CONTOH SILABUS IPA SMP
Mata Pelajaran
: IPA
Satuan Pendidikan
: SMP
Kelas/Semester
: VIII/2
Kompetensi
Inti (0)
|
Kompetensi
Dasar (1)
|
Indikator
(2)
|
Materi Pembelajaran (3)
|
Proses Pembelajaran (4)
|
Penilaian (4)
|
Alokasi Waktu (5)
|
Sumber Belajar
|
1. Menanggapi
dan
mengamalkan
ajaran
agama yang
dianutnya..
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan
kompleksitas
ciptaan
Tuhan tentang
aspek
fisik dan
kimiawi,
kehidupan dalam
ekosistem, dan
peranan manusia
dalam lingkungan
serta
mewujudkannya
dalam pengamalan
ajaran agama
yang
dianutnya
|
Mengagumi mata
sebagai
alat indera
ciptaan Tuhan
|
Cahaya dan Alat
Optik
Sifat cahaya
Cermin
Lensa
Alat-alat
optik
(termasuk mata
pada serangga)
|
Melakukan
pengamatan
dan percobaan
tentang
sifat-sifat
cahaya
(pemantulan dan
pembiasan)
Melakukan
pengamatan
dan percobaan
tentang
pembentukan
bayangan
pada cermin dan
lensa,
membuat asosiasi
antara
sinar-sinar
istimewa
dengan
pembentukan
bayangan pada
cermin
dan lensa, dan
menyajikan
hasilnya.
Melakukan
pengamatan
terhadap
morfologi mata
manusia dan mata
serangga (misal
belalang),
memodelkan
pembentukan
bayangan
pada keduanya,
mendiskusikan
bagian
mata dan
fungsinya,
pengamatan (tes)
kemampuan
penglihatan
dan mendiskusikan
cacat mata serta upaya
koreksinya, dan
menyajikan
laporan
Melakukan
pengamatan
pembentukan
bayangan
pada lup dan
mikroskop,
menggambarkan
proses
pembentukan
bayangan,
mendiskusikan
hasil
analisis sifat
bayangan
pada lup,
mikroskop, dan
teleskop.
|
Pengamatan
sikap
|
7 X 2 JP
|
Sumber :
Buku Siswa
Lembar Kerja
dan lembar
pengamatan
siswa
Cermin, lensa,
serangga
(belalang),
lup,
mikroskop
|
1. Menghargai perilaku
(jujur,
disiplin,
tanggungjawab,
peduli,
santun; rasa
ingin tahu,
percaya diri,
toleran,
motivasi
internal, pola
hidup sehat, dan
ramah
lingkungan)
dalamberinteraksi secara
efektif dengan
lingkungan
sosial dan
alam dalam
jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah
dalam
aktivitas
sehari-hari
sebagai wujud
implementasi
sikap
dalam melakukan
pengamatan,
percobaan
dan/atau
berdiskusi
|
memiliki rasa
ingin tahu
menunjukkan
ketekunan
dan
tanggungjawab
dalam belajar
dan bekerja
baik secara
individu
maupun
berkelompok
|
|
|
Pengamatan
sikap
|
|
|
Memahami
pengetahuan
(faktual,
konseptual, dan
prosedural)
dalam, ilmu
pengetahuan,
teknologi,
seni, budaya,
dan
humaniora dengan
wawasan
keagamaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan
peradaban
terkait
fenomena dan
kejadian
yang tampak
mata.
|
3.6 Mendeskripsikan
sifat-sifat
cahaya,
pembentukan
bayangan, serta
aplikasinya
untuk
menjelaskan
penglihatan
manusia,
struktur
mata pada hewan,
dan prinsip
kerja
alat optik
|
Mendeskripsikan hukum
pemantulan
cahaya
Menjelaskan
proses
pembentukan
bayangan
pada cermin
datar
Menggambarkan
pembentukan
bayangan
pada cermin
lengkung
Menerapkan
keterkaitan
jarak benda,
jarak fokus,
dan jarak,
sifat, dan
perbesaran
bayangan
pada cermin
lengkung dan
lensa
menjelaskan
proses
pembentukan
bayangan
pada mata
manusia
menjelaskan
kegunaan
bagian-bagian
mata
menguraikan
daya
akomodasi mata
menjelaskan
penyebab
kelainan-kelainan pada
mata dan cara
mengatasinya
membedakan
pembentukan
bayangan
pada mata
manusia
dengan mata
faset pada
insekta
menggambarkan proses
pembentukan
bayangan
pada lup,
mikroskop, dan
teleskop.
|
|
|
Tes
|
|
|
4. Mencoba,
mengolah, dan
menyaji berbagai
hal dalam ranah
konkret
(menggunakan,
mengurai,
merangkai,
memodifikasi,
dan
membuat) dan
ranah
abstrak
(menulis,
membaca,
menghitung,
menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang
dipelajari di
sekolah
dan dari
berbagai
sumber lain yang
sama dalam sudut
pandang/teori.
|
4.5 Membuat laporan
hasil
penyelidikan
tentang
pembentukan
bayangan pada
cermin dan
lensa.
|
menyajikan
laporan
sederhana hasil
pengamatan
pembentukan
bayangan
pada cermin dan
lensa
menyajikan
laporan
sederhana hasil
pengamatan
pembentukan
bayangan
pada model mata
manusia
dan mata faset
serangga
melakukan tes
mata
menggunakan
charta alat
tes
|
|
|
Penilaian
Kinerja
Portofolio
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar