.

Minggu, 16 Juni 2013

CONTOH SILABUS KURIKULUM 2013



CONTOH SILABUS IPA SMP

Mata Pelajaran  :   IPA
Satuan Pendidikan  :  SMP
Kelas/Semester  :  VIII/2
Kompetensi Inti (0)
Kompetensi Dasar (1)
Indikator (2)
Materi Pembelajaran (3)
Proses Pembelajaran (4)
Penilaian (4)
Alokasi Waktu (5)
Sumber Belajar
1. Menanggapi dan
mengamalkan ajaran
agama yang
dianutnya.. 
1.1 Mengagumi
keteraturan dan
kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek
fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam
ekosistem, dan
peranan manusia
dalam lingkungan
serta mewujudkannya
dalam pengamalan
ajaran agama yang
dianutnya
Mengagumi mata sebagai
alat indera ciptaan Tuhan
Cahaya dan Alat
Optik
 Sifat cahaya
 Cermin
 Lensa
 Alat-alat optik
(termasuk mata
pada serangga)
Melakukan pengamatan
dan percobaan tentang
sifat-sifat cahaya
(pemantulan dan
pembiasan)
 Melakukan pengamatan
dan percobaan tentang
pembentukan bayangan
pada cermin dan lensa,
membuat asosiasi antara
sinar-sinar istimewa
dengan pembentukan
bayangan pada cermin
dan lensa, dan
menyajikan hasilnya. 
 Melakukan pengamatan
terhadap morfologi mata
manusia dan mata
serangga (misal
belalang), memodelkan
pembentukan bayangan
pada keduanya,
mendiskusikan bagian
mata dan fungsinya,
pengamatan (tes)
kemampuan penglihatan
dan mendiskusikan cacat mata serta upaya
koreksinya, dan
menyajikan laporan 
 Melakukan pengamatan
pembentukan bayangan
pada lup dan mikroskop,
menggambarkan proses
pembentukan bayangan,
mendiskusikan hasil
analisis sifat bayangan
pada lup, mikroskop, dan
teleskop.
Pengamatan
sikap 
7 X 2 JP
Sumber :
Buku Siswa
 Lembar Kerja
dan lembar
pengamatan
siswa
 Cermin, lensa,
serangga
(belalang),
lup,
mikroskop
1.  Menghargai perilaku
(jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli,
santun; rasa ingin tahu,
percaya diri, toleran,
motivasi internal, pola
hidup sehat, dan ramah
lingkungan) dalamberinteraksi secara
efektif dengan
lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
2.1  Menunjukkan
perilaku ilmiah dalam
aktivitas sehari-hari
sebagai wujud
implementasi sikap
dalam melakukan
pengamatan, percobaan
dan/atau berdiskusi
memiliki rasa ingin tahu 
 menunjukkan ketekunan
dan tanggungjawab
dalam belajar dan bekerja
baik secara individu
maupun berkelompok


Pengamatan
sikap


Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural) dalam, ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan
humaniora dengan
wawasan keagamaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan
peradaban terkait
fenomena dan kejadian
yang tampak mata.
3.6    Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya,
pembentukan
bayangan, serta
aplikasinya untuk
menjelaskan
penglihatan
manusia, struktur
mata pada hewan,
dan prinsip kerja
alat optik
 Mendeskripsikan hukum
pemantulan cahaya
 Menjelaskan proses
pembentukan bayangan
pada cermin datar
 Menggambarkan
pembentukan bayangan
pada cermin lengkung
 Menerapkan keterkaitan
jarak benda, jarak fokus,
dan jarak, sifat, dan
perbesaran bayangan 
pada cermin lengkung dan
lensa 
 menjelaskan proses
pembentukan bayangan
pada mata manusia
 menjelaskan kegunaan
bagian-bagian mata
 menguraikan daya
akomodasi mata
 menjelaskan penyebab
kelainan-kelainan  pada
mata dan cara
mengatasinya
 membedakan
pembentukan bayangan
pada mata manusia
dengan mata faset pada
insekta  menggambarkan proses
pembentukan bayangan
pada lup, mikroskop, dan
teleskop.


Tes


4.  Mencoba, 
mengolah, dan
menyaji berbagai
hal dalam ranah
konkret
(menggunakan,
mengurai,
merangkai,
memodifikasi, dan
membuat) dan ranah
abstrak (menulis,
membaca,
menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang
dipelajari di sekolah
dan dari berbagai
sumber lain yang
sama dalam sudut
pandang/teori. 
4.5    Membuat laporan
hasil penyelidikan
tentang
pembentukan
bayangan pada
cermin dan lensa.
 menyajikan laporan
sederhana hasil
pengamatan
pembentukan bayangan
pada cermin dan lensa
 menyajikan laporan
sederhana hasil
pengamatan
pembentukan bayangan
pada model mata manusia
dan mata faset serangga
 melakukan tes mata
menggunakan charta alat
tes


Penilaian
Kinerja
Portofolio
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar