.

Jumat, 28 Juni 2013

Lamp. Instrumen KTSP



Instrumen Pemeriksaan
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara
Nama Sekolah              :       ___________________________________________________________________________________________
Alamat                             :       ___________________________________________________________________________________________
Tanggal Diperiksa       :       ___________________________________________________________________________________________

Isi Dokumen Kurikulum                                                                                                         T = lengkap dan TL = tidak lengkap
No
Komponen dan Aspek
Indikator
Kelengkapan
Catatan Pemeriksa
L
TL
I.
PENDAHULUAN


A.      Pendahuluan
Terdapat dalam Panduan Penyusunan KTSP (BSNP)



B.      Landasan


1.       UU No. 20 Th. 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional




2.       PP No. 19 Th. 2005
Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)



3.       Permendiknas No. 22 Th. 2006
Tentang Standar Isi    (SI)



4.       Permendiknas No. 23 Th. 2006
Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL)



C.       Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Terdapat pada Permendiknas No. 23 Th. 2006



D.      Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
Visi Sekolah



Misi Sekolah



Tujuan Sekolah



II.
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.      Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum

1.       Kerangka Dasar
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP)



Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)



Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-Mapel)



Standar Kompetensi (SK)



Kompetensi Dasar (KD)



2.       Struktur Kurikulum
Kurikulum SMA/SMK     



B.      Muatan Kurikulum

1.       Mata Pelajaran
Struktur (Matriks) Kurikulum SMA/SMK



2.       Muatan Lokal
SK – KD




3.       Kegiatan Pengembangan Diri
Program Pengembangan Diri




4.       Beban Belajar
(Satu jam pembelajaran tatap muka 45 menit)
Jumlah Diproyeksikan dengan jadwal mengajar guru




5.       Penilaian
Perhitungan nilai akhir (Nilai LHBPD)




6.       Kenaikkan Kelas, Penjurusan dan Kelulusan
Juknis Direktorat Pembinaan SMA




7.       Pendidikan Kecakapan Hidup
Panduan Penyusunan KTSP (BSNP)




8.       Keunggulan Lokal dan Global
Panduan Penyusunan KTSP (BSNP)




No
Komponen dan Aspek
Indikator
Kelengkapan
Catatan Pemeriksa
L
TL
III.
KALENDER PENDIDIKAN

Alokasi Waktu
Minggu efektif belajar (34 – 38 minggu)



Jeda tengah semester    (maksimum 2 minggu setiap semester)



Jeda antar semester 1 & semester 2  (maks. 2 minggu)



Libur akhir tahun pelajaran (maksimum 3 minggu)



Hari libur keagamaan     (2 – 4 minggu)



Hari libur umum/nasional     (maks.  1 minggu)



Hari libur khusus      (maksimum 1 minggu)



Kegiatan khusus sekolah   (maksimum 3 minggu)



IV
ANALISIS PROFIL SEKOLAH


A.      Keadaan Sekolah
Profil sekolah



B.      Personil Sekolah

1.       Tenaga Pendidik
Daftar Tenaga Pendidik



2.       Tenaga Kependidikan
Daftar Tenaga Kependidikan



C.       Peserta Didik

Jumlah Peserta Didik
Kelas X



Kelas XI



Kelas XII



D.      Kerjasama (Instansi lain terkait)
Bentuk kerjasama dan program kerja



E.       Prestasi Sekolah
Prestasi siswa dan sekolah




Surat Keputusan Kepala Sekolah




Surat Persetujuan Komite Sekolah




Kesimpulan
Saran
Tindak Lanjut




                                                                                    ……………………,      Juli 2012
Pengawas,                                           Kepala Sekolah                                   Ketua Tim Pemeriksa,                                       



Drs. PUSPO, M.Pd                           (………………………………)          (………………………..……..)
Nip. 19681012 199702 1 005             Nip.                                                     Nip.    


Lampiran Kelas 1 Semester 1 dan 2 (dibuat per jenjang kelas)
No.
Komponen dan Aspek
Indikator
Kelengkapan
Catatan Pemeriksa
L
TL
I.
SILABUS


A.      Komponen Silabus

Komponen Silabus, terdiri dari :
a.        Identitas Sekolah (Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas/Semester)
b.       Standar Kompetensi (SK)
c.        Kompetensi Dasar (KD)
d.       Materi Pokok / Materi Pembelajaran
e.        Kegiatan Pembelajaran
f.         Indikator
g.        Penilaian
h.       Alokasi Waktu
i.         Sumber Belajar
1.       Pend. Agama Islam



Pend. Agama Kristen



Pend. Agama Katolik



Pend. Agama Budha



Pend. Agama Hindu



2.       PKn



3.       Bahasa Indonesia



4.       Bahasa Inggris



5.       Matematika



6.       Fisika



7.       Biologi



8.       Kimia



9.       Sejarah



10.   Geografi



11.   Ekonomi



12.   Sosiologi



13.   Seni Budaya



14.   Penjasorkes



15.   TIK



16.   Ketram/B. Asing



17.   IPA



18.   IPS



19.   Kewira Usahaan



20.   KKPI



21.   Produktif



22.   Muatan Lokal




B.      Jumlah Minimal SK da KD, pada silabus terdiri dari :

1.       Pend. Agama Islam
SK =  …….  dan  KD = …….



Pend. Agama Kristen
SK =  …….  dan  KD = …….



Pend. Agama Katolik
SK =  …….  dan  KD = …….



Pend. Agama Budha
SK =  …….  dan  KD = …….



Pend. Agama Hindu
SK =  …….  dan  KD = …….



2.       PKn
SK =  …….  dan  KD = …….



3.       Bahasa Indonesia
SK =  …….  dan  KD = …….



4.       Bahasa Inggris
SK =  …….  dan  KD = …….



5.       Matematika
SK =  …….  dan  KD = …….



6.       Fisika
SK =  …….  dan  KD = …….



7.       Biologi
SK =  …….  dan  KD = …….



8.       Kimia
SK =  …….  dan  KD = …….



9.       Sejarah
SK =  …….  dan  KD = …….



10.    Geografi
SK =  …….  dan  KD = …….



11.    Ekonomi
SK =  …….  dan  KD = …….



12.    Sosiologi
SK =  …….  dan  KD = …….




No.
Komponen dan Aspek
Indikator
Kelengkapan
Catatan Pemeriksa
L
TL

13.    Pend. Agama Islam
SK =  …….  dan  KD = …….



Pend. Agama Kristen
SK =  …….  dan  KD = …….



Pend. Agama Katolik
SK =  …….  dan  KD = …….



Pend. Agama Budha
SK =  …….  dan  KD = …….



Pend. Agama Hindu
SK =  …….  dan  KD = …….



14.    PKn
SK =  …….  dan  KD = …….



15.    Bahasa Indonesia
SK =  …….  dan  KD = …….



16.    Bahasa Inggris
SK =  …….  dan  KD = …….



17.    Matematika
SK =  …….  dan  KD = …….



18.    Fisika
SK =  …….  dan  KD = …….



19.    Biologi
SK =  …….  dan  KD = …….



20.    Kimia
SK =  …….  dan  KD = …….



21.    Sejarah
SK =  …….  dan  KD = …….



22.    Geografi
SK =  …….  dan  KD = …….



23.    Ekonomi
SK =  …….  dan  KD = …….



24.    Sosiologi
SK =  …….  dan  KD = …….



25.    Seni Budaya
SK =  …….  dan  KD = …….



26. Penjasorkes
SK =  …….  dan  KD = …….



27.    TIK
SK =  …….  dan  KD = …….



28.      Ketram./B. Asing
SK =  …….  dan  KD = …….



29.      IPA
SK =  …….  dan  KD = …….



30.      IPS
SK =  …….  dan  KD = …….



31.      Kewira Usahaan
SK =  …….  dan  KD = …….



32.      KKPI
SK =  …….  dan  KD = …….



33.      Produktif
SK =  …….  dan  KD = …….



34.      Muatan Lokal
SK =  …….  dan  KD = …….



II.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.       Komponen RPP

a.       Identitas Mata Pelajaran
·         Satuan Pendidikan
·         Kelas/Semester
·         Program Studi
·         Mata Pelajaran
·         Alokasi Waktu / Jumlah pertemuan
b.       Standar Kompetensi
c.       Kompetensi Dasar
d.       Indikator Pencapaian Kompetensi
e.       Tujuan Pembelajaran
f.        Materi Pokok/Ajar
g.       Metode Pembelajaran
h.       Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (Pendahuluan) , Inti dan Akhir (Penutup)
h.       Penilaian Hasil Belajar
i.        Sumber belajar
1.       Pend. Agama Islam



Pend. Agama Kristen



Pend. Agama Katolik



Pend. Agama Budha



Pend. Agama Hindu



2.       PKn



3.       Bahasa Indonesia



4.       Bahasa Inggris



5.       Matematika



6.       Fisika



7.       Biologi



8.       Kimia



9.       Sejarah



10.   Geografi



11.   Ekonomi



12.   Sosiologi



13.   Seni Budaya



14.   Penjasorkes



15.   TIK




No.
Komponen dan Aspek
Indikator
Kelengkapan
Catatan Pemeriksa
L
TL


16.   Ketram/B. Asing



17.   IPA



18.   IPS



19.   Kewira Usahaan



20.   KKPI



21.   Produktif



22.   Muatan Lokal




B.      Jumlah Minimal RPP


1.       Pend. Agama Islam
Minimal  ……..    RPP 
  


Pend. Agama Kristen
Minimal  ……..    RPP 



Pend. Agama Katolik
Minimal  ……..    RPP 



Pend. Agama Budha
Minimal  ……..    RPP 



Pend. Agama Hindu
Minimal  ……..    RPP 



2.       PKn
Minimal  ……..    RPP 



3.       Bahasa Indonesia
Minimal  ……..    RPP 



4.       Bahasa Inggris
Minimal  ……..    RPP 



5.       Matematika
Minimal  ……..    RPP 



6.       Fisika
Minimal  ……..    RPP 



7.       Biologi
Minimal  ……..    RPP 



8.       Kimia
Minimal  ……..    RPP 



9.       Sejarah
Minimal  ……..    RPP 




10.    Geografi
Minimal  ……..    RPP 



11.    Ekonomi
Minimal  ……..    RPP 



12.    Sosiologi
Minimal  ……..    RPP 



13.    Seni Budaya
Minimal  ……..    RPP 



14. Penjasorkes
Minimal  ……..    RPP 



15.    TIK
Minimal  ……..    RPP 



16.      Ketram./B. Asing
Minimal  ……..    RPP 



17.      IPA
Minimal  ……..    RPP 



18.      IPS
Minimal  ……..    RPP 



19.      Kewira Usahaan
Minimal  ……..    RPP 



20.      KKPI
Minimal  ……..    RPP 



III.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

A.      Komponen KKM
1.       Pend. Agama Islam
Komponen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), terdiri dari :
a.        Identitas
·         Mata Pelajaran
·         Kelas
·         Semester
b.       Standar Kompetensi
c.        Kompetensi Dasar
d.       Indikator
e.        Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKM), terdiri dari :
·         Kompleksitas
·         Daya Dukung
·         Intake
Pend. Agama Kristen



Pend. Agama Katolik



Pend. Agama Budha



Pend. Agama Hindu



2.       PKn



3.       Bahasa Indonesia



4.       Bahasa Inggris



5.       Matematika



6.       Fisika



7.       Biologi



8.       Kimia



9.       Sejarah



10.   Geografi




No.
Komponen dan Aspek
Indikator
Kelengkapan
Catatan Pemeriksa
L
TL

f.         Kriteria Ketuntasan Minimal  Indikator
g.        Kriteria Ketuntasan Minimal  KD
h.       Kriteria Ketuntasan Minimal  SK
i.         KKM Mata Pelajaran
11.   Ekonomi



12.   Sosiologi



13.   Seni Budaya



14.   Penjasorkes



15.   TIK



16.   Ketram/B. Asing



17.   IPA



18.   IPS



19.   Kewira Usahaan



20.   KKPI



21.   Produktif



22.   Muatan Lokal



B.      Analisis KKM


1.       Pend. Agama Islam



Pend. Agama Kristen



Pend. Agama Katolik



Pend. Agama Budha



Pend. Agama Hindu



2.       PKn



3.       Bahasa Indonesia



4.       Bahasa Inggris



5.       Matematika



6.       Fisika



7.       Biologi



8.       Kimia



9.       Sejarah



10.   Geografi



11.   Ekonomi



12.   Sosiologi



13.   Seni Budaya



14.   Penjasorkes



15.   TIK



16.   Ketram/B. Asing



17.   IPA



18.   IPS



19.   Kewira Usahaan



20.   KKPI



21.   Produktif



22.   Muatan Lokal



Kesimpulan
Saran
Tindak Lanjut



                                                                                    ……………………,      Juli 2012
Pengawas,                                           Kepala Sekolah                                   Ketua Tim Pemeriksa,                                       
Drs. PUSPO, M.Pd                           (………………………………)          (………………………..……..)
Nip. 19681012 199702 1 005             Nip.                                                     Nip.
           
1.pngInstrumen Penelaahan
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara


Nama Sekolah              :       ______________________________________________________________________________________
Alamat                             :       ______________________________________________________________________________________
Tanggal Diperiksa       :       ___________________________________________________________________________________________

Instrumen Penelaahan Kurikulum Sekolah (KTSP) Dokumen 1
No
Aspek yang Ditelaah
Deskripsi *)
Analisis**

1
Cover/halaman judul
·      Terdapat logo sekolah/daerah
·      Terdapat judul yang tepat (Kurikulum Sekolah  .....)
·      Menulis alamat sekolah dengan lengkap


2
Lembar Pemberlakuan

·      Terdapat rumusan kalimat pengesahan yang baik dan benar
·      Terdapat tanda tangan kepala sekolah sebagai pihak yang mensahkan beserta cap sekolah
·      Terdapat tanda tangan ketua komite sekolah sebagai pihak yang menyetujui
·      Terdapat tanda tangan kepala dinas prov.  sebagai pihak yang mengetahui


3
Daftar isi
·      Mempunyai daftar isi sesuai dengan kerangka KTSP
·      Penulisan daftar isi sesuai dengan aturan penulisan yang benar (Judul, Bab, Subbab, dst.) … sistematis


Bab I. Pendahuluan

4

A. Latar Belakang
·      Berisi dasar pemikiran penyusunan KTSP
·      Dirumuskan  dengan bahasa yang baik dan benar


5
B. Tujuan Pengembangan KTSP
·      Menguraikan tujuan pengembangan KTSP
·      Dirumuskan dengan bahasa yang baik dan benar


6
C. Prinsip Pengembangan KTSP
·      Minimal berisi prinsip yang terdapat dalam Panduan Penyusunan KTSP dari BSNP
·      Terdapat uraian dari setiap prinsip tersebut
·      Prinsip dan uraiannya menggunakan bahasa yang baik dan benar.


Bab II. Tujuan (UUSPN & PP. No. 19 Th 2005)


7
A. Tujuan Pendidikan Dasar/ Menengah
·      Sesuai dengan rumusan tujuan pendidikan dasar/ menengah yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan


8
B. Visi Sekolah
Standar Pengelolaan
·      Cita-cita bersama warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pd masa datang
·      Memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga sek/mad dan segenap pihak yang berkepentingan
·      Selaras dengan visi institusi di atasnya dan visi pendidikan nasional
·      Diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh KS dengan memperhatikan masukan komite sek/mad.
·      Disosialisasikan kepada warga sek/mad dan segenap pihak yang berkepentingan
Penjelasan
·      Visi sekolah bukan sekedar jargon/motto tetapi harus bisa dicapai dan terealisasi dalam perencanaan (Silabus dan RPP serta program secara keseluruhan) dan  proses pembelajaran serta penilaian.
·      Dirumuskan dengan bahasa yang baik dan benar


9
C. Misi Sekolah
Standar Pengelolaan
·      Memberikan arah dalam mewujudkan visi sek/mad sesuai dg tujuan pdd nas
·      Mrpk tujuan yang akan dicapai dlm kurun waktu ttt.
·      Menjadi dasar program pokok sek/mad
·      Menekankan pd kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan
·      Memuat pernyatan umum dan khusus yang berkait-an dg program sek/mad
·      Memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembang- an kegiatan satuan-satuan unit sek/mad yang terlibat
·      Dirumuskan berdasarkan masukan dari segenap pihak yg berkepentingan termasuk komite sek/mad dan diputuskan oleh rapat dewan pendidikan yang dipimpin oleh KS
·      Disosialisasikan kepada warga sek/mad dan segenap pihak yang berkepentingan
·      Dirumuskan dengan bahasa yang baik dan benar



10
D. Tujuan sekolah
Standar Pengelolaan
·      Menggambarkan tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (empat tahunan)
·      Mengacu pada visi, misi, dan tujuan pdd nas serta relevan dg kebutuhan masyarakat.
·      Mengacu pada SKL yg sudah ditetapkan oleh sek/mad dan Pemerintah
·      Mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yg berkepentingan termasuk komite sek/mad dan diputuskan oleh rapat dewan pendidikan yeng dipimpin oleh KS
·      Disosialisasikan kepada warga sek/mad dan segenap pihak yang berkepentingan
·      Dirumuskan dengan bahasa yang baik dan benar


Bab III. Struktur dan Muatan Kurikulum  (Standar Isi dan Panduan Penyusunan KTSP dr BSNP)

11


A.   Struktur Kurikulum






·      Terdapat struktur kurikulum yang disusun berdasarkan kebutuhan sekolah yg sesuai dg visi, misi dan tujuan sekolah serta mengacu pada Standar Isi
·      Terdapat alokasi waktu utk setiap mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri
·      Tambahan alokasi waktu keseluruhan tidak melebihi 4 jam pelajaran
·      Tambahan maksimum 4 jam pembelajaran per minggu digunakan untuk apa dan alasannya.
·      Ada mata pelajaran yang ditambah alokasi waktunya (dari mana tambahan tsb dan alasan).



12
B.   Muatan Lokal


·      Terdapat beberapa mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan dan alasan pemilihannya
·      Muatan lokal sesuai dengan karakteristik dan potensi daerah/sekolah
·      Ada Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi (SK dan KD) mulok


13.
C. Pengem-bangan diri

·      Pengembangan diri yang dipilih berupa kegiatan ekstrakurikuler, pelayanan konseling, dan/atau pembiasaan serta alasan pemilihan
·      Terdapat kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan
·      Terdapat program pengembangan diri.
·      Pengembangan diri yang dipilih sesuai dengan karakteristik, potensi, minat dan bakat serta kondisi sekolah.


14.
D. Beban belajar
Standar Isi dan Panduan Penyusunan KTSP dr BSNP
·      Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembe-lajaran pd masing-masing satuan pdd:
SMA/MA/SMALB/SMK/MAK ... 45 menit
·      Jumlah jam pembelajaran per minggu 38 – 42 jp
·      Minggu efektif per tahun ajaran 34 – 38 minggu
·      Penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik pada SMA/MA/SMALB /SMK/MAK maksimum 60% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran ysb.


15.
E. Ketuntasan belajar
·      Tercantum tabel ketuntasan belajar untuk setiap mata pelajaran
·      Ketuntasan belajar yang dirumuskan diperkirakan sudah mempertimbangkan kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas, dan dukungan  yang tersedia


16.
F. Kenaikan kelas dan kelulusan
·      Merumuskan kriteria kenaikan kelas sesuai dengan kriteria yang diatur direktorat pembinaan SMA/SMK
·      Merumuskan kriteria kelulusan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
·      Terdapat strategi penanganan siswa yang tidak naik kelas atau tidak lulus


17.
G. Penjurusan
·      Penjurusan dilakukan di kelasX, XI dan XII di SMA/MA/SMK kriteria penjurusan mengacu pada aturan dari direktorat teknis terkait.


18.
H. Pendidikan Kecakapan hidup
·      Terdapat kompetensi-kompetensi yang berisi pendidikan kecakapan hidup yang dapat diintegrasikan ke mata pelajaran yang ada


19.
I.  Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
·      Terdapat kompetensi-kompetensi yang merupakan keunggulan lokal dan daya saing global (yang materinya tidak bisa masuk ke mata pelajaran yang ada)


Bab. IV Kalender Pendidikan (Standar Isi dan Panduan Penyusunan KTSP)

20

·      Terdapat kalender pendidikan yang disusun berdasarkan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan dan memperhati-kan kalender pendidikan yg ada di Standar Isi
·      Kalender pendidikan tersebut disusun berdasarkan kebutuhan dan karakteristik sekolah, serta peserta didik dan masyarakat.
·      Minggu efektif belajar per tahun ajaran minimum 34 dan maksimum 38 minggu
·      Jeda tengah semester maksimum 2 minggu (satu minggu setiap semester)
·      Jeda antar semester maksimum 2 minggu (antara semester I dan II)
·      Libur akhir tahun pelajaran maksimum 3 minggu
·      Hari libur keagamaan 2 – 4 minggu
·      Hari libur umum/nasional maksimum 2 minggu
·      Hari libur khusus maksimum 1 minggu
·      Kegiatan khusus sekolah/ madrasah maksimum 3 minggu
·      Permulaan tahun pelajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya



Instrumen Penelaahan Kurikulum Sekolah (KTSP) Dokumen 2 (Silabus)
No
Aspek yang Ditelaah
Deskripsi *)
Analisis
1
Silabus
Standar Proses dan Panduan Penyusunan KTSP



·      Memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
·      Kesesuaian SK-KD, materi pem-belajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.


SK dan KD
·      Rumusan Standar Kompetensi  (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
·      Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
·      Keterkaitan antara SK dan KD
·      Ada kesesuaian antara KD dngan komponen silabus lainnya (materi pembelajaran, kegiatan pembela-jaran, indikator pencapaian kom-petensi, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar)

2
Materi  Pembe-lajaran

·      Materi pembelajaran benar secara ilmiah
·      Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (selaras dg KD)
·      Sesuai dg tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik
·      Bermanfaat bagi peserta didik

3
Kegiatan Pem-belajaran
·      Memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan utk mencapai KD
·      Urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
·      Kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.
·      Kegiatan pembelajaran memuat aktivitas belajar yang berpusat pada siswa (belajar aktif)

4
Indikator
·      Penanda tercapainya KD yang ditandai dengan perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan
·      Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, dan potensi daerah.
·      Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diamati yang mencakup pengetahuan, keterampilan  dan sikap.
·      Indikator digunakan sbg dasar utk menyusun alat penilaian.
·      Setiap KD dikembangkan menjadi beberapa indikator (minimal satu KD ada tiga indikator)
·      Tingkat kata kerja dalam indikator lebih rendah atau setara dengan kata kerja dalam KD maupun SK.

5
Penilaian
Standar Penilaian
·      Terdapat berbagai teknik penilaian (tes, observasi, penugasan per-orangan atau kelompok).
·      Teknik penilaian yang dipilih sesuai dengan tuntutan indikator
·      Melampirkan contoh alat penilaian  yang sesuai dengan indikator

6
Alokasi Waktu
·      Alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi
·      Alokasi waktu sesuai dengan program semester yang telah disusun

7
Sumber Belajar
Standar Proses
·      Sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi.
·      Sumber belajar bervariasi

Catatan:
*) deskripsi mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku dan berkaitan dengan KTSP
**) Analisis adalah hasil pemeriksaan bedasarkan deskripsi
Instrumen Penelaahan Kurikulum Sekolah (KTSP) Dokumen 2 (RPP)
No
Aspek yang Ditelaah
Deskripsi *)
Analisis

1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Standar Proses
·      Wajib disusun oleh guru
·      Disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
·      Komponen RPP: identitas matpel, SK, KD, indicator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembeja-ran (penduhuluan, inti, penutup), penilaian hasil belajar dan sumber belajar.

2
Identitas mata pelajaran
·      Meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.

3
SK dan KD
·      Rumusan Standar Kompetensi  (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
·      Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
·      Keterkaitan antara SK dan KD
·      Ada kesesuaian antara KD dngan komponen silabus lainnya (materi pembelajaran, kegiatan pembela-jaran, indikator pencapaian kom-petensi, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar)

4
Indikator
Standar Proses dan Panduan Penyusunan KTSP
·      Penanda tercapainya KD yang ditandai dengan perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan
·      Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, dan potensi daerah.
·      Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diamati yang mencakup pengetahuan, keterampilan  dan sikap.
·      Indikator digunakan sbg dasar utk menyusun alat penilaian.
·      Setiap KD dikembangkan menjadi beberapa indikator (minimal satu KD ada dua indikator)
·      Tingkat kata kerja dalam indikator lebih rendah atau setara dengan kata kerja dalam KD maupun SK

5
Tujuan Pembe-lajaran
·      Menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

6
Materi ajar
·      Memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan
·      Ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.

7
Alokasi waktu
·      Sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar

8
Metode Pem-belajaran
·      Sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik
·      Sesuai dengan karakteristik dari setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pd setiap mata pelajaran.
·      Metode pembelajaran bervariasi

9
Kegiatan  Pem-belajaan
a.    Pendahuluan
·      Kegiatan awal untuk membang-kitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk ber-partisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b.   Kegiatan inti
·      Proses pembelajaran untuk mencapai KD
·      Dilakukan secara interakrif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
·      Dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c.    Penutup
·      Mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

10
Penilaian hasil belajar
·      Prosedur dan instrumen  penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan  dengan indikator pencapaian kompetensi.
·      Mengacu kepada standar penilaian

11
Sumber Belajar
·      Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK, KD, materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi.


Catatan:
*) deskripsi mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku dan berkaitan dengan KTSP
**) Analisis adalah hasil pemeriksaan bedasarkan deskripsi


                                                                                    ……………………,      Juli 2012
Pengawas,                                           Kepala Sekolah                                   Ketua Tim ,       




                       
Drs. PUSPO, M.Pd                           (………………………………)          (………………………..……..)
Nip. 19681012 199702 1 005             Nip.                                                     Nip.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar