada KTSP
ü Adanya
Kurikulum Satuan pendidikan pada KTSP
ü Adanya
Kalender Pendidkan/Akademik pada KTSP
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Juli’ 12
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
2
|
Memantau pelaksanaan
Standar Proses
ü
Perencanaan Proses Pembelajaran
ü Pelaksanaan
Proses Pembelajaran
ü
Penilaian Hasil
Pembelajaran
|
Guru
|
Mendeskripsikan
pelaksanaan Standar Proses
|
ü Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Proses
ü Adanya KTSP
Dokumen 2 (Kalender Mapel , Prota,
Prosem, Silabus, RPP, KKM)
ü
Guru melaksanakan Kagiatan (apersepsi, motivasi,
Eksplorasi, Elaborasi,Konfirmasi , PT,
KMTT, Refleksi)
ü
Adanya dokumen Teknik Penilaian, Kisi-Kisi Soal,
Analisis Butir Soal, Program Remedial/ Pengayaan Analisis Ulangan Harian
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Juli- Des 12
|
3
|
Memantau pelaksanaan
Standar Kompetensi Lulusan
ü
SKL Satuan Pendidikan
ü SKL Kelompok Mata Pelajaran
ü
SKL Mata Pelajaran
|
Guru
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Kompetensi Lulusan
:
ü
Adanya analisi konteks
SKL Satuan Pendidikan
ü Adanya analisi konteks SKL Kelompok Mata Pelajaran (Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi, Estetika, Jasmani
Olahraga dan Kesehatan)
ü
Adanya analisi konteks
SKL Mata Pelajaran
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Sept ‘12
|
4
|
Memantau pelaksanaan
Standar Pendidik dan Tendik :
ü
Standar Kualifikasi
Kepala Sekolah
ü
Standar Kompetensi
Kepala Sekolah
ü
Standar Kualifikasi
Akademik Guru
ü
Standar Kompetensi Guru
ü
Standar Kualifikasi Tenaga Administrasi Sekolah
ü
Standar Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah
(Kepribadian, Sosial, Teknis)
|
Guru, Kepala sekolah, pegawai
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Pendidik dan Tendik
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Pendidik dan Tendik
:
ü Adannya
Dokumen administrasi Pendidik dan tenaga kependidikan
ü Adanya data
pendidik dan Tendik.
ü Adanya dokumen
kualifikasi Kepala sekolah, akademik guru, Tenaga Administrasi sekolah
(Kepala Tenaga administrsi, Administrasi Kepegawaian, Keuangan, Sarpras,
Humas, Persuratan/pengarsipan, kurikulum, kesiswaan, putakawan, laboran dan
Layanan Khusus)
ü Adanya dokumen
Kompetensi Kepala sekolah, guru, Tenaga Administrasi sekolah (Kepala Tenaga
administrsi, Administrasi Kepegawaian, Keuangan, Sarpras, Humas,
Persuratan/pengarsipan, kurikulum, kesiswaan, putakawan, laboran dan Layanan
Khusus)
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Okt ‘12
|
5
|
Memantau pelaksanaan
Standar Sarpras :
ü Lahan/bangunan
ü Kelompok RPU
ü Kelompok RP
ü Kelompok RPK
|
Kepala sekolah, pegawai
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Sarana dan Prasarana
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Sarana dan Prasarana :
ü Adanya RIPS
jangka pendek, menengah dan panjang.
ü Adanya
dokumen inventarisasi Sarpras
ü Adanya dokumen
SHM tanah/lahan
ü Adanya dokumen
kelomook RPU, RP dan RPK
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Nop. 12
|
6
|
Memantau pelaksanaan
Standar Pengelolaan :
ü
Perencanaan
Program
ü
Pelaksanaan
Rencana Kerja
ü Pengawasan Dan Evaluasi
|
Kepala sekolah, pegawai
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Pengelolaan
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar Pengelolaan :
ü Adanya RKS 1
tahunan dan 4 tahunan yeng berdasarkan SNP
ü Adanya Program
Supervisi, Pemantau an, Evaluasi hasil dan tindak lanjut.
ü Adanya dok.
EDS & Skala Prioritas.
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Juli & Des ‘12
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
|
ü
ü Kepemimpinan Sekolah/Madrasah
ü Sistem Informasi Manajemen
ü Penilaian Khusus
|
|
|
ü Adanya dokumen
Perencanaan Program Kerja Sekolah
ü Adanya dokumen
Pelaksanaan Rencana Kerja sekolah sesuai dengan Pedoman Pengelolaan Sekolah (KTSP, kalender akademik, Struktur,
Pembagian tugas, Peraturan akademik, tata tertib sekolah dan biaya
operasional sekolah)
ü Adanya dokumen
Pelaksanaan rencana kerja Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan tendik,
Sarpras, Keuangan dan pembiayaan, Budaya dan lingkungan sekolah, peran serta
masyarakat dan kemitraan.
ü Adanya
Administrasi siswa (Buku Induk,
Klapper, Buku Mutasi, Catan perkembangan siswa, daftar Kelas, Laporan
bulanan)
ü Adanya dokumen
Kepala Sekolah melaksanakan Pengawasan (Supervisi) dan
Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
ü Kepala sekolah
memilki kemampuan menjalankan Kepemimpinan
ü Sekolah
memiliki Sistim Informasi Manajemen Sekolah
|
|
|
7
|
Memantau pelaksanaan
Standar Pembiayaan :
ü
RAPBS
ü
Buku kas Umum
ü
Buku Catatan Investasi sarana dan
Prasaran
ü
Laporan Pertanggung Jawaban
|
Kepala sekolah, pegawai
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Pembiayaan
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Pembiayaan
:
ü Adanya RAPBS
yang disyahkan menjadi APBS.
ü Adanya dokumen
investasi sarpras.
ü Adanya dokumen
laporan pertanggung jawaban keuangan.
ü Adanya dokumen
keuangan.
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Des’12
|
8
|
Memantau pelaksanaan
Standar Penilaian :
ü Penilaian Oleh Pendidik
|
Kepala sekolah, guru
|
Mendeskripsikan pelaksanaan Standar Penilaian
|
Terkumpul data sekolah tentang pelaksanaan Standar
Penilaian
:
ü Adanya dokumen
pendidik (nilai) dalam melaksanakan Ulangan Harian
ü Adanya dokumen
pendidik (nilai) dalam melaksanakan Ulangan Tengah Semester
ü Adanya dokumen
pendidik (nilai) dalam melaksanakan Ulangan Semester
ü
|
Monitoring dan Evaluasi
|
Ags-Okt & Des
|
4. Program Penilian Kinerja Guru (Tugas Pokok Guru)
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Menilai kinerja guru dalam merencanakan
pembelajaran
|
Guru
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam membuat:
ü Program Tahunan
ü Program Semester
ü Silabus
ü RPP
ü KKM
ü Agenda Harian Guru
ü Jadwal Tatap Muka
ü Absensi Siswa
ü Kalender Sekolah
ü Kalender Mapel
ü Buku Nilai
ü Program Remedi & Pengayaan
|
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program
Tahunan
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Program
Semester
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Silabus
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan RPP dan
Program Remedi & Pengayaan.
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan KKM
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Agenda
Harian Guru
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Jadwal
Tatap Muka
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Absensi
Siswa
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Kalender
Sekolah dan Mapel
ü Terkumpul nilai kinerja guru tentang pembuatan Buku
Nilai
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumen
|
Juli ‘12
|
2
|
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan
pembelajaran
|
Guru
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam
melaksanakan pembelajaran pada kegiatan :
ü Pendahuluan
ü Kegiatan Inti melalui Tatap Muka (TM), Penugasan
Terstruktur (PT) dan Kegiatan Mandiri
Tidak Terstruktur (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
•
Eksplorasi
•
Elaborasi
•
Konfirmasi
ü 3. Penutup
|
ü 1Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang pendahuluan pembelajaran
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang Kegiatan Inti pada
pembelajaran melalui Tatap Muka (TM),
ü Penugasan Terstruktur
(PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
ü Kegiatan tatap muka dilakukan melalui
•
Eksplorasi
•
Elaborasi
•
Konfirmasi
ü Terkumpul nilai kinerja guru melaksanakan kegiatan
tentang penutup pembelajaran
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumen
|
Juli sd Des ‘12
|
3
|
Menilai kinerja guru dalam menilai hasil
pembelajaran
|
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam membuat:
ü
Daftar Nilai sesuai dengan standar penilaian
ü
Melakukan tes dengan
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru tentang pembuatan Daftar Nilai sesuai n standar
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan UH, UTS, UAS/ UKK
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Sep & Des ‘12
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
3
|
|
|
UlanganHarian, UTS, UAS/ UKK
ü
melakukan penilaian Ahlak Mulia dan Kepribadian ( Afektif )
ü
Melakukan penilaian Psikomotor
ü
Melakukan Analisis Ulangan Harian
ü
Remedial dan Pengayaan
ü
Instrumen tes setiap KD
ü
Bank Soal
ü
Kartu soal
ü
Analisis Penilaian
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan penilaian Psikomotor
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan Analisis Ulangan Harian
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melaksanakan Remedial dan Pengayaan
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Instrumen tes setiap KD
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Bank Soal
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Kartu soal
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam membuat Analisis Penilaian
|
|
|
4
|
Menilai kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan
|
Guru
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan guru dalam:
ü
Melatih dan membimbing siswa dalam
Remedial dan pengayaan
ü
2. Membimbing siswa dalam Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan
Ekstra Kurikuler
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melatih dan membimbing siswa dalam
Remedial dan pengayaan
ü
Terkumpul nilai
kinerja guru dalam melatih dan membimbing siswa dalam
Pengembangan Diri melalui BK dan Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Okt’12
|
5. Program Penilian Kinerja Kepala Sekolah (Tugas Pokok
Kepala Sekolah)
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Menilai kinerja kepala sekolah pada pengelolaan
sekolah
|
Kepala Sekolah
|
Terdeteksi kelebihan dan kekurangan kepala sekolah
dalam :
ü
Pembuatan Rencana Kerja Sekolah 1
tahun dan Rencana Kerja Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü
Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah
|
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pembuatan Rencana Kerja Sekolah 1 tahun dan Rencana Kerja
Sekolah 4 tahun berdasarkan 8 SNP
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Rencana Kerja
Sekolah
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Kepemimpinan Sekolah
ü
Terkumpul nilai
kinerja kepala sekolah tentang pelaksanaan Pelaksanaan Dokumen I KTSP
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Agst ‘12
Okt’ 12
Juli sd Des ‘2
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
|
|
|
ü
Pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi
ü
Penerapan Kepemimpinan Sekolah
ü
Penyusunan Dokumen I KTSP
|
ü
|
|
|
2
|
Meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana keuangan
anggaran sekolah
(RKAS)
|
Kepala Sekolah, Administrasi Keuangan
|
Rencana
Keuangan Anggrana Sekolah (RKAS) tersusun dengan baik sesuai pedoman
|
Sekolah memiliki RKAS berdasarkan 8 SNP
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Agus ’12
|
6. Program Penilaian Pelaksanaan 8
Standar Nasional Pendidikan
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Menilai Kinerja Sekolah dalam Melaksanakan
ü
Standar Isi
ü
Standar Proses
ü
Standar Kompetensi Lulusan
ü
Standar Pendidik dan Tendik
ü
Standar Sarpras
ü
Srandar Pengelolaan
ü
Standar Pembiayaan
ü
Standar Penilaian
|
Kepala Sekolah, Guru, tanaga Kependidikan
|
Pelaksanaan 8 SNP tercapai
|
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar isi.
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Proses
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Kompetensi lulusan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pendidik dan Tendik
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Sarpras
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pengelolaan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Pembiayaan
ü
Terkumpul nilai keterlaksanaan
Standar Penilaian
|
Visitasi,
Klarifikasi, Studi Dokumentasi
|
Juli s.d Des ‘12
|
7.
Program Pembimbingan dan Pelatihan Guru dan atau Kepala Sekolah
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
1
|
Meningkatkan Kompetensi Guru/ Kepala Sekolah dalam menlaksanakan Supervisi, Evaluasi dan Tindak Lanjut (Kepala
Sekolah)
|
Guru dan Kepala Sekolah
|
ü
Program Supervisi
ü
Program Pemantauan yang dibuat sesuai dengan standar pengelolaan
|
ü
Kepala sekolah dapat membuat Program Supervisi
ü
Kepala sekolah dapat membuat Program Pemantauan
ü
Kepala sekolah dapat melaksanakan Evaluasi Supervisi dan
pemantauan
ü
Kepala sekolah dapat mengevaluasi hasil Supervisi dan pemantauan
ü
Kepala sekolah dapat membuat
program tindak lanjut
|
In housei
training / Pelatihan guru di luar jam efektif mengajar
|
Okt ‘12
|
No
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target Keberhasilan
|
Indikator Keberhasilan
|
Metode Kerja
|
Jadwal
|
|
|
|
ü
Evaluasi hasil Supervisi dan pemantauan sesuai dengan standar pengelolaan
ü
d. Program tindak lanjut sesuai dengan kebutuhan
|
|
|
|
Mengetahui, Labuhanbatu Utara, Juli 2012
Koordinator Pengawas Pengawas Sekolah,
THALIB ALI, S.Pd Drs, P U S P O,
M.Pd
NIP.19621231 198803 1 058 NIP. 19681012 199702 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar