INSTRUMEN
SUPERVISI 8 SNP
STANDAR
ISI DAN SKL
Nama Sekolah :
………………………………………..
Nama Kepala
Sekolah :
………………………………………..
Alamat
Sekolah :
………………………………………..
No.
|
Aspek
|
No.
|
Indikator
dan Sub Indikator
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kepemilikan Dokumen
|
1
|
Dokumen KTSP berlaku dengan disyahkan Kepala Sekolah dengan
pertimbangan Komite dan diketahui Dinas Pendidikan Propinsi
|
|
|
|
|
|
2
|
KTSP disusun dengan memperhatikan acuan yang terdiri atas :
a.
Agama
b.
Peningkatan
imatq serta akhlak mulia
c.
Persatuan
nasional dan persatuan bangsa
d.
Tuntutan
pembangunan daerah
e.
Peningkatan
potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan
kemampuan peserta didik.
f.
Keragaman
potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
g.
Perkembangan
ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni
h.
Dinamika
perkembangan global
i.
Kondisi
social, budaya masyarakat setempat
j.
Tuntutan
dunia kerja
k.
Kesetaraan
jender
l.
Karakteristik satuan pendidikan
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Komponen KTSP
|
3
|
Proses penyusunan dokumen
a.
Membentuk
tim KTSP disertai uraian tugas masing-masing
b.
Menyusun
program dan jadwal kerja tim penyusun
c.
Menyusun
analisis konteks dan menyusun hasil analisis
d.
Profil
kondisi satuan pendidikan
e.
Deskripsi
peluang dan tantangan
f.
Menganalisis
peluang dan tantangan
|
|
|
|
|
|
4
|
1.
Visi, Misi
dan Tujuan Satuan pendidikan dan strategi yang mencerminkan upaya untuk
meningkatkan kualitas peserta didik, yang didukung suasana belajar dan
suasana sekolah yang kondusif
|
|
|
|
|
|
||
2.
Struktur
dan muatan KTSP mencakup :
a.
Mata pelajaran
dan alokasi waktu
b.
Program
muatan local
c.
Kegiatan
pengembangan diri
d.
Pengaturan
beban belajar
e.
Ketuntasan
belajar dengan mempertimbangkan PD
f.
Ketuntasan
belajar dengan dilengkapi rencana pencapaian ketuntasan ideal
g.
Criteria
ketuntasan diatas rata-rata standar nasional
h.
Criteria
penjurusan dengan mempertimbangkan bakat
i.
Ketentuan
mutasi peserta didik
j.
Pendidikan
kecakapan hidup
k.
Pendidikan
berbasis keunggulan local dan global.
|
|
|
|
|
|
|||
3.
Kalender
Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|||
4.
Penyusunan
pengembangan silabus
a.
Disususn /dikembangkan
secara mandiri
b.
Mengkaji
subtansi SK/KD pada standar isi
c.
Melakukan
pemetaan standar isi untuk analisis SK/KD
d.
Disusun
/dikembangkan melalui proses penjabaran SK/KD menjadi indikator, MP, KP (TM,
PT, KMTT) dan jenis penilaian (tes,PT, KMTT, pengamatan)
e.
Mencakup
seluruh mata pelajaran
f.
Memanfaatkan
berbagai panduan dan contoh silabus
g.
Sekolah
member pengalaman belajar yang luas kepada siswa
h.
Guru mampu
merancang berbagai model pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu
i.
Guru mampu
menerapkan berbagai model pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu
|
|
|
|
|
|
|||
5.Ada program peningkatan mutu
lulusan untuk :
a.
Program
kegiatan peningkatan mutu lulusan mata pelajaran akhlak mulia yang minimal
diikuti 90% jumlah siswa.
b.
Program
kegiatan peningkatan mutu lulusan pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian
yang minimal diikuti 90% jumlah siswa.
c.
Program
kegiatan peningkatan mutu lulusan mata pelajaran IPTEK yang minimal diikuti 90% jumlah siswa.
d.
Program
kegiatan peningkatan mutu lulusan mata pelajaran Seni budaya dan
estetika yang minimal diikuti 90%
jumlah siswa.
e.
Program
kegiatan peningkatan mutu lulusan mata pelajaran olah raga dan kesehatan yang minimal diikuti 90% jumlah siswa.
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
||
Kesimpulan :
|
|
|||||||
Saran :
|
|
|||||||
Tindak Lanjut :
|
|
Jumlah
Skor : ……………………………… NILAI
: ……………………
Nilai
:
KRITERIA
: ……………………
Keterangan
: Skor 86 – 100% baik
sekali Pengawas
Pembina,
71
– 85% baik
55
– 70% cukup
>55% kurang
Drs.
Puspo, M.Pd
NIP.
19681012 199702 1 005
NSTRUMEN
SUPERVISI 8 SNP
STANDAR
PROSES
Nama Sekolah :
………………………………………..
Nama Kepala Sekolah :
………………………………………..
Alamat Sekolah :
………………………………………..
No.
|
Aspek
|
No.
|
Indikator
dan Sub Indikator
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Perangkat pembelajaran
|
1
|
Ada RPP yang dikembangkan dari silabus oleh setiap guru yang
sesuai dengan standar proses
|
|
|
|
|
|
2
|
Subtansi RPP sekurang-kurangnya memuat materi, metode, kegiatan
pembelajaran (TM, PT & KMTT, eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi) sumber
belajar dan penilaian hasil belajar (tes, PT& KMTT)
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Penyusunan RPP sudah menggunakan prinsip perbedaan individu
peserta didik dan menerapkan TI dan komunikasi
|
|
|
|
|
|
||
4
|
Ada pengembangan bahan ajar dalam bentuk cetakan (modul, hand
out, lks dll)
|
|
|
|
|
|
||
5
|
Ada pengembangan bahan ajar dalam bentuk audia, visual dan audio
visual
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Proses pembelajaran
|
6
|
Ada pengembangan bahan ajar dalam bentuk berbasis TIK,
multimedia, CD, interaktif dan computer based
|
|
|
|
|
|
7
|
Menerapkan 4 persyaratan yaitu : perencanaan, pelaksanaan,
penilaian dan tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
||
8
|
Menerapkan pendekatan TM, PT dan KMTT
|
|
|
|
|
|
||
9
|
Dilakukan guru melalui langkahlangkah pembelajaran yang meliputi
pembukaan, kegiatan inti (eks, ela dan konfir) dan penutup
|
|
|
|
|
|
||
10
|
Pindah ruang (moving class) sehingga diperlukan kelas maple
|
|
|
|
|
|
||
11
|
Guru menyediakan jadwal untuk konsultasi maple
|
|
|
|
|
|
||
12
|
Tersusunnya jadwal pemanfaatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
||
13
|
Ada kegiatan TM, PT dan KMTT
|
|
|
|
|
|
||
14
|
Ada penasehat akademik yang dapat mendeteksi potensi peserta
didik
|
|
|
|
|
|
||
15
|
Ada program remedial sepanjang semester
|
|
|
|
|
|
||
16
|
Menggunakan pembelajaran berbasis TIK
|
|
|
|
|
|
||
17
|
Diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menantang,
menyenangkan, memotivasi peserta didik untuk aktif
|
|
|
|
|
|
||
18
|
Proses pembelajaran mendorong prakarsa kreatif dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik
|
|
|
|
|
|
||
19
|
Pelaksanaan proses pembelajaran mempertimbangkan jumlah maximal
peserta didik perkelas, dan beban mengajar maximal perpendidik, rasio buku,
rasio jumlah peserta didik perpendidik
|
|
|
|
|
|
||
20
|
Setaip pembelajran dikembangkan dengan budaya membaca dan
menulis
|
|
|
|
|
|
||
21
|
Setiap pendidik menerapkan aspek keteladanan dalam setiap proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
||
22
|
Proses pembelajaran dilakukan secara terprogram dan interaktif
dan itensif melalui pemantauan, supervise, evaluasi, dan pengambilan langkah tindak lanjut yang
diperlukan
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor : ……………………………… NILAI
: ……………………
Nilai :
KRITERIA :
……………………
Keterangan : Skor 86 – 100% baik sekali Pengawas
Pembina,
71
– 85% baik
55
– 70% cukup
>55% kurang
Drs.
Puspo, M.Pd
NIP.
19681012 199702 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar