.

Rabu, 03 Juli 2013

lAMP. 8 SNP 1



INSTRUMEN SUPERVISI 8 SNP
STANDAR ISI DAN SKL
Nama Sekolah                                        : ………………………………………..
Nama Kepala Sekolah                           : ………………………………………..
Alamat Sekolah                                     : ………………………………………..

No.
Aspek
No.
Indikator dan Sub Indikator
Skor
0
1
2
3
4
1
Kepemilikan Dokumen
1
Dokumen KTSP berlaku dengan disyahkan Kepala Sekolah dengan pertimbangan Komite dan diketahui Dinas Pendidikan Propinsi





2
KTSP disusun dengan memperhatikan acuan yang terdiri atas :
a.  Agama
b. Peningkatan imatq serta akhlak mulia
c.  Persatuan nasional dan persatuan bangsa
d. Tuntutan pembangunan daerah
e.  Peningkatan potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
f.   Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
g.  Perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni
h. Dinamika perkembangan global
i.   Kondisi social, budaya masyarakat setempat
j.   Tuntutan dunia kerja
k.  Kesetaraan jender
l.    Karakteristik satuan pendidikan





2
Komponen KTSP
3
Proses penyusunan dokumen
a.  Membentuk tim KTSP disertai uraian tugas masing-masing
b. Menyusun program dan jadwal kerja tim penyusun
c.  Menyusun analisis konteks dan menyusun hasil analisis
d. Profil kondisi satuan pendidikan
e.  Deskripsi peluang dan tantangan
f.   Menganalisis peluang dan tantangan





4
1. Visi, Misi dan Tujuan Satuan pendidikan dan strategi yang mencerminkan upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik, yang didukung suasana belajar dan suasana sekolah yang kondusif





2. Struktur dan muatan KTSP mencakup :
a.  Mata pelajaran dan alokasi waktu
b. Program muatan local
c.  Kegiatan pengembangan diri
d. Pengaturan beban belajar
e.  Ketuntasan belajar dengan mempertimbangkan PD
f.   Ketuntasan belajar dengan dilengkapi rencana pencapaian ketuntasan ideal
g.  Criteria ketuntasan diatas rata-rata standar nasional
h. Criteria penjurusan dengan mempertimbangkan bakat
i.   Ketentuan mutasi peserta didik
j.   Pendidikan kecakapan hidup
k.  Pendidikan berbasis keunggulan local dan global.





3. Kalender Pendidikan





4. Penyusunan pengembangan silabus
a.  Disususn /dikembangkan secara mandiri
b. Mengkaji subtansi SK/KD pada standar isi
c.  Melakukan pemetaan standar isi untuk analisis SK/KD
d. Disusun /dikembangkan melalui proses penjabaran SK/KD menjadi indikator, MP, KP (TM, PT, KMTT) dan jenis penilaian (tes,PT, KMTT, pengamatan)
e.  Mencakup seluruh mata pelajaran
f.   Memanfaatkan berbagai panduan dan contoh silabus
g.  Sekolah member pengalaman belajar yang luas kepada siswa
h. Guru mampu merancang berbagai model pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu
i.   Guru mampu menerapkan berbagai model pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu





5.Ada program peningkatan mutu lulusan untuk :
a.  Program kegiatan peningkatan mutu lulusan mata pelajaran akhlak mulia yang minimal diikuti 90% jumlah siswa.
b. Program kegiatan peningkatan mutu lulusan pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian yang minimal diikuti 90% jumlah siswa.
c.  Program kegiatan peningkatan mutu lulusan mata pelajaran IPTEK  yang minimal diikuti 90% jumlah siswa.
d. Program kegiatan peningkatan mutu lulusan mata pelajaran Seni budaya dan estetika  yang minimal diikuti 90% jumlah siswa.
e.  Program kegiatan peningkatan mutu lulusan mata pelajaran olah raga dan kesehatan  yang minimal diikuti 90% jumlah siswa.





Jumlah






Kesimpulan :

Saran :

Tindak Lanjut :

 
Jumlah Skor :  ………………………………                                                        NILAI                     : ……………………
Nilai :                                                                          KRITERIA              : ……………………
Keterangan : Skor                    86 – 100%               baik sekali                               Pengawas Pembina,
                                                71 – 85%                 baik
                                                55 – 70%                 cukup
>55%              kurang    
                                                                        Drs. Puspo, M.Pd
                                                                        NIP. 19681012 199702 1 005



NSTRUMEN SUPERVISI 8 SNP
STANDAR PROSES
Nama Sekolah                                        : ………………………………………..
Nama Kepala Sekolah                           : ………………………………………..
Alamat Sekolah                                     : ………………………………………..

No.
Aspek
No.
Indikator dan Sub Indikator
Skor
0
1
2
3
4
1
Perangkat pembelajaran
1
Ada RPP yang dikembangkan dari silabus oleh setiap guru yang sesuai dengan standar proses





2
Subtansi RPP sekurang-kurangnya memuat materi, metode, kegiatan pembelajaran (TM, PT & KMTT, eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi) sumber belajar dan penilaian hasil belajar (tes, PT& KMTT)





3
Penyusunan RPP sudah menggunakan prinsip perbedaan individu peserta didik dan menerapkan TI dan komunikasi





4
Ada pengembangan bahan ajar dalam bentuk cetakan (modul, hand out, lks dll)





5
Ada pengembangan bahan ajar dalam bentuk audia, visual dan audio visual





2
Proses pembelajaran
6
Ada pengembangan bahan ajar dalam bentuk berbasis TIK, multimedia, CD, interaktif dan computer based





7
Menerapkan 4 persyaratan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut





8
Menerapkan pendekatan TM, PT dan KMTT





9
Dilakukan guru melalui langkahlangkah pembelajaran yang meliputi pembukaan, kegiatan inti (eks, ela dan konfir) dan penutup





10
Pindah ruang (moving class) sehingga diperlukan kelas maple





11
Guru menyediakan jadwal untuk konsultasi maple





12
Tersusunnya jadwal pemanfaatan laboratorium





13
Ada kegiatan TM, PT dan KMTT





14
Ada penasehat akademik yang dapat mendeteksi potensi peserta didik





15
Ada program remedial sepanjang semester





16
Menggunakan pembelajaran berbasis TIK





17
Diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menantang, menyenangkan, memotivasi peserta didik untuk aktif





18
Proses pembelajaran mendorong prakarsa kreatif dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik





19
Pelaksanaan proses pembelajaran mempertimbangkan jumlah maximal peserta didik perkelas, dan beban mengajar maximal perpendidik, rasio buku, rasio jumlah peserta didik perpendidik





20
Setaip pembelajran dikembangkan dengan budaya membaca dan menulis





21
Setiap pendidik menerapkan aspek keteladanan dalam setiap proses pembelajaran





22
Proses pembelajaran dilakukan secara terprogram dan interaktif dan itensif melalui pemantauan, supervise, evaluasi,  dan pengambilan langkah tindak lanjut yang diperlukan





 
Jumlah Skor :  ………………………………                                                                                   NILAI                      : ……………………
Nilai :                                                                                          KRITERIA               : ……………………
Keterangan : Skor                 86 – 100%             baik sekali                                              Pengawas Pembina,
                                                71 – 85%               baik
                                                55 – 70%               cukup
>55%             kurang   
                                                                                        Drs. Puspo, M.Pd
                                                                                        NIP. 19681012 199702 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar