Instrumen Pemeriksaan
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara
Nama Sekolah : ___________________________________________________________________________________________
Alamat : ___________________________________________________________________________________________
Tanggal Diperiksa :
___________________________________________________________________________________________
Isi Dokumen Kurikulum T
= lengkap dan TL = tidak lengkap
No
|
Komponen dan Aspek
|
Indikator
|
Kelengkapan
|
Catatan
Pemeriksa
|
|
L
|
TL
|
||||
I.
|
PENDAHULUAN
|
|
|||
|
A. Pendahuluan
|
Terdapat
dalam Panduan Penyusunan KTSP (BSNP)
|
|
|
|
B. Landasan
|
|
||||
|
1. UU No. 20
Th. 2003
|
Tentang
Sistem Pendidikan Nasional
|
|
|
|
|
2. PP No. 19
Th. 2005
|
Tentang
Standar Nasional Pendidikan (SNP)
|
|
|
|
3.
Permendiknas
No. 22 Th. 2006
|
Tentang
Standar Isi (SI)
|
|
|
|
|
4.
Permendiknas
No. 23 Th. 2006
|
Tentang
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
|
|
|
|
|
C. Tujuan
Pendidikan Sekolah Menengah Atas
|
Terdapat
pada Permendiknas No. 23 Th. 2006
|
|
|
|
|
D.
Visi, Misi
dan Tujuan Sekolah
|
Visi
Sekolah
|
|
|
|
|
Misi
Sekolah
|
|
|
|
||
Tujuan
Sekolah
|
|
|
|
||
II.
|
STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
|
||||
|
A.
Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum
|
|
|||
1. Kerangka
Dasar
|
Standar
Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP)
|
|
|
|
|
Standar
Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
|
|
|
|
||
Standar
Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-Mapel)
|
|
|
|
||
Standar
Kompetensi (SK)
|
|
|
|
||
Kompetensi
Dasar (KD)
|
|
|
|
||
2. Struktur
Kurikulum
|
Kurikulum
SMA/SMK
|
|
|
|
|
B. Muatan
Kurikulum
|
|
||||
1. Mata
Pelajaran
|
Struktur
(Matriks) Kurikulum SMA/SMK
|
|
|
|
|
2. Muatan
Lokal
|
SK – KD
|
|
|
|
|
|
3.
Kegiatan
Pengembangan Diri
|
Program
Pengembangan Diri
|
|
|
|
|
4. Beban
Belajar
(Satu jam pembelajaran tatap muka 45 menit)
|
Jumlah Diproyeksikan dengan jadwal mengajar guru
|
|
|
|
|
5. Penilaian
|
Perhitungan
nilai akhir (Nilai LHBPD)
|
|
|
|
|
6.
Kenaikkan
Kelas, Penjurusan dan Kelulusan
|
Juknis
Direktorat Pembinaan SMA
|
|
|
|
|
7.
Pendidikan
Kecakapan Hidup
|
Panduan
Penyusunan KTSP (BSNP)
|
|
|
|
|
8. Keunggulan
Lokal dan Global
|
Panduan
Penyusunan KTSP (BSNP)
|
|
|
|
No
|
Komponen dan Aspek
|
Indikator
|
Kelengkapan
|
Catatan
Pemeriksa
|
|
L
|
TL
|
||||
III.
|
KALENDER
PENDIDIKAN
|
||||
|
Alokasi
Waktu
|
Minggu
efektif belajar (34 – 38 minggu)
|
|
|
|
Jeda
tengah semester (maksimum 2 minggu
setiap semester)
|
|
|
|
||
Jeda antar
semester 1 & semester 2 (maks. 2
minggu)
|
|
|
|
||
Libur
akhir tahun pelajaran (maksimum 3 minggu)
|
|
|
|
||
Hari libur
keagamaan (2 – 4 minggu)
|
|
|
|
||
Hari libur umum/nasional (maks.
1 minggu)
|
|
|
|
||
Hari libur
khusus (maksimum 1 minggu)
|
|
|
|
||
Kegiatan
khusus sekolah (maksimum 3 minggu)
|
|
|
|
||
IV
|
ANALISIS
PROFIL SEKOLAH
|
|
|||
|
A. Keadaan
Sekolah
|
Profil
sekolah
|
|
|
|
B. Personil
Sekolah
|
|
||||
1. Tenaga
Pendidik
|
Daftar
Tenaga Pendidik
|
|
|
|
|
2. Tenaga
Kependidikan
|
Daftar
Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
|
C. Peserta
Didik
|
|
||||
Jumlah
Peserta Didik
|
Kelas X
|
|
|
|
|
Kelas XI
|
|
|
|
||
Kelas XII
|
|
|
|
||
D. Kerjasama
(Instansi lain terkait)
|
Bentuk kerjasama dan program kerja
|
|
|
|
|
E.
Prestasi
Sekolah
|
Prestasi
siswa dan sekolah
|
|
|
|
|
|
Surat Keputusan
Kepala Sekolah
|
|
|
|
|
|
Surat
Persetujuan Komite Sekolah
|
|
|
|
Kesimpulan
|
Saran
|
Tindak Lanjut
|
|
|
|
……………………, Juli 2012
Pengawas, Kepala
Sekolah Ketua Tim Pemeriksa,
Drs. PUSPO, M.Pd
(………………………………) (………………………..……..)
Nip. 19681012 199702 1 005 Nip.
Nip.
Lampiran
Kelas 1 Semester 1 dan 2 (dibuat per jenjang kelas)
No.
|
Komponen
dan Aspek
|
Indikator
|
Kelengkapan
|
Catatan
Pemeriksa
|
|
L
|
TL
|
||||
I.
|
SILABUS
|
|
|||
|
A.
Komponen Silabus
|
|
|||
Komponen
Silabus, terdiri dari :
a.
Identitas Sekolah (Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas/Semester)
b.
Standar Kompetensi (SK)
c.
Kompetensi Dasar (KD)
d.
Materi Pokok / Materi Pembelajaran
e.
Kegiatan Pembelajaran
f.
Indikator
g.
Penilaian
h.
Alokasi Waktu
i.
Sumber Belajar
|
1.
Pend. Agama Islam
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Kristen
|
|
|
|
||
Pend.
Agama Katolik
|
|
|
|
||
Pend.
Agama Budha
|
|
|
|
||
Pend.
Agama Hindu
|
|
|
|
||
2.
PKn
|
|
|
|
||
3.
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
||
4.
Bahasa Inggris
|
|
|
|
||
5.
Matematika
|
|
|
|
||
6.
Fisika
|
|
|
|
||
7.
Biologi
|
|
|
|
||
8.
Kimia
|
|
|
|
||
9.
Sejarah
|
|
|
|
||
10.
Geografi
|
|
|
|
||
11.
Ekonomi
|
|
|
|
||
12.
Sosiologi
|
|
|
|
||
13.
Seni Budaya
|
|
|
|
||
14.
Penjasorkes
|
|
|
|
||
15.
TIK
|
|
|
|
||
16.
Ketram/B. Asing
|
|
|
|
||
17.
IPA
|
|
|
|
||
18.
IPS
|
|
|
|
||
19.
Kewira Usahaan
|
|
|
|
||
20.
KKPI
|
|
|
|
||
21.
Produktif
|
|
|
|
||
22.
Muatan Lokal
|
|
|
|
||
|
B.
Jumlah Minimal SK da KD, pada silabus
terdiri dari :
|
|
|||
1.
Pend. Agama Islam
|
SK
= ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Kristen
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Katolik
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Budha
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Hindu
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
2.
PKn
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
3.
Bahasa Indonesia
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
4.
Bahasa Inggris
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
5.
Matematika
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
6.
Fisika
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
7.
Biologi
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
8.
Kimia
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
9.
Sejarah
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
10.
Geografi
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
11.
Ekonomi
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
12.
Sosiologi
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
No.
|
Komponen
dan Aspek
|
Indikator
|
Kelengkapan
|
Catatan
Pemeriksa
|
|
L
|
TL
|
||||
|
13.
Pend. Agama Islam
|
SK
= ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
Pend.
Agama Kristen
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Katolik
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Budha
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Hindu
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
14.
PKn
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
15.
Bahasa Indonesia
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
16.
Bahasa Inggris
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
17.
Matematika
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
18.
Fisika
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
19.
Biologi
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
20.
Kimia
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
21.
Sejarah
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
22.
Geografi
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
23.
Ekonomi
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
24.
Sosiologi
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
25.
Seni Budaya
|
SK
= ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
26. Penjasorkes
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
27.
TIK
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
28.
Ketram./B. Asing
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
29.
IPA
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
30.
IPS
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
31.
Kewira Usahaan
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
32.
KKPI
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
33.
Produktif
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
34.
Muatan Lokal
|
SK = ……. dan
KD = …….
|
|
|
|
|
II.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
||||
|
A.
Komponen RPP
|
|
|||
a.
Identitas Mata Pelajaran
·
Satuan Pendidikan
·
Kelas/Semester
·
Program Studi
·
Mata Pelajaran
·
Alokasi Waktu / Jumlah pertemuan
b.
Standar Kompetensi
c.
Kompetensi Dasar
d.
Indikator Pencapaian Kompetensi
e.
Tujuan Pembelajaran
f.
Materi Pokok/Ajar
g.
Metode Pembelajaran
h.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal (Pendahuluan) , Inti dan Akhir (Penutup)
h.
Penilaian Hasil Belajar
i.
Sumber belajar
|
1.
Pend. Agama Islam
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Kristen
|
|
|
|
||
Pend.
Agama Katolik
|
|
|
|
||
Pend.
Agama Budha
|
|
|
|
||
Pend.
Agama Hindu
|
|
|
|
||
2.
PKn
|
|
|
|
||
3.
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
||
4.
Bahasa Inggris
|
|
|
|
||
5.
Matematika
|
|
|
|
||
6.
Fisika
|
|
|
|
||
7.
Biologi
|
|
|
|
||
8.
Kimia
|
|
|
|
||
9.
Sejarah
|
|
|
|
||
10.
Geografi
|
|
|
|
||
11.
Ekonomi
|
|
|
|
||
12.
Sosiologi
|
|
|
|
||
13.
Seni Budaya
|
|
|
|
||
14.
Penjasorkes
|
|
|
|
||
15.
TIK
|
|
|
|
No.
|
Komponen
dan Aspek
|
Indikator
|
Kelengkapan
|
Catatan
Pemeriksa
|
|
L
|
TL
|
||||
|
|
16.
Ketram/B. Asing
|
|
|
|
17.
IPA
|
|
|
|
||
18.
IPS
|
|
|
|
||
19.
Kewira Usahaan
|
|
|
|
||
20.
KKPI
|
|
|
|
||
21.
Produktif
|
|
|
|
||
22.
Muatan Lokal
|
|
|
|
||
|
B.
Jumlah Minimal RPP
|
|
|||
|
1.
Pend. Agama Islam
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
Pend.
Agama Kristen
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Katolik
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Budha
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Hindu
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
2.
PKn
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
3.
Bahasa Indonesia
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
4.
Bahasa Inggris
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
5.
Matematika
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
6.
Fisika
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
7.
Biologi
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
8.
Kimia
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
9.
Sejarah
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
|
10.
Geografi
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
11.
Ekonomi
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
12.
Sosiologi
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
13.
Seni Budaya
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
14. Penjasorkes
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
15.
TIK
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
16.
Ketram./B. Asing
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
17.
IPA
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
18.
IPS
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
19.
Kewira Usahaan
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
20.
KKPI
|
Minimal …….. RPP
|
|
|
|
|
III.
|
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
|
||||
|
A.
Komponen KKM
|
1.
Pend. Agama Islam
|
|||
Komponen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), terdiri
dari :
a.
Identitas
·
Mata Pelajaran
·
Kelas
·
Semester
b.
Standar Kompetensi
c.
Kompetensi Dasar
d.
Indikator
e.
Kriteria Ketuntasan
Belajar Minimal (KKM), terdiri dari :
·
Kompleksitas
·
Daya Dukung
·
Intake
|
Pend.
Agama Kristen
|
|
|
|
|
Pend.
Agama Katolik
|
|
|
|
||
Pend.
Agama Budha
|
|
|
|
||
Pend.
Agama Hindu
|
|
|
|
||
2.
PKn
|
|
|
|
||
3.
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
||
4.
Bahasa Inggris
|
|
|
|
||
5.
Matematika
|
|
|
|
||
6.
Fisika
|
|
|
|
||
7.
Biologi
|
|
|
|
||
8.
Kimia
|
|
|
|
||
9.
Sejarah
|
|
|
|
||
10.
Geografi
|
|
|
|
No.
|
Komponen dan Aspek
|
Indikator
|
Kelengkapan
|
Catatan Pemeriksa
|
|
L
|
TL
|
||||
|
f.
Kriteria Ketuntasan Minimal Indikator
g.
Kriteria Ketuntasan Minimal KD
h. Kriteria Ketuntasan
Minimal SK
i.
KKM Mata Pelajaran
|
11. Ekonomi
|
|
|
|
12. Sosiologi
|
|
|
|
||
13. Seni Budaya
|
|
|
|
||
14. Penjasorkes
|
|
|
|
||
15. TIK
|
|
|
|
||
16. Ketram/B. Asing
|
|
|
|
||
17. IPA
|
|
|
|
||
18. IPS
|
|
|
|
||
19. Kewira Usahaan
|
|
|
|
||
20. KKPI
|
|
|
|
||
21. Produktif
|
|
|
|
||
22. Muatan Lokal
|
|
|
|
||
B. Analisis KKM
|
|
||||
|
1. Pend. Agama Islam
|
|
|
|
|
Pend. Agama Kristen
|
|
|
|
||
Pend. Agama Katolik
|
|
|
|
||
Pend. Agama Budha
|
|
|
|
||
Pend. Agama Hindu
|
|
|
|
||
2. PKn
|
|
|
|
||
3. Bahasa Indonesia
|
|
|
|
||
4. Bahasa Inggris
|
|
|
|
||
5. Matematika
|
|
|
|
||
6. Fisika
|
|
|
|
||
7. Biologi
|
|
|
|
||
8. Kimia
|
|
|
|
||
9. Sejarah
|
|
|
|
||
10. Geografi
|
|
|
|
||
11. Ekonomi
|
|
|
|
||
12. Sosiologi
|
|
|
|
||
13. Seni Budaya
|
|
|
|
||
14. Penjasorkes
|
|
|
|
||
15. TIK
|
|
|
|
||
16. Ketram/B. Asing
|
|
|
|
||
17. IPA
|
|
|
|
||
18. IPS
|
|
|
|
||
19. Kewira Usahaan
|
|
|
|
||
20. KKPI
|
|
|
|
||
21. Produktif
|
|
|
|
||
22. Muatan Lokal
|
|
|
|
Kesimpulan
|
Saran
|
Tindak Lanjut
|
|
|
|
……………………, Juli 2012
Pengawas, Kepala
Sekolah Ketua Tim Pemeriksa,
Drs. PUSPO, M.Pd
(………………………………) (………………………..……..)
Nip. 19681012 199702 1 005 Nip.
Nip.
Instrumen Penelaahan
KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Dinas
Pendidikan Propinsi Sumatera Utara
Nama
Sekolah : ______________________________________________________________________________________
Alamat
: ______________________________________________________________________________________
Tanggal
Diperiksa : ___________________________________________________________________________________________
Instrumen Penelaahan Kurikulum Sekolah (KTSP)
Dokumen 1
No
|
Aspek yang Ditelaah
|
Deskripsi *)
|
Analisis**
|
|
1
|
Cover/halaman
judul
|
|
||
2
|
|
|||
|
||||
Bab I. Pendahuluan
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
·
Cita-cita
bersama warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pd masa
datang
· Memberikan
inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga sek/mad dan segenap pihak yang
berkepentingan
|
|
|||
Standar Pengelolaan
·
Memberikan arah dalam mewujudkan visi sek/mad
sesuai dg tujuan pdd nas
·
Mrpk tujuan yang akan dicapai dlm kurun waktu
ttt.
· Menjadi dasar program pokok sek/mad
· Menekankan pd kualitas layanan peserta didik dan mutu
lulusan yang diharapkan
· Memuat pernyatan umum dan khusus yang berkait-an dg
program sek/mad
·
Memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembang-
an kegiatan satuan-satuan unit sek/mad yang terlibat
|
|
|||
Standar Pengelolaan
·
Menggambarkan tingkat kualitas yang perlu dicapai
dalam jangka menengah (empat tahunan)
·
Mengacu pada
visi, misi, dan tujuan pdd nas serta relevan dg kebutuhan masyarakat.
|
|
|||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
Instrumen Penelaahan Kurikulum Sekolah (KTSP)
Dokumen 2 (Silabus)
No
|
Aspek yang Ditelaah
|
Deskripsi *)
|
Analisis
|
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|
||
|
|||
|
|
Catatan:
*) deskripsi mengacu pada peraturan perundangan
yang berlaku dan berkaitan dengan KTSP
**) Analisis adalah hasil pemeriksaan bedasarkan
deskripsi
Instrumen Penelaahan Kurikulum Sekolah (KTSP)
Dokumen 2 (RPP)
No
|
Aspek yang Ditelaah
|
Deskripsi *)
|
Analisis
|
|
|
||
|
|||
|
|||
|
|
||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
Catatan:
*) deskripsi mengacu pada peraturan perundangan
yang berlaku dan berkaitan dengan KTSP
**) Analisis adalah hasil pemeriksaan bedasarkan deskripsi
……………………, Juli 2012
Pengawas, Kepala
Sekolah Ketua Tim ,
Drs. PUSPO, M.Pd
(………………………………) (………………………..……..)
Nip. 19681012 199702 1 005 Nip.
Nip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar